CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Bengkoang untuk Kulit wajah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Bengkoang untuk Kulit wajah

gambar umbi bengkoang
Sumber foto : istock
Healty99 - Khasiat bengkoang untuk wajah memang sudah lama diterapkan sebagai salah satu perawatan kulit tubuh maupun wajah. Bahkan kini penggunaanya dipermudah dengan ada banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan campuran umbi bengkuang.

Bengkoang diketahui memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin C, E kalsium, kalium, magnesium, protein, selenium, beta-karoten, serat, antioksidan serta yang pasti kaya akan air.

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada umbi membuatnya bisa kamu jadikan alasan untuk membantu menutrisi kulit wajah dari luar, terutama dalam mengatasi beberapa masalah terkait penuaan dini dengan dibuat menjadi masker atau lulur.

Manfaat Menggunakan Bengkoang untuk Wajah

Nah, daripada panjang lebar, berikut beberapa khasiat dari memakai bengkuang dari segi kecantikan.

1. Melembabkan kulit

Yang pertama bisa membantu melembabkan kulit wajah kamu, mencegah kulit kering serta bersisik.

Ini karena umbi mengandung kaya air dan zat pati cukup tinggi yang dapat membantu melembabkan kulit serta membuatnya tampak kenyal dan elastis.

Secara tidak langsung ini juga bisa menhidrasi kulit wajah kamu dan membuat tampak menjadi lebih segar.

2. Mendinginkan kulit tubuh dan wajah

Selain bisa melembabkan kulit, manfaat lainnya ialah dapat membantu mendinginkan permukaan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari, iritasi, kemerahan, bintik-bitik, sensasi panas serta memar.

Kemampuan ini didasari karena umbi kaya akan kandungan air, sehingga bisa bersifat mendinginkan secara alami dan mengatasi kulit meradang.

3. Mencerahkan wajah

Bengkuang kaya akan kandungan vitamin C, E dan antioksidan. Manfaat vitamin C dalam umbi bisa membantu menurunkan produksi melanin pada lapisan kulit.

Disatu sisi, kandungan antioksidan dan vitamin E juga ikut andil dalam membantu meregenerasi sel kulit serta menutrisinya agar tampak lebih cerah dan bersinar.

4. Menyamarkan noda jerawat

Beberapa bekas noda seperti bekas jerawat, luka atau memar yang mebekas dan menjadi hitam, diketahui bisa dibantu samarkan dengan memanfaatkan masker bengkoang loh.

Bengkooang diklaim mampu mengatasi masalah bekas jerawat yang menghitam dengan penggunaan yang rutin.

Oleh karena itu kamu bisa terapkan dengan cara menggunakanya sebagai masker atau lulur kulit selama 2 sampai 3 minggu secara berturut-turut.

5. Menyerap minyak berlebih

Buat kamu yang memiliki masalah terhadap minyak wajah berlebih, mungkin kamu bisa coba terapkan masker bengkoang untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Umbi memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, ini bisa membantu penyerapan minyak pada permukaan wajah plus sekaligus menutrisi dari luar dan mengecilkan pori-pori kulit.

6. Mencegah penuaan dini

Kemampuan bengkoang dalam mencegah penuaan dini ialah karena terdapatnya kandungan antioksidan dan vitamin C pada umbi.

Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan salah satu bagian antioksidan yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit sekaligus mencegah paparan radikal bebas yang merusak jaringan sel.

Antioksidan juga memiliki kemampuan dalam meregenerasi jaringan sel baru sehingga membuat kulit tampak lebih mudah.

7. Mengatasi mata kantuk

Kurang tidur dapat mengakibatkan area sekitar mata jadi menghitam, tampak lesu, berkantung dan berlipat. Kondisi seperti ini juga bisa membuat penampilan wajah kamu menjadi kurang bersemangat dan yang pasti kurang cerah.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, masalah seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara memakai masker dari bahan bengkuang sekitar 15 sampai 20 menit.

Tidak hanya mengatasi masalah kantung mata dan mata panda saja, faktanya bengkuang bisa mengobati mata perih akibat terkena las dengan meredakan rasa panas.

8. Menyamarkan kulit belang

Selain mengatasi noda hitam karena jerawat dan luka, manfaat bengkoang untuk wajah selanjutnya ialah bisa membantu menyamarkan warna kulit belang yang tidak merata.

Masalah kulit belang umumnya dikarenakan paparan sinar matahari dan polusi udara, oleh karena itu tubuh membutuhkan nutrisi untuk meratakan warna pigmen melanin pada lapisan jaringan kulit.

Alternatifnya ialah kamu bisa memanfaatkan masker sebagai bentuk perawatan kulit wajah dan kecantikan.

Nah, itulah beberapa manfaat bengkoang untuk kulit wajah dan tubuh yang bisa kamu ketahui sekaligus coba terapkan.

Cara Menggunakan

Buat kamu yang ingin menggunakan bengkuang untuk merawat kulit, kamu bisa coba dengan mengolahnya menjadi masker atau lulur sederhana.

Untuk cara membuatnya pertama siapkan bengkoang utuh, kemudian kupas kulit luarnya hingga bersih dan parut halus.

Setelah diparut kamu bisa langsung balurkan secara merawat pada permukaan wajah atau bagian tubuh lainnya. Aplikasikan secara merata hingga ke seluruh bagian dan tunggu hingga masker kering atau sekitar 15 - 20 menit.

Kamu bisa lakukan penggunaan secara rutin untuk mendapatkan hasil secara maksimal.

Cukup sampai disini pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel