CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menanam Kacang Panjang Pada Saat Musim Kemarau - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menanam Kacang Panjang Pada Saat Musim Kemarau

tanaman kacang panjang sedang tumbuh
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kacang panjang pada dasarnya merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan tidak kenal musim. Kamu bisa menanam kecambah satu ini pada saat musim penghujan maupun kemarau sekalipun, walau begitu adapun sedikit perbedaan dalam segi perawatan.

Salah satunya ialah dengan memberikan asupan air sedikit lebih banyak dan se-sering mungkin, tujuanya ialah supaya tanaman bisa mendapatkan nutrisi dari yang terkandung dari dalam tanah.

Selain itu, pada saat musim kemarau terkadang serangan hama menjadi lebih agresif atau parah. Sehingga memungkinkan untuk memeberi perawatan extra terhadap pembasmian hama, karena jika tidak hasil panen sudah pasti akan jauh berkurang.

Cara Menanam Kacang Panjang Musim Kemarau

Secara umum, penanaman kacang panjang saat memasuki musim kemarau tidak jauh beda. 

Sebagai contoh berikut beberapa langkah budidaya kaacang paanjang secara besar atau pada lahan tanah.

1. Pembersihan lahan

Pertama kamu bisa memulai menyiapkan media tanam dengan membuka lahan terlebih dahulu, tujuanya untuk membasmi gulma atau tanaman liar.

Pembasmian gulma bisa dengan cara di semprot menggunakan herbisida, pemangkasan atau di dozer dengan alat berat.

2. Penggemburan tanah

Kedua dilakukan penggemburan tanah, alias membalik permukaan tanah dengan tujuan mengembalikan kesuburan tanah serta memantu meningkatkan produktifitas dari tanaman.

Penggemburan bisa dilakukan dengan cara di cangkul secara manual atau memakai alat berat.

Setelah tanah berhasil digemburkan kamu bisa memeriksa pH dari pada tanah, beberapa petani keram menaburkan garam pada hamparan tanah luas dengan tujuan untuk menetralkan tanah yang masih bersifat asam dan alkalis.

Sehingga nanti saat di tanam kacang nanti pertumbuhanya menjadi lebih optimal dan sama rata.

3. Membuat gundukan

Langkah selanjutnya ialah membuat gundukan dan parit. Kebanyakan, budidaya kacang panjang dibuat gundukan tanah yang memanjang dari depan kebelakang, tujuanya ialah untuk menata tanaman agar tumbuh dengan baik dan mempermudah dalam perawatan.

Dalam membuat gundukan kamu bisa menyematkan pupuk kandang, sehingga saat penanaman tiba tanah sudah dalam kondisi baik, subur, kaya mikro organisme serta unsur hara.

Umumnya tidak ada ukuran yang pasti dalam membuat gundukan untuk tanaman kacang panjang, namun demi memaksimalkan lahan dan hasil produksi lebar gundukan bisa dibuat sekitar 30 sampai 50 cm dan lebar parit atau jalan sekitar 30 cm.

4. Jarak tanam

Adapun jarak tanam atau lubang untuk tipe tumbuh merambat bisa di terapkan 20 x 50 cm, 40 x 60 cm atau 30 x 40 cm.

Sedangkan untuk jarak tanam tumbuh tegak bisa memakai 20 x 40 cm atau 30 x 60 cm.

5. Menebar bibit

Dalam setiap lubang kamu bisa memberikan 3 sampai 5 bibit kacang hijau. Selain itu beri jarak di dalam lubang sekitar 1 cm atau paling tidak jangan saling tindih bibit.

Benih kecambah akan tumbuh pada hari 3 atau 5 hari setelah menebar, jika ada yang tidak tumbuh maka segera disulam dengan benih lain.

6. Memberi penyangga

Setelah kacang tanah tumbuh setidaknya mencapai daun sejati, langkah selanjutnya kamu harus memberikan penyangga atau lanjaran.

Fungsi daripada penyangga atau lanjaran ialah untuk rambatan alias pertumbuhan tanaman, memaksimalkan produktifitas serta mempermudah perawatan dan kontrol kacang panjang.

7. Penyiraman rutin

Kacang panjang memang memerlukan asupan air yang cukup tinggi, namun sejatinya mereka tidak menyukai tanah yang basah hingga terdapat air yang menggenang.

Oleh karena itu penyiraman bisa dilakukan sehari satu kali saat sore atau pagi, namun apabila permukaan tanah cukup lembab maka kegiatan penyiraman bisa dikurangi.

Lain hal jika pada saat musim kemarau, penyiraman rutin pada saat musim kemarau bisa dilakukan dua kali sehari saat pagi dan sore hari.

8. Pupuk

Secara umum pemberian pupuk dilakukan dua kali, yaitu awal penanaman dengan diberikan pada saat membuat gundukan tanah. Adapun pupuk yang digunakan ialah kotoran hewan yang sudah di fermentasi terlebih dahulu.

Sedangkan pupuk lanjutan bisa dilakukan saat memasuki bunga dengan memberikan tambahan pupuk kotoran hewan atau pupuk kimia.

9. Pengendalian hama dan penyakit

Menanam kacang panjang musim kemarau memungkinkan serangan penyakit dan hama lebih sering terjadi, oleh karena itu sebagai petani atau pemilik kebun sudah seharusnya memperhatikan tanaman di setiap harinya.

Tujuanya ialah supaya dilakukan pencegahan lebih awal, karena apabila penyakit menyebar lebih luas maka akan mempengaruhi hasil panen nanti.

Adapun beberapa hama yang menyerang tanaman kacang panjang ialah belalang, wereng hijau, ulat daun, penggerek polong dan beberapa gejala serangan virus yang di sebabkan kutu daun.

10. Panen

Untuk masa panen atau waktu dari mulai menanam hingga panen dibutuhkan 40 hingga 55 hari lamanya.

Sedangkan ciri-ciri polong yang siap dipanen ialah memiliki ukuran porsi telah mencapai maksimal, mudah dipatahkan dan biji-bijinya di dalam polong tidak terlalu menonjol.

Waktu dan jam panen yang paling bagus ada pada pagi dan sore hari. Memetiknya pun tidak sembarangan, kamu diharuskan memetik pada bagian tangkai menggunakan benda tajam.

Tujuanya ialah supaya tidak mengganggu pertumbuhan buah berikutnya.

Nah, ituah tips menanam kacang panjaang saat musim kemarau yang pada dasarnya tidak jauh berbeda dari kebanyakan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar budidaya.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel