CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Daun Kedondong Untuk Mengobati Diabetes? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Daun Kedondong Untuk Mengobati Diabetes?

gambar daun dan buah kedondong
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Daun kedondong untuk diabetes. Penyakit diabetes atau gula darah dapat menyerang siapa saja, terutama pada seseorang yang suka makan atau minum yang manis-manis, kurang gerak, berat badan berlebih dan pola hidup yang tidak sehat.

Pada dasarnya glukosa atau gula adalah sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Namun menumpuknya glukosa dalam darah secara berlebihan justru juga tidak baik, karena dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dan mengurangi fungsi organ tubuh.

Karena permasalahan satu ini, banyak orang berupaya mencegah dan mengobati diabetes dengan berbagai cara. Salah satunya ialah mengunakan metode tradisional dengan mengkonsumsi tanaman herbal tertentu atau melakukan polah hidup yang ketat berdasarkan dengan aturan medis.

Manfaat Daun Kedondong Mengatasi Diabetes?

Kedondong (Spondias pinnata) merupakan jenis tanaman penghasil buah yang masih satu keluarga dengan mangga.

Pastinya kamu sudah tahu dengan buah satu ini kan, rasanya yang renyah, manis dan enak membuat kedondong lebih sering dimanfaatkan buahnya ketimbang bagian daun.

Terlebih lagi, buah kedondong adalah salah satu buah yang kaya manfaat dan tinggi sumber nutrisi.

Selain itu, adapun desas-desus yang tersebar dimasyarakat tentang khasiat daunnya dalam mengatasi masalah diabetes atau gula darah. 

Khasiat tersebut ada pada daun kedondong yang muda, atau bagian pucuk daun. Dimana daun diolah dengan cara di rebus, lalu air rebusanya dikonsumsi secara teratur.

Sedangkan untuk kandungan senyawa, pada daun kedondong hanya didapati berupa flavonoid, triterpenoid dan steroid.

Secara penelitian, manfaat daun kedondong untuk mengatasi diabetes masih belum sepenuhnya di ketahui. Sehingga dalam hal ini tentunya belum bisa dikatakan benar akan khasiatnya.

Beberapa hasil studi penelitian juga hanya mengujicobakan sebatas pada hewan mecit atau tikus putih untuk mengetahui ke efektivitasan kandungan senyawa.

Kemampuan daun kedondong dalam upaya untuk diabetes dapat saja didasari dengan beberapa sifat antioksidan yang terkandung pada tanaman.

Di sisi lain, adapun fungsi antioksidan yang terkandung bagi penderita diabetes, salah satunya ialah mengurangi munculnya komplikasi pada bagian tubuh.

Namun tentu saja ini bukan sebagai obat atau mengobati, alias hanya bisa digunakan sebagai bentuk pencegahan.

Jika kamu mempunyai riwayat kesehatan, atau mengalami permasalahan gula darah. Sebaiknya untuk tidak memanfaatkan tanaman kedondong sebagai metode utama dalam penyembuhan.

Penggunaan daun kedondong dalam upaya mengurangi kadar gula darah masih diperlukan beberapa penelitian, terutama terhadap efek samping dan ke efektivitasan senyawa yang terkandung.

Untuk itu bijak lah dalam melakukan seuatu, jika kamu ragu dapat konsultasi ke dokter atau ahli gizi terhadap penggunaan yang tepat. Terlebih lagi jika kamu mempunyai riwayat tertentu atau sedang mengkonsumsi obat-obatan.

Cara Mengolah Daun Kedondong Untuk Obat

Beberapa masyarakat memang ada pula yang percaya tentang khasiat daun tanaman satu ini dalam mengatasi gula darah.

Mereka menggunakanya dengan cara merebus beberapa tangkai daun kedondong dengan air, setelah itu air rebusan dikonsumsi secara teratur setiap hari atau paling tidak adanya perubahan terhadap gula darah yang menurun.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com tentang buah-buahan.

Ref : simdos.unud.ac.id, journal.ubaya.ac.id

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i