CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Estimasi Biaya Perbaikan Ganti Stang Seher Motor - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Estimasi Biaya Perbaikan Ganti Stang Seher Motor

gambar stang seher motor
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Stang seher motor kamu kena dan mengeluarkan suara kasar? Sungguh sangat di sayangkan memang. Komponen satu ini memang sangat krusial karena selain bisa mengeluarkan suara berisik saat mesin dinyalakan, kerusakan juga bisa mempengaruhi performa dari mesin itu sendiri.

Untuk menghilangkan suara stang seher yang bunyi sudah pasti bagian komponen terkait yang rusak memang juga harus ikut diganti, karena jika tidak percuma saja dan bahkan dapat menyebabkan pengulangan kerja.

Terlebih lagi posisi stang seher ada di tengah-tengah dan mengharuskan membongkar keseluruhan inti mesin secara keseluruhan.

Nah, buat kamu yang ingin memperbaiki atau ingin tahu berapa sih biaya perbaikan stang seher, mungkin kamu bisa membaca artikel kali ini sampai selesai agar lebih jelasnya. 

Karena saya ingin membagikan estimasi biaya yang akan dikeluarkan secara kasar untuk berjaga-jaga.

Biaya Perbaikan Mengganti Stang Seher Motor

Sebenarnya harga dari sebuah stang seher alias connecting rod hanya bekisar mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000 lebih sedikit tergantung dari pada jenis motor dan merek produk yang digunakan.

Tetapi jika kamu mempunyai kendaraan scooter matic atau motor bebek biasa baik itu honda, yamaha dan suzuki biasanya tidak lebih dari Rp 200.000 untuk produk asli.

Harga segitu yang kamu dapatkan ialah batang stang seher, bearing bambu dan big end atau pen bawah. "Tetapi" tentu tidak cukup dengan hanya itu saja, secara umum kerusakan stang di sebabkan oleh kekeringan oli, sedangkan kekeringan oli bisa berdampak pada bagian bearing, piston & ring, liner dan komponen lain.

Namun yang akan kita garis bawahi ialah disini tujuanya untuk "menghilangkan suara berisik dari stang seher yang rusak", sekalipun itu ada masalah pada piston yang menyebabkan motor berasap maka itu akan dikenakan biaya perbaikan yang berbeda.

Karena apa? Untuk mengganti stang harus membuka piston dan silinder, bahkan seluruh komponen mesin baik kiri dan kanan. Tetapi jika piston rusak bagian yang dibongkar hanya terkait piston dan silinder saja dan tidak keseluruhan mesin.

Selain itu saat membongkar mesin secara keseluruhan sudah pasti akan ada penambahan barang yang memang di butukan. Oleh karena itu berikut beberapa estimasi kasar yang bisa kamu ketahui untuk memperbaiki stang motor yang bunyi.

Motor bebek / sport

Barang yang harus diganti :

  1. Set connecting rod / stang seher (batang stang, bearing bambu dan pen big end) Rp 160.000 - Rp 300.000 (merek original, harga bisa lebih sesuai kapasitas CC dari motor)
  2. Paking full set Rp 60.000 - Rp 150.000 (kualitas sedang - high)
  3. Lem gasket Rp 10.000 - Rp 15.000
  4. Oli Rp 40.000 - Rp 55.000
  5. Bearing kruk as kiri & kanan (2pcs) Rp 85.000 - Rp 180.000 (kualitas sedang - high)
  6. Seal ± Rp 20.000 (tidak selalu)

Jasa pasang :

  1. Jasa pres stang seher : Rp 25.000 - Rp 40.000 (standar)
  2. Jasa pasang bengkel : Rp. 350.000 - Rp. 420.000 (bengkel umum)

Lama pengerjaan :

  1. Satu sampai tiga hari tergantung kerusakan

Nah, total biaya kasar untuk pergantian stang seher yang bisa kamu ketahui atau persiapkan ialah berkisar antara Rp 760.000 - Rp 1.180.000 untuk penggunaan part kualitas sedang hingga high.

Tetapi ini hanya estimasi kasar, karena harga mungkin masih bisa goyang atau nego tergantung dari kesepakatan orang bengkel dengan kamu.

Motor matic

Untuk pergantian stang seher motor matic tidak jauh berbeda dengan motor bebek diatas, namun biasanya sedikit lebih murah yaitu bekisar sekitar Rp 600.000 hingga Rp 900.000. Lama pengerjaan berkisar 1 sampai 3 hari.

Harga juga kemungkinan masih bisa nego antara pihak bengkel dengan kamu, terlebih dalam pemilihan part pada kualitas apa yang digunakan.

Namun saya jika boleh saya sarankan, apabila kamu ingin menggunakan motor tersebut untuk jangka panjang dan lebih berhati-hati maka saya rekomendasikan pakai produk dengan kualitas midle hingga high alias kualitas sedang hingga bagus.

Karena pastinya demi kenyamanan dan supaya komponen mesin lebih terjamin dari segi kualitas serta keawetan. Tapi tetap harus rutin ganti oli karena jika tidak dan dibiarkan kering maka stang akan bunyi kembali.

Note : Harga diatas hanya untuk pergantian stang seher dan jasa, namun apabila terdapat kerusakan juga pada bagian silinder, piston, noken as, rantai keteng dan sejumlah komponen kecil lain maka akan dikenakan biaya tambahan.

Tetapi biasanya pihak bengkel hanya meminta harga barang saja dan tidak akan menambahkan biaya jasa pasang, karena jasa sudah terhitung overhaul secara keseluruhan.

Bisa dibilang sekalian diperbaiki dalam satu pekerjaan sekaligus. Contoh penambahan ganti piston dan blok dikenakan sekitar Rp 300.000 hingga Rp 450.000 (harga barang kualitas sedang hingga bagus) dan tidak terkena jasa pasang piston karena sekalian kerja.

Sedangkan untuk lemer dan piston mungkin dikenakan penambahan sekitar Rp 180.000 - Rp 250.000 (harga barang kualitas sedang hingga bagus) dan pastinya tidak terkena jasa pasang piston karena sekalian kerja.

Namun apabila kamu menginginkan ganti stang dan bagian piston (liner, piston dan lain sebagainya) tinggal tambahkan biaya stang di atas dan piston dibawah.

Jadi itulah estimasi biaya kasar dalam pergantian stang seher yang bisa kamu ketahui dan bahkan bisa kurang maupun lebih tergantung daripada produk dan relasi dari bengkel yang kamu pilih.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar motor.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel