CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kunyit dan Kencur untuk Anak-Anak dan Bayi? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Kunyit dan Kencur untuk Anak-Anak dan Bayi?

gambar jamu gendong kunyit dan kencur
Sumber foto : istock
Healty99 - Seperti yang sudah kita ketahui, kunyit dan kencur merupakan tanaman yang kerap di konsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan atau bahan baku obat tradisional alias jamu.

Rimpang kunyit dan kencur memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya baik di konsumsi oleh orang dewasa saja, namun nyatanya kedua tanaman tersebut juga bisa di konsumsi oleh anak-anak dan bayi.

Air rebusan atau jamu yang terbuat dari kencur dan kunyit memiliki manfaat bagi anak kecil dan bayi dimana bisa memperkuat daya tahan tubuh mereka, mencegah agar tidak mudah sakit serta mengatasi beberapa peradangan maupun ifeksi karena luka.

Sedikit jamu juga baik untuk pencernaan anak-anak karena bisa mengurangi resiko masalah cacingan atau sakit perut.

Apakah kunyit dan kencur aman bagi anak?

Jamu atau minuman yang terbuat dari rimpang kencur dan kunyit pada dasarnya aman di konsumsi anak kecil dan bayi, karena nyatanya bisa memberikan manfaat lebih bagi mereka.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah sebaiknya tidak diberikan dalam jumlah yang berlebihan atau diminum setiap hari.

Berikanlah anak jamu 1 atau dua kali dalam seminggu sesuai dosis kebutuhan. Cukup berikan beberapa sendok makan atau setidaknya 1/4 gelas biasa.

Hindari untuk memaksa anak minum secara banyak, karena bisa memicu mual bagi mereka atau bahkan merasa tidak nyaman.

Di sisi lain penting bagi kamu untuk memperhatikan kebersihan, baik itu jika membuat jamu sendiri atau membelinya pada orang lain. 

Tetapi yang paling terpenting ialah ada baiknya konsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan mengenai pemberian tersebut, terlebih ditakutkan anak memiliki reaksi alergi terhadap senyawa tertentu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel