CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis

gambar bagian gardan motor matic belakang beat
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Bagaimana sih mengetahui kalau oli gardan motor matic habis? Perlu kamu ketahui sebenarnya cukup sulit untuk mengetahui oli gaardan masih ada atau tidak, karena posisi oli tersebut berada di dalam box gardaan.

Cara satu-satunya untuk mengetahi oli gardan masih ada atau tidak ialah dengan membuka baut pembuangan pada bagian bawah. Baut tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda pada sejumlah kendaraan matic, tetapi kebanyakan adalah ukuran baut 10 dan 12.

Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, pada kondisi normal dan tidak terjadi kebocoran atau rembesan oli keluar, maka oli gardaan biasanya tidak akan habis.

Oli gardan berbeda dengan oli mesin, ia tidak akan habis jika tidak terdapat kebocoran karena cara kerjanya hanya melumasi gear, seal dan bearing saja. Berbeda dengan oli mesin yang terkena panas pembakaran secara langsung dan bisa habis dalam pemakaian.

Ciri oli gardan habis pada motor matic memang tidak bisa di ketahui jika tidak membuka baut pembuangan. Namun yang perlu jadi ke khawatiran ialah jika oli tersebut habis dan dibiarkan bisa menyebabkan masalah besar.

Kamu mungkin bisa menyuruh mekanik untuk membuka sedikit baut pembuangan bawah, dengan begitu kamu bisa melihat kondisi oli saat ini, masih normal kah atau sudah berubah warna. 

Walau memang masa pergantian oli gardan memang lama, tetapi tetap harus kamu perhatikan bagian tersebut. 

Jika oli gardan berubah menjadi putih, keruh, hitam dan terindikasi tidak normal maka sebaiknya kamu ganti saja. Selain bertujuan untuk memaksimalkan perlindungan mesin, oli juga bisa membersihkan kotoran dan karat pada bagian gardan yang keruh.

Kerusakan jika oli gardan tidak diganti

Oli gardaan memang murah, tetapi faktanya jika oli tersebut habis dan dibiarkan kering maka akan terjadi kerusakan yang sangat fatal.

Memang komponen di dalam gardan hanya gear rasio, bearing dan seal karet. Walaupun begitu jika tidak ada oli yang melumasi maka akan terjadi kerusakan parah akibat ausnya komponen.

Kamu bisa ketahui kerusakan bagian gardaan motor matic akibat oli gardan yang habis Di Sini. 

Sekedar informasi, saya pernah mengganti set gear box garrdan motor n-max pelanggan seharga 1,5 juta. Tentunya mengganti sejumlah gear dan bearing didalamnya secara full set, temasuk seal beserta oli.

Semua itu akibat dari telat memeriksa oli gardan karena terdapat kebocoran pada bagian seal. 

Jadi tipsnya, biarpun memiliki masa waktu ganti yang lama kamu harus tetap memeriksa oli gardan untuk memasikan bahwa dalam posisi yang normal.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel