CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Ban Belakang Motor Vario Seret serta Cara Mengatasinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Ban Belakang Motor Vario Seret serta Cara Mengatasinya

gambar roda ban belakang motor matic beat / vario
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Buat kamu yang mempunyai sepeda motor vario dan sedang mengalami keluhan pada bagian roda (ban) belakang seret, mungkin akan merasa khawatir karena takut terjadi hal-hal yang tidak dinginkan atau kerusakan bertambah parah.

Bagaimana tidak, karena ban belakang yang seret tentu sudah pasti membuat motor terasa berat saat di bawa jalan, bahkan  kondisi akan lebih terasa jika di dorong tanpa menghidupkan mesin.

Baca juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Motor Seret Saat Baut Di Kencangkan

Nah, buat kamu yang sedang mengalamainya cobalah sedikit lebih tenang, karena pada dasarnya setiap permasalahan yang terjadi di sepeda motor ada penyebabnya.

Jalan terbaik ialah segera bawa ke bengkel atau di perbaiki sendiri, sehingga masalah dapat di cegah lebih awal dan tidak merembet kemana-mana. 

Penyebab Ban Belakang Vario Seret

Penting memang buat kamu mengetahui mengapa bisa hal tersebut bisa terjadi, sehingga nantinya kamu dapat mencegah permasalahan agar tidak terulang kembali atau malah justru bisa memperbaiki sendiri dirumah.

Baca juga : Penyebab Rem Cakram Depan Seret Saat Mundur

Berikut beberapa kemungkinan mengapa ban belakang motor vario kamu keset atau beras saat diputar.

1. Kampas rem pecah

Jika tadi sistem pengereman baik-baik saja namun saat di bawa berkendaran tiba-tiba pengereman menjadi lebih berat, maka bisa dipastikan kampas rem belakan kamu pecah.

Pada jenis rem tromol atau drum sepatu remnya bisa copot karena panas dari gesekan. Untuk mengatasi permasalahan satu ini kamu harus membongkar ulang dan mengganti kampas rem dengan yang baru.

Baca juga : Baru Ganti Kampas Rem Tapi Masih Bunyi

Selain itu ada baiknya kamu gunakan kampas rem yang original, karena memiliki material bahan yang lebih kuat.

2. Kampas rem tidak balik

Selain karena kampas rem yang pecah, kondisi kampas rem yang tidak balik atau kembali ke posisi semua bisa menyebabkan roda belakang seret.

Masalah seperti ini memang sering terjadi pada setiap jenis kendaraan dengan tipe pengereman tromol, termasuk itu pada jenis matic vario.

Baca juga : 4 Cara Menambal Ban Tubeless Motor

Kampas rem bisa tidak balik umumnya di picu beberapahal, salah satunya ialah drum tromol yang sudah aus sehingga saat sepatu rem dan dinding tromol bergesekan mengalami lengket.

Di sisi lain, akibat hilang atau lemahnya per pembalik juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Untuk mengatasi permasalahan satu ini maka cobalah periksa bagian sistem pengereman tromol belakang pada motor kamu, pastikan semua berfungsi dengan baik dan secara benar.

Bila perlu kamu bersihkan dari kotoran debu yang menumpuk, karena beberapa kasus debu bisa menyebabkan rem menjadi lengket akibat selip saat bergesekan.

3. Terjadi masalah pada bagian CVT

Jika kamu telah yakin tidak ada masalah terhadap sistem pengereman, namun ban belakang motor vario masih terasa seret, maka bisa dipastikan adanya masalah pada bagian CVT.

Penyebabnya bisa dikarenakan kampas sentrifugal atau kampas ganda pulley lengket, sehingga membuat ban belakang sulit berputar. 

Selain itu untuk beberapa tipe honda vario yang menggunakan swing arm belakang, ada baiknya periksa bagian bearing atau klahar pada swing arm tersebut. Pasalnya beberapa kasus bearing tersebut bisa pecah sehingga membuat seret roda.

Nah, itulah beberapa penyebab ban belakang motor vario seret sekaligus cara mengatasinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel