CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Memberikan Nasi pada Hamster? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Memberikan Nasi pada Hamster?

gambar nasi putih
Sumber foto : pixabay/juemi
Healty99 - Meskipun tidak dianggap bermanfaat untuk hamster terutama dari segi kandungan nutrisinya, tetapi nasi masih dikategorikan aman sebagai makanan hamster kamu.

Kamu boleh saja memberi mereka makan nasi mentah atau yang sudah dimasak. Walaupun kemungkinan besar mereka akan lebih memilih biji-bijian mentah ketimbang yang di masak, karena bagi hamster akan lebih mudah untuk menyimpannya di kantong pipi supaya dimakan nanti.

Apakah Beras Aman untuk Hamster?

Nasi putih sebenarnya aman untuk mereka, tetapi jenis beras merah dan gandum utuh jauh lebih baik karena mengandung lebih banyak vitamin B.

Oleh karena itu nasi harus dianggap sebagai camilan sampingan dan tidak boleh kamu jadikan makanan utama sehari-hari. Mengingat mereka adalah hewan omnivora yang sebagin besar makanan terdiri dari sayuran, buah, biji-bijian dan serangga kecil.

Beras sebenarnya adalah biji-bijian sama seperti sereal. Kita biasanya mengolah dengan di direbus, digoreng dan di panggang, atau bisa juga digiling menjadi tepung.

Nasi mentah atau beras tidak dianggap beracun bagi hamster peliharaan. Kamu bisa beri mereka makan mentah atau sudah dimasak dengan porsi yang aman.

Jika kamu coba merebus atau memasak nasi sebelum untuk dimakan maka setidaknyak mau harus memastikan nasi dimasak dengan benar, jangan sampai terlalu lembap atau lengket.

Karena jika biji-bijian terlalu lembab, kemungkinan besar bisa menyebabkan mereka tersedak dan lengket pada mulut mereka.

Cara memberikan nasi pada hamster

Cara terbaik untuk memberikan hamster nasi adalah secara mentah, butir nasi mentah akan lebih mudah disimpan dalam kantong mereka.

Namun, ini bukan satu-satunya cara yang bisa kamu terapkan, beras juga bisa direbus sebelum diberikan pada hamster sebagai makanan.

Berapa banyak hamster makan nasi?

Kamu bisa berikan hamsteer makan nasi atau besar sebanyak 1 sendok teh dan tidak lebih, tetapi yang terbaik ialah memberikan dalam kondisi mentah alias masih berbentuk bulir beras.

Selain itu, jangan jadikan nasi sebagai makanan utama mereka, kamu bisa berikan nasi sebagai makanan sampingan dengan 1 atau 2 kali dalam sepekan.

Terlalu banyak memberikan hamster makan nasi mentah atau masak bisa menyebabkan obesitas pada mereka, gangguan pencernaan, kegemukan dan memicu sejumlah gangguan kesehatan.

Singkatnya, nasi boleh saja di berikan pada hamster tetapi tidak dalam jumlah yang banyak dan setiap hari. Selain itu hammster juga merupakan hewan pengerat dimana mereka harus mengerus makanan yang sedikit keras untuk menjaga gigi mereka gara tetap stabil.

Oleh karena itu meberikan makanan lunak setiap hari dapat meningkatkan pertumbuhan gigi mereka menjadi panjang, tentu saja ini tidak baik serta berbahaya bagi kesehatan mereka di kemudian hari.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel