CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Apakah Boleh Hamster Makan Biji dan Daging Buah Labu Kuning? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Apakah Boleh Hamster Makan Biji dan Daging Buah Labu Kuning?

gambar biji labu kuning untuk makan hamster
Sumber foto : pixabay/april197707180
Healty99 - Labu kuning alias waluh merupakan buah yang berasal dari jenis labu-labuan, ini merupakan makanan yang kaya akan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Umumnya di Indonesia daging labu kuning diolah menjadi makanan seperti bubur, kolak, kue dan lain sebagainya.

Tidak hanya daging buahnya saja, tahukah kamu bahwa bagian biji labu kuning bisa kita konsumsi loh. Yap, biji labu yang ukuranya sebesar kepingan kuku tersebut bisa diolah dengan cara dipanggang dan dinikmati sebagai cemilan.

Baca juga : Alasan Hamster Kanibal Dengan Anaknya

Bahkan manfaat dari biji dan daging buah labu kuning tidak bisa diremehkan loh, mengingat ini adalah makanan yang kaya akan kandungan nutrisi baik untuk tubuh.

Hamster Makan Biji dan Daging Labu Kuning

Terlepas dari manfaatnya untuk manusia, tetapi adakah manfaatnya bagi hamster peliharaan? Dan apakah mereka dapat dengan aman mengkonsumsinya?

Jika kamu ingin memberikan buah atau biji dari labu pada hammster, sebenarnya hal tersebut bukanlah buruk. Hamster dapat dengan nyaman makan buah labu secara mudah baik bagian biji maupun daging yang berwarna kuning.

Baca juga : Cara Merawat Hammy Yang Di Tinggal Indukan

Waluh memang tidak berbahaya bagi peliharaan bola bulu kamu, tetapi yang perlu kamu ketahui ialah mereka juga ada batasan dalam mencerna, sehingga tidak disarankan memberi dalam jumlah banyak.

Hamster makan buah labu kuning

Hamster boleh makan daging buah waluh, akan tetapi dalam jumlah sedikit hingga sedang. Memberikan dalam jumlah banyak tentu bukanlah hal yang baik, karena dapat mengganggu kesehatan pencernaan mereka.

Cara memberikan

Memberikan labu kuning untuk hamster peliharaan pada dasarnya sah-sah saja, terlebih sebagai pemili tentu tujuanya ingin membagi nutrisi yang terkandung pada buah.

Baca juga : 16 Makanan Tidak Sehat Untuk Hammy

Namun kamu tidak bisa memberikan buah dalam kondisi utuh, mengapa? Hal ini karena waluh memiliki kulit yang tebal dan keras.

Walau mereka akan menggerogoti secara bertahap, tetapi kulit buah yang terlalu keras menyusahkan mereka bahkan bisa membuat sakit gigi dan engan mau makan.

Jadi, langkah yang bisa kamu ambil ialah mengupas terlebih dahulu buah labu lalu potong keci-kecil dan masukan kedalam kotak makanan mereka.

Baik labu kuning yang sudah matang alias dimasak atau masih mentah boleh saja kamu berikan, akan tetapi yang mentah jauh lebih baik karena teksturnya sedikit lebih renyah mengingat hamster memerlukan makanan sedikit kerat untuk menggerus gigi mereka.

Manfaat labu kuning bagi hamster

Labu kuning mempunyai manfaat untuk kesehatan hammster karena tinggi serat dan rendah gula. Labu juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bisa menunjang kesehatan peliharaan kamu.

Memberikan mereka sedikit daging waluh sebagai cemilan beberapa kali dalam seminggu dapat memberikan manfaat mencegah sembelit pada hamster.

Tidak hanya itu saja, waluh dikemas akan kandungan protein, serat, besi, kalium, fosfor, besi, tembaga, seng, magnesium, mangan, vitamin B6 yang baik untuk kesehatan peliharaan terhadap serangan penyakit.

Berapa banyak hamster boleh makan buah labu kuning?

Jika kamu ingin memberikan daging waluh pada haamster, ada baiknya tidak terlalu berlebihan. Secara umum hewan pengerat satu ini rata-rata hanya makan sebanyak 1 sendok teh dalam sekali santap.

Oleh karena itu kamu bisa memberikan daging labuh waluh yang berwarna kuning sebesar kepala mereka atau jempol kaki kamu. Berikan dalam rentan waktu 1 atau 2 kali dalam sepekan dan jangan terlalu keseringan.

Adakah bahaya daging labu kuning?

Labu kuning alias waluh sebenarnya tidak beracun bagi peliharaan bola bulu kamu, mengingat buah satu ini kaya akan nutrisi tentu akan berdampak baik buat kesehatan hamster.

Walaupun kaya manfaat, tetapi ada baiknya kamu tidak memberikan daging buah dalam porsi banyak. Baik itu yang sudah di rebus atau masih mentah.

Memberikan daging labu yang sudah direbus terlalu banyak bisa menyebabkan masalah pencernaan pada hammy seperti diare. Mengingat hewan satu ini tidak terlalu membutuhkan air saat selagi makan, sedangkan labu direbus mengandung cukup banyak air.

Begitu juga pada labu kuning yang masih mentah, hindari pemberian dalam porsi banyak karena dapat membuat mereka kembung, kurang nyaman dan sakit perut.

Bolehkah hamster makan biji labu kuning

Selain daging buah, hamsteer juga bisa mengkonsumsi bagian bijinya. Secara umum, hampir semua jenis hamster akan menikmati makanan yang berasal dari biji-bijian, tentu ini bukanlah masalah besar bagi mereka.

Kamu bisa memberikan hmster biji labu yang dalam kondisi dipanggang atau sudah dijemur dibawah terik mata hari hingga kering.

Cara memberikan

Buat kamu yang ingin memberikan biji labu sebagai makanan mereka, cobalah untuk di beri secara bertahap, terutama untuk jenis hamster yang memiliki tubuh kecil.

Namun 2 atau 3 biji labu sebenarnya sudah cukup sebagai cemilan mereka. Memperkenalkan makanan baru secara bertahap tentu akan membantu pencernaan mereka untuk memproses, serta mencegan timbulnya reaksi alergi.

Biji waluh di selimuti lapisan luar yang cukup keras saat sudah kering, oleh karena itu sebaiknya kamu kupas untuk mempermudah hamster memakan. Dengan mengupas bagian kulit kamu juga mencegah resiko peliharaan tersedak karena tertelan serpihan kulit.

Manfaat biji labu

Biji labu tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan kandungan nutrisi. Biji dikemas dengan antioksidan, serat makanan, kalsium, magnesium, seng dan B12.

Semua kandungan gizi ikut berperan penting dalam menjaga kesehatan peliharaan kamu, termasuk itu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah masalah pencernaan, serta menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, biji secara alami memiliki asam lemak jenis omega-3 dan 6, yang penting manfaatnya ialah mejaga daya tahan tubuh secara keseluruhan pada hamster.

Oleh karena itu ada banyak alasan yang jelas mengapa harus kamu berikan pada mereka.

Berapa banyak hamster boleh makan biji labu?

Seperti yang telah di sebutkan tadi, kamu bisa berikan sekitar 2 atau 3 biji labu mentah atau panggang sebagai cemilan mereka.

Setidaknya makanan tersebut bisa kamu hadapkan sebanyak 3 atau 4 kali selama sepekan, mengingat ini adalah biji-bijian yang merupakan salah satu makanan utama mereka.

Jumlah segitu adalah porsi yang aman untuk peliharaan kamu supaya terhindar dari bahaya atau efek samping.

Adakah bahaya biji labu bagi hamster?

Sejauh ini belum ada masalah yang berarti dalam memberikan biji waluh pada hammster, baik itu yang sudah dipanggang atau masih mentah. Terlebih jika kamu memberikan tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Namun jika kamu tanpa sengaja memberikan mereka dalam jumlah banyak, adapaun kemungkinan resiko masalah kesehatan yang terjadi ialah menyebabkan obesitas, kegemukan serta gangguan pencernaan.

Resiko kemungkinan tersedank mungkin saja terjadi, mengingat merek sangat suka menyimpan makanan didalam pipi hingga menggelembung besar.

Singkatnya, baik daging buah maupun biji dari walu boleh dikonsumsi hamster sebagai makanan samping alias cemilan. Setidaknya kamu harus memberikan dalam jumlah cukup agar kesehatan mereka selalu terjaga.

Hindari untuk memberikan daging buah atau biji yang sudah diolah menjadi makanan, terdapat campuran garam, pemanis, gula atau bahan-bahan tertentu yang bisa mengancam peliharaan kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel