CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mudah Menghilangkan Cat Pilox di Velg Motor Hingga Bersih - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mudah Menghilangkan Cat Pilox di Velg Motor Hingga Bersih

gambar cat pilox kaleng
Sumber foto : pixabay/suju-foto
Healty99 - Agar motor tampil lebih menarik, tentunya bagian velg dan tromol juga harus di perhitungkan. Salah satunya ialah dengan mengganti warna yang lagi sedang trend atau selaras dengan warna body motor.

Terlebih lagi jika cat yang lama pada velg atau tromol kamu sudah mulai pudar alias rontok, sudah pasti dengan mengecat ulang adalah cara terbaik sekaligus murah ketimbang harus beli yang baru.

Baca juga : Cara Menghilangkan Cat Dengan Soda Api

Namun yang jadi permasalahan ialah terkadang menghilangkan cat di velg cukup sulit, ditambah lagi pada jenis velg tertentu memiliki banyak lekukan atau sudut-sudut yang payah dijaungkau saat dibersihkan.

Belum lagi jika velg tersebut sudah bekas semprot cat pilox berkali-kali, maka sudah pasti akan merepotkan karena permukaan cat terbilang tebal.

Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Velg Motor

Tapi kamu tidak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi bagaimana cara membersihkan cat pilox yang melekat pada velg motor kamu. 

Setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu lakukan, berikut beberapa diantaranya :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Lem Aibon Di Body Motor 

1. Gunakan amplas kasar

Pertama kamu bisa menggunakan amplas kasar. Karena media yang akan di cat adalah besi atau cor-coran maka kamu bisa pakai ampas kasar terlebih dahulu, baru setelah itu amplas halus.

Walau untuk beberapa jenis velg terdapat beberapa bagian yang sulit dijangkau, namun kamu cukup mengamplasnya sedikit tidak masalah, yang terpenting ialah bidang permukaan cukup rata

Selanjutnya kamu tinggal atur pada proses pengecatan agar tidak mudah pecah seribu atau ngelekak.

2. Soda api

Soda api atau remover paint merupakan cara umum dan banyak dilakukan oleh orang-orang untuk membersihkan cat pada permukaan besi. 

Baca juga : Cara Menghilangkan Cat Dengan Di Bakar

Soda api atau remover paint pada dasarnya adalah zat kimia NaOH yang bersifat korosi. Hanya dengan mengoleskan sedikit soda api pada permukaan cat maka cat akan langsung mengelupas.

Bahkan cara satu ini terbilang sangat efektif buat beberapa kondisi seperti permukaan velg sulit dijangkau tangan atau cat yang membandel.

Jika kamu hendak menggunakan soda api untuk menghilangkan cat pilox di velg motor, maka ada baiknya gunakan yang khusus untuk remove paint dengan bentuk cair sedikit kental.

Selain itu lindungi diri kamu dengan memakai sarung tangan dan kaca mata dalam pengerjaan, karena soda api cukup panas jika terkena kulit.

Baca juga : Rekomendasi Cat Yang Bagus Dan Tahan Lama

3. Pakai gas torch

Cara selanjutnya kamu bisa gunakan gas torch. Gas torch merupakan gas portable yang umumnya di pakai saat camping sebagai kompor dadakan, pemanggang atau untuk berbagai keperluan industri.

Fungsi lain dari gas torch juga bisa sebagai pembersih benda kerja, salah satunya ialah merontokan kotoran dan cat pada permukaan besi.

Cat pada dasarnya dapat mengelupas saat di panaskan atau dibakar menggunakan api, jadi api yang dihasilkan dari gas torch bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara untuk merontokan cat pada permukaan velg motor.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan cat pilox pada velg motor yang tebal hingga bersih.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel