CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Desi Ghee Untuk Tubuh yang Harus Kamu Tahu - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Desi Ghee Untuk Tubuh yang Harus Kamu Tahu

gambar desi ghee, minyak samin
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Makanan seringkali menjadi topik yang rumit, terutama jika kamu memilih untuk membicarakan manfaat desi ghee. Apa itu? Ghee mungkin bagi beberapa masyarakat Indonesia ada yang belum mengetahuinya, namun bagaimana dengan minyak samin? Pada dasarnya ini adalah sumber makanan yang bergizi tinggi. 

Secara tepat desi ghee terbuat dari susu sapi murni, diaduk langsung dari bagian besar buttermilk yang diatur pada suhu yang tepat untuk rasa dan rasa aromatik.

Ghee memiliki vitamin yang larut dalam lemak dan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena titik panasnya yang tinggi, ghee membantu pencegahan radikal bebas yang merusak fungsi sel.

Selain itu ghee juga mengandung banyak asam lemak omega 3 bersama dengan vitamin A.

Kandungan Gizi Ghee

Berikut sejumlah nutrisi yang terkandung didalamnya :

  1. Kalori 
  2. Protein 
  3. Lemak 
  4. Karbohidrat 
  5. Serat 
  6. Gula 
  7. Vitamin A, C, D dan K

Kamu juga akan menemukan banyak kebaikan vitamin E dan antioksidan dalam desi ghee Anda. Antioksidan dan Vitamin E yang ditemukan secara langsung saling terkait untuk menurunkan penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan katarak.

Manfaat Desi Ghee Untuk Kesehatan Tubuh

Memiliki banyak kegunaan, dari meja dapur hingga ritual perawatan kecantikan, manfaat tentu tidak terbatas.

1. Menurunkan berat badan

Makanan satu ini adalah asam linoleat terkonjugasi yang merupakan prekursor utama dalam memerangi obesitas.

Penelitian menunjukkan bahwa CLA yang ditemukan dalam ghee berpotensi membantu mengurangi penambahan berat badan yang berlebihan dan secara bersamaan membantu mengurangi massa lemak tubuh pada beberapa orang.

Dikemas dengan asam lemak omega 3 sehat yang telah dibuktikan dari penelitian tentang pengurangan massa lemak dan berat badan.

Namun, ghee harus digunakan dalam jumlah sedang, dan berapa sendok makan yang harus dikonsumsi.

2. Baik untuk kesehatan kulit

Tahukah kamu bahwa desi ghee atau yang biasa kita kenal dengan minyak samin, bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pada kulit loh. Contohnya seperti kulit kering, eksim, telapak kaki pecah-pecah dan lainnya.

Ghee juga telah menjadi bagian pokok dari ritual kecantikan kuno dan masih dirayakan sebagai produk perawatan kulit yang berharga.

Karena komposisi asam lemaknya, ia memberi nutrisi pada penghalang kulit. Selain itu sifat lain dari susu sapi menjadikannya sangat baik untuk kulit yang sehat dan kenyal.

3. Untuk merawat rambut kepala

Desi ghee sangat kaya akan vitamin E, dan seperti yang kita ketahui Vitamin E adalah salah satu bahan yang paling bergizi untuk kulit kamu terutama untuk kulit kepala.

Vitamin E adalah bahan aktif dalam banyak produk perawatan kulit dan perawatan rambut yang berarti bahwa mengoleskannya ke kulit kepala dapat memberikan manfaat bagi rambut.

Menerapkan manfaat desi ghee ke kulit kepala kamu akan membantu dalam mengikat kelembapan dan membuat kulit kepala kamu lebih halus, tidak teriritasi dengan lebih sedikit serpihan, dan rambut yang lebih cerah dan halus.

Cukup panaskan rasio ghee 1:2 dengan beberapa minyak ringan lainnya seperti minyak almond manis, lalu pijat di daerah kulit kepala hanya selama beberapa menit, bungkus rambut kamu dengan handuk panas untuk efek pengkondisian yang dalam dan cuci rambut Anda setelah 45 menit.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat ghee dengan kandungan nutrisi asam butirat yang menjadi salah satu dukungan kesehatan paling ideal untuk usus dan kesehatan usus kita.

Sel usus besar kita menggunakan asam butirat sebagai sumber energi utama, dan beberapa manfaat tersebut termasuk :

  • Melancarkan pergerakan usus
  • Meningkatkan kesehatan usus
  • Menghambat pertumbuhan bakteri
  • Mengurangi rasa lapar
  • Mendukung kadar kolesterol yang sehat
  • Meningkatkan sensitivitas insulin
  • Mengurangi dampak nyeri pada saluran pencernaan

5. Menyehatkan jantung

Jauh lebih aman dan sehat untuk kesehatan jantung melalui ghee dibandingkan dengan minyak olahan lainnya.

Alasan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung adalah karena penelitian menunjukkan bahwa lemak yang ada dalam ghee tidak terkait dengan penyimpanan lemak, melainkan dikonsumsi dalam pemrosesan energi secara langsung.

Ketika digunakan dalam jumlah sedang, penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat dari desi ghee dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan secara signifikan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

6. Meningkatkan sistem kekebalan

Ghee atau minyak samin mempunayi kandungan yang bersifat antioksidan tinggi. Ini dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan tubuh kamu dalam menyerap nutrisi seperti vitamin dan mineral dari sumber makanan lain.

Menurut penelitian juga telah membuktikan bahwa ketika asam butirat diproduksi secara memadai, ini bisa mendukung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Menyembuhkan luka bakar

Ghee bisa menjadi solusi alami yang paling mudah untuk pengobatan luka bakar. Tidak hanya itu saja, makanan satu ini juga sering kali digunakan untuk mengobati beberapa gejala pembengkakan di bagian tubuh.

Termasuk juga digunakan dalam mengurangi gejala peradangan pada kulit. Nah, kika jika kamu mempunyai masalah kulit kering atau bekas luka bakar yang buruk, bisa memanfaatkan minyak ghee untuk menyamarkanya.

Itulah beberapa manfaat minyak samin atau desi ghee untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i