CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Memberikan Hamster Sepotong Kubis atau Kol - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Memberikan Hamster Sepotong Kubis atau Kol

gambar tanaman kol atau kubis
Sumber foto : pixabay/MonikaP
Healty99 - Hamster merupakan makhluk yang sangat halus dan mungil. Oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan dalam memberi makanan kepada mereka agar tetap sehat dan lucu.

Ketika berbicara tentang kol atau kubis untuk hamster, pada dasarnya tidak buruk untuk sistem pencernaan mereka. Bahkan, jika kamu berikan maka mereka justru akan suka.

Baca juga : Cara Merawat Anakan Hamster Tanpa Induk

Mengingat hamster di alam adalah hewan omnivora, tentu mereka bisa mendapatkan nutrisi dari sumber tumbuhan dan hewan. Itulah sebabnya kebanyakan dari hammster akan makan biji-bijian, sayuran dan terkadang serangga kecil.

Pada dasarnya pencernaan hamster bisa mencerna kol dan kubis dalam jumlah cukup. Walaupun begitu sebaiknya kamu tidak memberikan secara berlebihan sehingga kerugian bisa terhindari.

Bolehkah Hamster Makan Kol, Kubis ?

Kubis sangat bagus untuk sejumlah hewan pengerat, tetapi tetap dalam jumlah kecil dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan kubis atau kol kaya dengan nutrisi yang luar biasa seperti vitamin C, K, kalsium, dan masih banyak lainnya.

Baca juga : Penyebab Induk Hammy Makan Anaknya

Namun yang menjadi permasalahan ialah perut kecil mereka tidak bisa menampung terlalu banyak sayuran ini, jadi atur pemberian sesuai porsi makan mereka.

Kemungkinan Bahaya Memberi Makan Kubis ke Hamster

Meskipun sayuran satu ini bermanfaat bagi hamster, memberi mereka makan secara berlebihan dan berkepanjangan bukanlah ide yang baik. Mengapa ?

Kubis atau kol dan sejenisnya mengandung minera kalsium yang cukup tinggi. Sementara kalsium memang sangat penting dalam kesehatan tulang, namun hamster sendiri tidak bisa memproses mineral ini jika dalam jumlah yang banyak.

Baca juga : 16 Makanan Berbahaya Bagi Hamsteer

Oleh karena itu dampak negatifnya ialah menyebabkan komplikasi kesehatan seperti batu ginjal pada hewan berbulu kamu.

Selain itu, kubis kaya akan kandungan serat. Serat memang baik untuk pencernaan, namun banyak serat dalam makanan hamster bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, dan diare.

Kol dan kubis juga bersifat diuretik yang memicu tubuh hamster untuk kehilangan air dan meningkatkan resiko mengalami dehidrasi.

Bahaya lain juga mengintai jika kamu memberikan hamster kol yang tidak di cuci dengan bersih. Kol yang baru di petik bisa saja sudah terkontaminasi racun pestisida atau zat-zat kimia lainnya.

Jika kamu memberikan sayuran tersebut pada hewan peliharaan maka bukan tidak mungkin akan mengalami keracunan.

Berapa banyak jumlah hamster makan kubis atau kol ?

Kamu bisa memberikan sayuran dalam bentuk potong daun kecil menjadi dua bagian, setelah itu baru di berikan kepada hewan. Jangan berikan secara banyak, namun tunggu selama 24 jam untuk melihat hamster tidak mengalami gejala efek samping atau gejala yang timbul.

Jika tidak ada masalah maka kamu dapat meningkatkan ukuran porsinya sedikit lebih besar. Namun tetap kamu harus memotong kecil-kecil untuk mencegah risiko tersedak.

Hindari untuk memberikan kubis kepada hamster lebih dari 3 kali dalam sepekan atau 1 minggu.

Manfaat Kubis untuk Hamster

Dalam jumlah porsi yang tepat dan sesuai, daun kol atau kubis memiliki manfaat bagi hewan pengerat peliharaan kamu.

Sayuran satu ini menjadi sumber fosfor dan potasium yang baik bagi mereka. Fosfor memiliki manfaat dalam meningkatkan energi dan meningkatkan perbaikan serta pemeliharaan sel dalam jaringan tubuh.

Di sisi lain, manfaat utama kubis dan kol untuk hamster juga di dasari akan kandungan vitamin C dan K yang tinggi.

Vitamin K

Berguna untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, menjaga metabolisme tulang, mengatur kalsium dalam tubuh, serta meningkatkan pembekuan darah saat terjadi cidera.

Vitamin C

Menjaga kesehatan tulang dan gigi bagi hewan pengerat, meningkatkan pembentukan tulang rawan dan kolagen, mencegah penyakit kudis dan kulit, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga bersifat sebagai antioksidan bagi tubuh manusia dan hewan. Antioksidan sendiri salah satu senyawa yang berguna dalam mencegah kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas.

Ket :

Jadi, jika di tanya bisakah hamster makan kubis, kol atau sejensinya ? Maka jawabnya adalah " Ya". Peliharaan bola bulu kamu bisa mengkonsumsi sayuran satu ini, tetapi dalam jumlah kecil.

Meskipun kubis tidak beracun bagi hamster, makan terlalu banyak kubis bisa menyebabkan sejumlah masalah pada pencernaan, karena perut mereka termasuk sensitif.

Oleh karena itu pertimbangkan dalam memberi makan kol kepada hamster, jangan di jadikan makanan utama mereka. Bahkan lebih bagus jika kamu menyeling makanan mereka dengan makanan lain dengan tujuan untuk memperkaya nutrisi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel