CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Menjadikan Buah Kedondong Sebagai Obat Batuk - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Menjadikan Buah Kedondong Sebagai Obat Batuk

gambar buah kedondong hijau
Sumber foto : istock
Healty99 - Kedoondong bisa jadi obat mengatasi batuk dan sakit tenggorokan, benarkah demikan? Kita tahu bahwa kedondong merupakan buah yang menyegarkan untuk di santap karena rasanya asam-asam manis, terlebih lagi jika sudah diolah menjadi manisan atau rujak.

Kedondong memiliki manfaat baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin C terbilang tinggi, bahkan ada sekitar 34 mg di setiap / 100 gram.

Mengkonsumsi buah satu ini sesekali dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, mencegah sariawan, mempercepat peyembuhan luka dan masih banyak lagi.

Namun bagaimana dengan masalah tenggorokan dan batuk? Adakah manfaat lebih dari buah yang berbiji serabut ini?

Kedondong Obat Batuk

Perlu kamu ketahui, penggunaan buah kedonndong untuk mengatasi masalah batuk dan sakit tenggorokan sudah diterapkan oleh sejumlah masyarakat Indonesia, lebih tepatnya beberapa masyarakat Bali.

Kedondoong yang dikonsumsi ialah jenis kedondong hutan (spondias pinnata), walaupun begitu secara umum beberapa jenis yang lain juga kerap di konsumsi sebagai obat batuk alternatif.

Ini mungkin bisa terjadi, mengingat tanaman spondias baik daun dan buahnya memang sering dipakai sebagai obat herbal dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan terkait luar maupun dalam tubuh.

Kandungan

Menurut beberapa studi penelitian, kedondong mengadung sejumlah nutrisi berupa vitamin A, C, zat besi, kalsium, fosfor dan serat.

Selain itu adapun beberapa aktivitas senyawa antioksidan fenolik dan flavonoid, sifat antibakteri, antituberkulosis serta masih banyak lagi.

Tentu ini bisa saja memberi manfaat baik bagi tubuh dalam mengatasi masalah batuk dan sakit tenggorokan.

Seperti halnya vitamin C yang merupakan bagian dari antioksidan dan berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit terkait infeksi virus, bakteri, alergi dan sebagainya yang menyebabkan batuk.

Cara mengolah kedondong untuk obat batuk

Buah kedondong dijadikan obat batuk dengan cara tertentu, namun yang pasti biasanya dikupas dan dikonsumsi secara langsung dengan memotong kecil-kecil sebagai cemilan.

Tetapi sebenarnya ada banyak cara untuk menikmati buah satu ini, kamu bisa menikmati dengan beberapa teman lain seperti selai rujak, manisan ataupun di jus agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Beberapa orang juga tidak terpaku pada buahnya saja, tetapi adapula yang memanfaatkan bagian daun sebagai obat. Daun direbus dengan air dalam waktu tertentu kemudian airnya di konsumsi hingga batuk mereda.

Secara penelitian juga membuktikan bahwa pada daun spondias pinnata dan jenis lainnya memiliki kandungan senyawa lebih kuat terkait antioksidan, antituberkulosis, antiradang dan antifungi.

Namun pengujian terhadap manusia masih belum bisa dibuktikan secara pasti akan kebenaranya, oleh karena itu harap tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena ditakutkan menimbulkan gangguan kesehatan.

Efek samping

Kendati manfaatnya yang bisa dijadikan obat batuk dan sakit tenggorokan, mengkonsumsi buah maupun air rebusan kedondong juga tidak baik untuk kesehatan loh.

Walau tidak berbahaya hingga kematian, tetapi hal terbesar ialah kemungkinan bisa menyebabkan masalah serius pada beberapa orang yang memiliki kesehatan rendah.

Di sisi lain, buah dan daun juga memiliki kandungan asam dan beberapa senyawa yang tidak disarankan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Efek samping ringan bisa saja terjadi buat kamu yang memaksakan makan atau minum ramuan dalam porsi berlebihan ialah sakit perut, mual, begah, kembung, gangguan pencernaan terkait diare dan kram.

Kamu boleh saja mengkonsumsi baik buah dan daun dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, namun tetap tidak menjadikanya sebagai obat utama dalam mengatasi batuk ataupun sakit tenggorokan.

Terlebih lagi yang menjadi perhatian ialah buat kamu yang memiliki gangguan kesehatan khusus, riwayat penyakit tertentu, sedang mengkonsumsi obat-obatan dan ibu hamil maupun menyusui.

Tetapi jika kamu ragu kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu pada ahli kesehatan untuk mendaatkan informasi atau masukan terkait masalah yang sedang kamu alami, terutama buat mengecek penyebab mengapa batuk.

Mengingat mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari tanaman tidak bisa sembarang dilakukan, terlebih buat kamu yang tidak mengetahui berapa dosis aman yang boleh masuk kedalam tubuh.

Nah, itulah informasi mengenai manfaat kedondong untuk batuk dan sakit tenggorokan yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia terkait buah dan daunnya yang bisa kamu ketahui.

Note : Informasi yang terkandung pada artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk sebagai saran medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel