CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Memberikan Hamster Sepotong Wortel - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Memberikan Hamster Sepotong Wortel

gambar hamster makan wortel
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kabar baiknya wortel bisa menjadi makanan hamster, namun dalam jumlah kecil dan tidak menjadi makanan utama mereka sehari-hari.

Hal yang membuat wortel baik adalah makanan satu ini bisa menjadi sumber vitamin C, selain itu 100 gram wortel mentah sudah mengandung 4 miligram antioksidan yang bagus untuk kesehatan.

Sayuran dengan warna orange ini juga mengandung vitamin A yang bisa membantu hamster kamu memanfaatkan vitamin C secara efektif, bahkan mengurangi kemungkinan mengalami masalah sakit maag.

Sayuran dengan warna kuning ini juga mengandung mineral seperti magnesium dan kalsium, keduanya penting bagi mereka untuk menjaga kesehatan.

Kebanyakan hamster juga menyukai sayuran ini, jadi wortel adalah pilihan yang bagus untuk di berikan sebagai makanan samping. Rasanya yang sedikit manis dan teksturnya yang renyah biasanya menjadi makanan favorit hewan bola bulu kamu.

Apa wortel berbahaya bagi hamster?

Dalam jumlah yang sangat sedang sayuran tidak ada yang buruk untuk hamster. Mereka bisa mendapatkan kandungan nutrisi yang bermanfaat dengan makan sedikit wortel disetiap pekan.

Namun yang terpenting ialah jangan berlebihan, terlalu banyak sayuran oranye ini tidak baik untuk mereka.

Mengingat wortel mengandung banyak serat dan air, ini bisa menyebabkan mereka diare dan sakit perut jika berlebihan.

Wortel juga kaya akan mineral kalsium, terlalu banyak mineral juga bisa meningkatkan risiko peliharaan kamu mengalami penyakit batu kandung kemih.

Cara memberi makan wortel ke hamster

Jika kamu ingin memberi wortel kepada hamster, mulailah dengan potongan yang sangat kecil dengan mencincangnya.

Setelah memberikan makanan, perhatikan perilaku peliharaan kamu selama 48 jam ke depan, hal ini hanya untuk memastikan bahwa mereka tidak mengalami efek samping.

Kecil kemungkinan hamster peliharaan kamu akan bereaksi terhadap sayuran satu ini, tetapi yang terbaik adalah mengetahui tanda-tanda yang harus diwaspadai terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya.

Selain itu setidaknya yang harus kamu lakukan ialah mencuci dan mengupas wortel sebelum di berikan, terutama jika sayuran tersebut tidak organik.

Banyak para petani menggunakan pestisida, hal ini kemungkinan besar menempel pada bagian kulit wortel.

Hindari juga memberikan hamster potongan wortel terlalu besar, karena pencernaan mereka kecil.

Potongan worrtel yang besar justru tidak akan habis dan malah di simpan hammster untuk makan nanti, hal ini tidak baik karena sayuran mudah mengalami busuk.

Jadi kamu hanya boleh memberikan wortel sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu dengan sebesar jempol kaki orang dewasa.

Apakah wortel mentah atau dimasak boleh?

Kamu bisa memberi makan hamster dengan wortel yang sudah dimasak, tetapi ada baiknya untuk memberinya makan mentah.

Wortel mentah mengandung kadar vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada yang dimasak. Teksturnya yang lebih keras juga berguna untuk mengikis gigi hamster yang terus tumbuh.

Namun jika ada worrtel rebus tidak masalah, tetapi jangan berlebihan dan mengandung gula atau garam. Karena garam dan gula tidak baik bagi pencernaan mereka dan justru membahayakan kesehatan.

Singkatnya : Wortel merupakan salah satu sayuran terbaik untuk camilan hamster, tetapi tidak untuk di berikan secara berlebihan.

Jadikan worrtel sebagai makanan samping atau cemilan mereka di waktu luang dan berikan sekitar 2 atau 3 potong setiap pekan.

Selain itu sayuran yang lebih keras seperti wortel bahkan dapat membantu hamster menjaga giginya tetap rapi dan sehat, mengingat mereka adalah hewan pengerat.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel