CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 PBN untuk SEO dan Manfaatnya Bagi Website - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

PBN untuk SEO dan Manfaatnya Bagi Website

gambar ilustrasi link building pbn
Sumber foto : pixabay/DiggityMarketing
Healty99 - Jika kita bicara tentang SEO maka backlink tidak lepas dari salah satunya. Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik pengoptimalan pada mesin telusur dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs website pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya.

Besarnya pengaruh yang diberikan dari backling sebagai SEO off page terkadang menjadi pilihan bagi sebagian orang, karena bisa menampilkan konten pada halaman utama mesin pencari saat seseorang menuliskan kata kunci yang mereka cari. Walaupun begitu hal tersebut tidak menutup kemungkinan juga di imbangi dengan SEO on page.

Untuk mendapatkan backlink itu sendiri sebenarnya ada banyak cara, salah satunya ialah kamu bisa melakukan blogwalking yaitu kegiatan berkunjung ke blog atau website lain untuk tujuan khusus dengan mencantumkan link balik. 

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, youtube, twiter dan lain sebagainya dengan tujuan membagi informasi. Tetapi bentuk terbaiknya ialah kembali pada konten yang kamu buat, seperti konten yang orisinil, terpercaya dan mencakup banyak hal-hal penting.

Ketika konten tersebut bermanfaat dan berguna bagi banyak orang maka bukan tidak mungkin konten yang kamu buat akan menjadi referesi banyak orang, bahkan sisi baiknya kamu bisa mendapatkan backlink secara gratis, relevan dan sudah pasti memiliki nilai plus di mata mesin telusur.

Tetapi untuk mendapatkan backlink yang relevan dengan konten dan berpower tinggi dengan cara gratis tidak datang setiap saat, terlebih lagi jika kamu ingin cepat lepas dari yang namanya sandbox google, indexing atau bahkan untuk mengalahkan kompetitor. 

Oleh karena itu tidak sedikit juga yang ingin cepat mendapatkan backlink dengan cara memanfaatkan PBN sebagai tujuan untuk optimasi SEO off page mereka.

Buat kamu yang ingin tahu lebih tentang PBN, terlebih dari segi manfaat dan dampak yang di berikan, simak di bawah ini sampai selesai.

Apa Itu PBN?

PBN (Private Blog Network) merupakan sebuah jaringan halaman website yang diperuntukan hanya untuk membangun link dengan tujuan memberikan otoritas ke situs web utama atau money site. Hal ini dilakukan supaya bisa meningkatkan peringkat suatu situs dengan bantuan jasa yang beredar atau building sendiri. 

PBN sendiri pada dasarnya hanya website atau blog biasa, tetapi kebanyakan diciptakan hanya untuk meningkatkan power dari sebuah situs.

PBN memang memiliki pengaruh besar dalam mendongkrak situs web yang dituju, namun tentu semua ada dampak positif dan negatif yang diberikan. Penggunaan Private Blog Network juga tidak bisa sebarangan, jika kita tidak tahu asal usulnya, bagaimana jaringan tersebut dibangun serta berlebihan dalam pemasangan maka itu hanya akan berdampak buruk pada website yang di tuju.

Singkatnya adalah kamu memasang backlink yang tidak sehat pada situs web utama atau money site, sehingga dampaknya akan berakhir pada penurunan power pada suatu website, kehilangan keyword, terlempar dari halaman utama pencarian dan bahkan mengalami deindex serta sandbox.

Oleh karena itu jika kamu memang ingin memanfaatkan PBN sebagai salah satu cara optimasi SEO off page pada sebuah website, ada baiknya perhatikan lebih teliti dengan mencari tahu jaringan link building, atau bila perlu membuat PBN sendiri.

Dampak Positif PBN untuk Situs Web

gambar ilustrasi backlink
Sumber foto : pixabay/parveender
Google sebenarnya melarang keras bentuk daripada menjual dan membeli backlink dalam bentuk apapun, tetapi pada kenyataanya hampir kebanyakan situs web menggunakan PBN dengan tujuan mendapatkan backlink yang berpower, baik itu dari jasa jual per tautan link ataupun Jual Web PBN secara utuh dengan tujuan supaya bisa memiliki halaman secara keseluruhan.

Walau tidak semua situs web menggunakan PBN tetapi hampir keseluruhan web yang bersaing pada halaman tinggi kompetitor dan kata kunci memakai Privite Blog Network untuk menambah power. 

Meski hal tersebut dilarang karena tidak normal oleh google, tetapi selagi tidak berlebihan dan tidak dianggap spam maka apa yang mau di kata.

Lantas apasih dampak yang diberikan dari menggunakan PBN?

1. Meningkatkan kecepatan indeks konten

Untuk para blogger kecepatan indeks konten memang harus dibutuhkan, terlebih jika konten yang dibuat dalam bentuk berita dan harus di sampaikan dengan cepat pada mesin telusur. 

Kamu pastinya tidak inginkan konten atau halaman website yang dibuat mengalami keterlambatan muncul pada halaman google kan? Bahkan hingga beberapa hari atau justru lebih.

Walau masalah satu ini bisa diatasi dengan memasukan situs web ke google news, akan tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan dampak indeks yang diberikan backlink pada situs kamu akan berpengaruh juga, mengingat bot crawl google atau mesin telusur lainnya akan merayap melalui tautan link DoFollow.

2. Meningkatkan keyword 

Keyword alias kata kunci memang hal utama yang harus di dapatkan, mengingat pengguna mesin telusur pasti akan mengetik kata kunci pada pencarian, sehingga supaya artikel atau konten yang kamu buat bisa ikut tampil dan menjadi topik utama, maka kata kunci yang relevan pada situs web kamu harus segera terindeks.

Contoh, jika seseorang mengetikan "Jual Web PBN" pada google dan mesin telusur, maka artikel terkait hal tersebut yang terdapat pada situs web kamu akan muncul pada halaman pencari, entah itu page one, ke 2, 3 atau pada halaman berikutnya.

Tetapi yang terpenting ialah mendekatkan konten relevan pada website kamu ke pengguna mesin telusur saat mengetikan kata kunci (keyword).

3. Bagus untuk otoritas web bisnis

Buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis dengan bantuan website, maka backlink dapat digunakan untuk meningkatkan otoritas web bisnis kamu agar lebih dikenal oleh banyak orang secara luas.

4. Menaikan rangking situs

Memiliki banyak jenis backlink yang berasal dari situs web berbeda bisa meningkatkan rangkin situs web kamu. Bahkan hal ini bisa membuat web kamu mendapatkan nilai plus di mata google karena menjadi rujukan dari website lain diluar sana.

Tetapi kembali lagi bagaimana dan backlink apa yang kamu dapatkan. Jika backlink yang kamu dapatkan tidak relevan atau bahkan berasal dari situs yang dilarang google maka hal tersebut justru akan berdampak buruk pada website kamu sendiri.

Oleh karena itu kamu harus memperhatikan backlink yang di dapat dari jasa jual tautan link, bahkan bila perlu jika memang membutuhkan PBN untuk tujuan SEO sangat di sarankan membangun dan building sendiri dengan mencari atau membeli bahan mentah.

Nah, itulah adalah 4 dari sekian manfaat backlink PBN untuk SEO yang bisa kamu ketahui, meski sebenarnya masih ada beberapa lagi.

Perihal Backlink PBN

Walau pada akhirnya tidak dipungkiri bahwa PBN bisa mendongkrak sebuah website dengan cepat, tetapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. 

Pemberian link secara tidak normal dan berlebihan justru bisa menjadi bumerang bagi web kamu, mengingat hal tersebut akan di anggap spam oleh google dan di sengaja dengan tujuan mengakali mesin telusur.

Seperti yang telah di ulas sebelumnya, untuk mendapatkan Privat Blog Network yang baik, sehat dan tidak dianggap spam oleh google setidaknya harus di bangun sendiri, dengan begitu kamu dapat merawat dan membuat tier PBN 1, 2, 3 yang sangat relevan dengan konten pada situs web kamu. 

Sehingga nantinya untuk bisa nangkring pada halaman utama google alias page one bukanlah hal yang mustahil.

Namun yang jadi permasalahan ialah untuk mendapatkan bahan mentah membuat PBN cukup sulit, mengingat kebanyakan Privat Blog Network dibuat dari aged domains expired alias domain yang sudah expired (mati) lalu kemudian dihidupkan lagi. 

Walau pada dasarnya bisa saja menggunakan domain baru, namun kebanyakan orang mengatakan dampak yang di berikan kurang joss atau berefek cepat.

Tidak sampai di situ saja, untuk building sebuah PBN baik itu tier 1, 2, 3 juga tidak murah mengingat bentuk perawatan dan membangun jaringan juga membutuhkan biaya. 

Tetapi buat kamu yang telah memiliki pertimbangan ingin membangun Privat Blog Network sendiri dengan tujuan untuk meningkatkan SEO off web kamu, maka kamu coba bisa kunjungi ritaelfianis.id.

Di salah satu halaman ritaelfianis.id kamu dapat menemukan web PBN yang berasal dari expired domains berkualitas dengan mencapai DA 50+ dengan harga yang beragam.

Kamu bisa mengujungi sejenak halaman situs tersebut untuk mencari Privat Blog Network yang sesuai kriteria dengan mengetik Jual Web PBN pada kolom pencarian ritaelfianis.

Membangun sebuah website memang harus sesuai kaidah SEO, baik itu off page maupun on page, sehingga pada akhirnya apa yang ingin di capai bisa didapat dengan baik tanpa harus melanggar kebijakan secara terang-terangan.

Semoga berhasil.


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel