CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menghilangkan Cat Dengan Soda Api dan Remover Paint - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menghilangkan Cat Dengan Soda Api dan Remover Paint

gambar lagi merontokan cat
Sumber foto : istockphoto
Healt99 - Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya menghilangkan cat dengan soda api dan remover paint, sekaligus cara penggunaan dan perbandingan mana yang lebih baik.

Khusus cat yang melekat pada permukaan benda besi, alumunium, cor-coran dan logam lainnya memang lebih enak jika menghilangkan lapisan cat dengan memakai soda api dan remover paint.

Tetapi tahukah kamu pada dasarnya soda api dan remover paint merupakan senyawa kimia dengan unsur pembentuk NaOH (Natrium hidroksida). 

Setidaknya ada dua jenis Natrium hidroksida yang beredar dan paling umum digunakan, salah satunya berbentuk padatan seperti bongkahan atau serbuk serta satunya lagi berbentuk cairan. 

Namun tetap saja, keduanya bersifat basa kuat dan korosi sehingga dapat mengikis sejumlah benda yang terpapar secara langsung, termasuk itu cat, besi, plastik dan lain sejenisnya.

Oleh karena itu, hanya dengan mengoleskan secara merata pada permukaan cat, maka secara langsung cat tersebut akan mengelupas. Sehingga kemampuan ini bisa dipakai untuk bersihkan cat yang sulit dihilangkan.  

Soda Api dan Remover Paint

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan soda api ataupun remove paint untuk menghilangkan cat, maka berikut langkah pengerjaan dan kelebihan masing-masing dari kedua bahan tersebut.

Soda api

Soda api umumnya di pasaran dijual dalam bentuk kristal seperti garam, namun adapun bentuk bongkahan seperti batu es.

Untuk pengaplikasianya pada media cat kamu harus mengolahnya terlebih dahulu, alias mengubah dari bentuk padat ke cair, baru setelah itu digunakan.

Bahan yang dibutuhkan  :

  1. 1 kg soda api 
  2. 2 air liter hangat
  3. Sikat kawat
  4. Ember besar

Langkah pengerjaan :

  1. Masukan air ke dalam ember lalu di susul soda api.
  2. Aduk hingga benar-benar larut setelah itu rendam benda yang ingin kamu rontokan catnya.
  3. Jika benda kerja tersebut terlalu besar maka kamu bisa mengoleska cairan soda api menggunakan kuas, setelah itu tunggu sesaat maka cat akan rontok dengan sendirinya.
  4. Langkah selanjutnya kamu bisa bersihkan lagi pakai sikat kawat dan air.

Perlu kamu ketahui, efektivitas konstentrasi soda api terkadang tidak kuat alias tidak memiliki reaksi yang cukup cepat terhadap benda kerja.

Oleh sebab itu pada beberapa kondisi cat yang di oleskan dengan soda api reaksi mengelupasnya cukup lama.

Namun karena sifat korosi yang lambat membuatnya kerap menjadi pilihan untuk membersihkan permukaan logam yang kotor dan karatan.

Remover paint

Sesuai namanya remover paint (perontok cat) yang memang di khususkan untuk merontokan segala jenis cat yang melekat pada logam. 

Remover paint kebanyakan berbentuk cairan kental, berbeda dengan soda api di sini remove paint bisa langsung di gunakan pada benda kerja dan reaksi yang di dapat juga langsung instan.

Berikut cara menggunakan remove paint untuk merontokan cat pada besi, logam dan benda lainnya.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Remove paint
  2. Sikat kawat
  3. Kuas kecil

Langkah pengerjaan :

  1. Bersihkan dahulu benda kerja yang akan dirontokan menggunakan sikat kawat, tujuanya ialah supaya kotoran dan tahan tidak mengganggu pekerjaan nantinya.
  2. Setelah bersih tuang remove pain pada kuas dan ratakan di permukaan cat.
  3. Dalam beberapa detik cat akan langsung mengelupas, selanjutnya tinggal sikat kembali menggunakan sikat kawat.

Nah, itulah cara penggunaan dari kedua bahan tersebut, lalu mana yang lebih baik?

Untuk efektivitas dalam menghilangkan cat maka saya sarankan kamu untuk menggunakan remove paint.

Selain reaksi zat yang di berikan cepat, hasil di dapat juga lebih bersih, terutama pada bagian-bagian yang sulit di jangkau tangan.

Cukup sampai di sini pembahasan bagaimana cara menghilangkan cat dengan soda api dan remover paint.

Note : Peringatan..!! Harap berhati-hati dalam melakukan pekerjaan. Cairan NaOH merupakan cairan yang cukup berbahaya jika mengenai kulit, sifatnya yang korosi mampu membuat kulit melepuh seperti terbakar.

Oleh karena itu penting untuk menggunakan peralatan safety seperti sarung tangan karet, kaca mata atau helm visor, celana panjang serta atuhi panduan. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar cat.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel