CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Mesin Air Harus Dipancing dan Cara Memperbaiki - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Mesin Air Harus Dipancing dan Cara Memperbaiki

gambar mesin air
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Pusing dengan mesin air yang musti dipancing dulu biar mau keluar air? Jika ia maka kamu bisa ketahui beberapa kerusakanya sekaligus cara memperbaiki sendiri di rumah.

Buat kamu yang memiliki mesin air cukup tua dan sudah mencapai pemakaian lama, permasalahan seperti ini memang cukup lazim terjadi.

Secara umum ada beberapa penyebab mengapa mesin air harus dipancing dengan memasukan air kedalam lubang, yang pasti karena tidak terdapat kevacuman atau hisap didalam ruang impler.

Sehingga tujuan dari di beri air ialah ialah supaya mesin bisa menghisap lebih kuat dan mampu menarik air dari bawah sumur.

Penyebab Mesin Air Harus Dipancing

Jika mesin yang normal dalam artian sehat, saat setelah mengeluarkan air dan dimatikan, air seharusnya tidak akan turun kembali kebawah. Mengingat ada beberapa komponen seperti karet klep dan saringan klep bawah yang menahan laju air turun.

Namun karena terdapat sejumlah kebocoran pada beberapa bagian komponen mesin air tersebut, hal ini lantas terkadang membuatnya mengulang kembali proses mengangkat air dari bawah sumur.

Sehingga pada akhirnya mesin air butuh waktu dan harus dipancing supaya daya hisap mesin menjadi lebih kuat.

Oleh karena itu, berikut beberapa penyebab mengapa mesin air kamu harus di pancing yang secara umum bisa terjadi pada sejumlah mesin air biasa, jet pump, semi jet pum dan beberapa merek terkenan seperti sanyo, shimizu, panasonic dan lain-lain.

1. Klep saringan bawah jebol

Spekulasi pertama bisa di sebabkan klep saringan pipa bawah jebol dan tidak membalik. Komponen satu ini hanya terdiri dari susunan saringan luar, karet oring dan pegas yang fungsinya sebagai penyaring kotoran sekaligus menahan air agar tidak turun atau keluar.

Tetapi karena kotor dan berlumpur sehinga membuat pegas maupun seal karet menjadi lengket, pada akhirnya klep bawah membuka dan membuat air keluar.

Maka air yang tadi sudah mencapai mesin di atas, saat dimatikan akan langsung turun kembali secara perlahan akibat tidak adanya pengunci alias klep saringan bawah yang tidak berfungsi.

Namun biasanya kerusakan pada klep bisa diperbaiki jika hanya kotor atau sedikit tersangkut, cukup bersihkan dengan sikat dan sabun.

2. Klep atas

Apabila kamu telah memeriksa bagian klep saringan bawah dan telah di perbaiki atau masih dalam kondisi baik namun mesin air masih membutuhkan pancingan, maka pengecekan berlanjut pada bagian klep atas.

Buka bagian klep atas dekat mesin air yang biasa di kunci dengan baut 12. Buka dan periksa bagian seal klep yang berbentuk seperti coin menggantung tersebut, pastikan berfungsi dengan baik dan tidak nyangkut atau melar.

Jika bentuk seal karet tersebut sudah gepeng, melar, nyangkut atau retak maka sebaiknya di ganti. Bahkan terkadang seal yang masih tampak bagus saat di pasang tidak bekerja dengan baik.

Seal satu ini memiliki fungsi untuk menyekat sekaligus menghalangi terjadinya kebocoran udara. Pasalnya mesin air memiliki hisapan yang sangat kuat, jadi seal tersebut berguna agar udara dari luar tidak masuk ketika pompa saat berputar dan begitupun air tidak bisa keluar kembali ke bawah saat telah masuk ke bagian mesin.

Jika seal ini bocor, maka akan ada banyak rongga udara yang masuk dan membuat mesin bekerja lebih keras. Oleh karena itu kebanyakan orang dipacing memakai air agar impeller bisa menghisap lebih kuat karena ada kebocoran kecil.

3. Pipa bocor

Bagian sederhana yang bisa kita duga selanjutnya ialah bisa jadi ada pipa yang bocor dan membuat mesin pompa hanya menghisap udara saja.

Problem seperti ini memang sangat menjengkelkan karena jika ada kebocoran pipa maka kevacuman tidak terjadi dan tentu saja air tidak akan naik.

Walau terkadang permasalahan bisa dipancing dengan menggunakan air, tetapi tetap saja membutuhkan waktu cukup lama agar air memenuhi bagian pipa yang bocor tersebut.

Jadi hal terbaik yang bisa kamu lakukan ialah mencari tahu bagian pipa mesin air yang bocor secara teliti dan diberi tambalan menggunakan lem pipa atau isolasi khusus.

4. Impeller gundul

Penyebab mesin air harus dipancing selanjutnya ialah bisa karena bagian impeller gundul. Impeler merupakan bagian komponen mesin air yang berbentuk piringan cakram tetapi fungsinya menciptakan tekanan ataupun hisapan fluida dari putaran.

Impeller yang gundul, pecah, sompel dan cela gap terlalu lebar akan menurunkan performa mesin air, termasuk itu daya hisap dan daya dorong atau tekanan. Ada beberapa penyebab impeller bisa rusak, tetapi yang pasti bagian satu ini harus diganti jika memungkinkan.

Akibat impler gundul bisa membuat mesin air harus dipancing dengan cara memasukan air dari tutup atas, sehingga saat impler terendam air baru terjadi tekanan ataupun hisapan fluida yang lumayan cukup kuat.

5. Seal mechanical rusak/bocor

Selanjutnya bisa terjadi kerusakan pada seal mechanical. Meskipun pada bagian lain seperti seal klep saringan dan seal coin bagus tetapi seal satu ini bocor maka tetap saja.

Seal mechanical terletak dibagian dalam dibelakang impler yang terkunci oleh spi penahan kecil. Seal ini terdiri dari rangkaian pegas, karet dan keramik tahan gesekan, tetapi karena usia pemakaian, karet dari seal bisa bocor dan dudukan menjadi oblak.

Pada akhirnya akan membuat lubang dan kebocoran pada ruang mesin, sehingga air yang tadi seharusnya stand by atau tetap merendam impeller setiap saat menjadi bocor keluar.

Dampak seal mechanical rusak ditambah impeller yang gundul tentu saja harus segera diperbaiki, karena jika tidak hanya akan buang-buang tenaga dan arus listrik, mengingat air akan sulit dihisap mesin.

Impler yang tidak terendam air hanya akan berputar dan tidak memiliki tekanan ataupun hisapan yang cukup kuat untuk mengangkat air dari bawah, oleh karena itu untuk biasa disiasatinya dengan memasukan air supaya impler bisa bekerja dengan baik.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin air yang harus dipancing dengan air.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar elektronik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel