CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kambing Makan Daun Pucuk Ubi Singkong? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Kambing Makan Daun Pucuk Ubi Singkong?

gambar daun singkong untuk makan kambing
Sumber foto : pixabay/mayapujiati
Healty99 - Apakah boleh memberikan kambing makan dengan daun ubi singkong? Jawabnya adalah "Boleh" Tetapi adapun yang perlu kamu ketahui ialah tidak boleh diberikan secara rutin setiap hari dan berkepanjangan. Mengapa?

Pada dasarnya kambing atau domba akan dengan lahap memakan daun singkong yang baru kamu berikan, bahkan mereka akan menglupas bagian kulit batang sangking sukanya terhadap tanaman satu ini.

Walapun peliharaan kamu sangat menyukai daun singkong, tetapi ada banyak dedaunan yang lebih baik untuk mereka.

Daun Singkong untuk Kambing

Daun singkong memang tidak berbahaya dalam jumlah sedang, namun dalam jumlah banyak dan berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan mereka.

Daun yang kerap kita masak sebagai sayur ini sisi baiknya juga memiliki manfaat bagi kambing, salah satunya ialah menjaga kesehatan peredaran darah karena mengadung zat besi yang cukup tinggi.

Daun juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan mereka, sehingga memungkinkan mencegah pasalah pada pencernaan kambing.

Bahaya Daun Singkong Bagi Kambing

Dialam lepas atau jika peliharaan di lepas, mereka sejatinya akan memakan tumbuh-tumbuhan dan rerumputan lunak yang di sukai. Kambing sejatinya dapat dengan mudah memakan banyak jenis tanaman yang baik baginya.

Akan tetapi jika kamu pelihara di kandang, tentunya mereka menunggu kamu untuk memberi makan secara teratur. Bahkan jika sangat kelaparan mereka akan memakan apapun dedaunan yang kamu beri.

Memberikan daun singkong kepada mereka bisa jadi pilihan alternatif jika tidak ada dedaunan lagi, namun yang perlu kamu ketahui ialah jangan memberikan daun singkong yang masih segar dan terlalu berlebihan.

Daun singkong yang masih segar mengandung banyak air dan getah, walau air sangat di butuhkan oleh hewan tetapi kandungan getah pada tanaman yang cukup tinggi dapat membuat masalah pencernaan peliharaan kamu

Salah satu kemungkinan efek buruk terlalu banyak memberikan daun singkong segar pada kambing ialah bisa memicu mereka kembung, begah, rasa kurang nyaman pada pencernaan, muntah, perubahan tingkah laku dan indikasi keracunan.

Walau kita tidak tahu jika mereka mengalami keracunan, tapi pola prilaku mereka yang aneh tentu dapat kita ketahui bahwa sedang terdapat masalah.

Cara Memberikan Daun Singkong Pada Kambing

Jika kamu hendak memberikan daun singkong pada ternak seperti domba, kambing dan sebagainya. Cobalah campur dengan makanan lain atau campur bersamaan dengan dedaunan dan rumput, sehingga efek getah pada daun singkong dapat ternetralisir.

Selain itu adapun dengan mendiami daun maupun batang singkong untuk beberapa hari. Tanaman di pangkas dari pohon lalu di biarkan pada tempat teduh untuk beberapa hari hingga sedikit mengering.

Tujuanya ialah untuk mengurangi kadar getah pada tanaman dengan membuatnya sedikit lebih kering.

Tidak perlu khawatir, kambing umumnya bisa memakan tanaman ataupun dedaunan yang cukup kering tanpa adanya masalah.

Singkatnya, kambing boleh saja makan daun singkong tetapi tidak dalam jumlah banyak dan berlebihan. Terlalu banyak memberikan makanan satu ini bisa menyebabkan masalah pada pencernaan mereka dan memicu reaksi tertentu.

Walau tidak semua jenis kambing akan mengalami reaksi yang sama, tetapi untuk menghindari masalah tersebut ada baiknya perhatikan saat memberi pakan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar kambing.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel