CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Kunyit & Kencur untuk Asam Lambung serta Cara Membuat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Kunyit & Kencur untuk Asam Lambung serta Cara Membuat

gambar minuman air kunyit
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Penyakit asam lambung atau GERD merupakan suatu kondisi dimana melemahnya otot kerongkongan bagian bawah. Bagian otot tersebut seharusnya hanya membuka dan menutup saat makanan lewat, namun untuk beberapa kondisi otot tersebut bisa melemah dan mendapati cela.

Akibat dari melemahnya otot kerongkongan bagian bawah, hal ini bisa memicu naiknya cairan lambung ke bagian atas. Sehingga jika dibiarkan terus menerus kondisi seperti ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kerongkongan yang menghubungkan mulut dengan lambung.

Seseorang yang mengalami asam lambung kumat umumnya akan mengalami gejala nyeri, susah menelan makanan, minuman, serta sesak dalam bernafas.

Air Kunyit dan Kencur untuk Asam Lambung

Rimpang tanaman kunyit dan kencur diklaim memiliki efektivitas dalam mengatasi beberapa masalah peradangan yang sedang terjadi. Kemampuan tersebut di dasari oleh sejumlah senyawa seperti kurkumin dan minyak atsiri pada tanaman.

Di sisi lain adapun bentuk sifat senyawa seperti antioksidan, anti-inflamasi dan anti-radang diketahui ikut andil dalam meredakan gejala asam lambung dengan cara mengurangi jumlah dan keasaman cairan di lambung serta sekaligus menetralkan.

Selain itu senyawa kurkumin dan minyak esensial yang terkandung pada tanaman juga bisa membantu meredakan nyeri akibat luka ataupun peradangan yang sedang terjadi.

Cara Membuat Minuman Kunyit Kencur

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 150 gram kunyit
  2. 100 gram kencur
  3. 400 ml air

Langkah pengerjaan :

  1. Kupas bahan utama lalu iris tipis-tipis.
  2. Selanjutnya siapkan panci, masukan air dan irisan kencur maupun kunyit.
  3. Masak bahan hingga benar-benar mendidih.
  4. Setelah mendidih angkat dan saring.
  5. Selesai dan konsumsi ramuan selagi hangat.

Nah, itulah cara membuat ramuan alias jamu kunyit kencur yang kerap dikonsumsi oleh sebagian masyarakat dalam merekadan nyeri asam lambung.

Selamat mencoba.

Harap untuk tidak di konsumsi secara berlebihan dan jangka panjang, terlebih buat kamu yang memiliki gangguan pencernaan akut atau sedang dalam mengkonsumsi obat-obatan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel