CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Memberikan Minum Air Garam pada Hewan Ternak seperti Kambing, Domba dan Sebagainya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Memberikan Minum Air Garam pada Hewan Ternak seperti Kambing, Domba dan Sebagainya

gambar kambing lagi minum
Sumber foto : pixabay/manfredrichter
Healty99 - Bolehkah memberikan air garam pada hewan ternak seperti kambing, domba dan sebagainya? Jawabnya adalah "Boleh" Bahkan mereka sangat membutuhkan asupan mineral satu ini sesekali.

Setiap peternak pasti menyediakan tempat minum di samping makanan, tujuanya supaya ternak dapat dengan mudah mengatasi tersedak atau haus saat sedang makan rumput.

Walau beberapa jenis makanan mereka mengandung air seperti batang dan daun pohon pisang, tetapi asupan air mereka jauh lebih banyak dari sekedar yang didapat pada pohon pisang.

Kambing Minum Air Garam

Jika yang di minum tersebut air biasa adalah hal yang umum, tetapi bagaimana jika yang diminum tersebut adalah air campuran garam. Apakah hal tersebut aman? Dan adakah manfaatnya terhadap ternak?

Tidak perlu khawatir, memberikan kambing, domba dan ternak sejenis dengan air garam sesekali justru bermanfaat bagi mereka. Bahkan peliharaan kamu akan sangat senang dan dengan cepat meminum air garam tersebut seperti sedang kehausan.

Mengapa hal ini terjadi?

Garam (NaCl) merupakan salah satu mineral yang sangat diperlukan oleh sejumlah hewan. Setidaknya para peternak harus menyediakan air garam dikandang mereka untuk setiap saat sehingga peliharaan bisa menjilatnya jika dibutuhkan.

Walau tidak dalam jumlah yang banyak, tetapi ternak seperti kambing dan domba memerlukan sekurang-kurangnya 150 gr garam / ekor di setiap bulan, kadang kurang kadang lebih tergantung daripada pemberian.

Manfaat Garam Bagi Ternak

Mineral garam tidak dapat dihasilkan dari tubuh ternak seperti kambing dan domba, oleh karena itu mereka akan mendapatkan asupan gaaram dari sumber makanan dan minuman yang kamu berikan.

Umumnya pakan ternak sedikit mengandung atau bahkan tidak mengandung sama sekali mineral garam, sehingga kambing dan domba akan kekurangan garaam pada tubuh mereka.

Apabila ternak kamu kekurangan mineral garam, maka tumbuh kembang mereka akan lebih terhambat sehingga pada akhirnya berefek kepada terganggunya proses reproduksi dan produksi.

Itulah mengapa sejumlah peternak atau petani diharuskan memberikan asupan mineral gaaram pada hewan teernak mereka.

Fungsi air garam pada tubuh ternak:

1. Mengatur metabolisme

Tanpa adanya asupan mineral, vitamin yang berasal dari makanan tidak akan berfungsi dengan baik pada tumbuh hewan karena salah satu fungsi mineral tersebut ialah membantu pembentukan dam memproses vitamin.

Oleh karena itu akan sangat percuma saja jika kamu memberikan suplemen vitamin pada ternak tetapi kebutuhan dari mineral mereka tidak cukupi dengan baik.

2. Meningkatkan produksi enzim

Garam juga dapat membantu proses pembentukan enzim dalam tubuh hewan kambing, domba dan sebagainya. 

Sama seperti vitamin, enzim juga membutuhkan sejumlah mineral untuk bisa diproduksi secara cukup.

3. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi

Hewan ternak pada dasarnya bisa mengatasi alias mentolerir kekurangan vitamin, dalam artian kebutuhan gizi mereka untuk waktu yang relative cukup lama. Akan tetapi hal tersebut tidak untuk kekurangan mineral.

Fungsi garam memang terkadang tidak dipahami atau malah dianggap remeh oleh sejumlah para peternak, padahal harga dari garam tersebut tidak terlalu mahal dengan hasil yang didapat nantinya.

Bagaimana cara memberikan garam pada domba atau kambing?

Kamu bisa memberikan domba atau kambing garam dengan cara di campurkan pada air. Tidak perlu banyak, cukup 1 liter air dicampur dengan 1 sendok makan garam kasar lalu berikan pada ternak seminggu 2 atau 3 kali.

Cara kedua kamu bisa gantung gaaram pada kandang mereka. Garam di bungkus dengan kain lalu di gantung setinggi kepala teernak, sehingga nantinya mereka akan menjilat kantung garam tersebut jika sedang dibutuhkan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar peliharaan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel