CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips Menghilangkan Bekas Kunyit di Parutan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips Menghilangkan Bekas Kunyit di Parutan

gambar parutan kotor
Sumber foto : istock
Healty99 - Menghilangkan noda kuning kunyit memang terkadang menjengkelkan, terlebih lagi itu terjadi pada peralatan dapur seperti parutan atau alat kikis (serut). Ini karena permukaan parutan yang kasar tidak memungkinkan untuk di gosok menggunakan spons atau kawat cuci piring.

Berbeda dengan noda kunyit pada piring dan gelas yang bisa di bersihkan dengan beberapa cara sederhana. 

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, pada kesempatan artikel kali ini akan membagi sedikit pengetahuan bagaimana cara menghilangkan warna kuning kunyit pada parutan kamu. Baik itu pada parutan besi atau kayu, parutan tangan maupun parutan mesin yang besar.

Cara Membersihkan Bekas Kunyit di Parutan

Sebelum itu, ada beberapa peralatan dan bahan yang musti kamu persiapkan terlebih dahulu. Peralatan tersebut diantaranya berupa :

Alat kerja (pilih salah satu)

  1. Sikat kawat baja 
  2. Kuas mini

Cairan pembersih (pilih salah satu)

  1. Pasta gigi
  2. Baking soda (+ sedikit air)
  3. Cairan aseton
  4. Soda api (jika memang dibutuhkan)

Langkah pengerjaan :

1. Sikat kawat

Jika kamu ingin menggunakan sikat kawat, maka cairan yang kamu butuhkan ialah bisa memakai pasta gigi, baking soda atau cairan aseton. 

Langkah pengerjaanya ialah, pertama bersihkan parutan dengan air terlebih dahulu. Jika itu parutan mesin yang besar mungkin kamu bisa melepaskan rangkaian parutan agar mempermudah pekerjaan.

Selanjutnya oleskan pasta gigi atau baking soda secara merata, tunggu sekitar 15 sampai 20 menit kemudian sikat menggunakan sikat kawat secara pelan. Jika menurut kamu sikat kawat terlalu kasar kamu bisa ganti dengan beros pakaian yang sedikit keras.

Berikutnya tinggal kamu guyur dengan air mengalir hingga bersih secara berulang.

Sedangkan untuk penggunaan cairan aseton kamu tidak perlu menunggu selama 15 menit, begitu cairan di tuangkan kamu segera langsung sikat perlahan parutan. 

Cairan aseton merupakan cairan pembersih atau carian yang kerap digunakan untuk melarutkan cat, kuteks, lilin, resin dan sejenisnya.

Jadi jangan tunggu lama-lama setelah menyiram cairan aseton, karena ia mudah menguap dan terbakar.

2. Kuas mini

Berikutnya dengan cairan soda api dan kuas mini. Tetapi cara satu ini saya sarankan untuk tidak digunakan pada parutan yang berbahan dasar kayu. Mengapa? hal ini dikarenakan soda api bersifat korosi sehingga bisa mengikis benda kerja jika di biarkan terlalu lama.

Cara pengerjaan, pertama bersihkan parutan dengan air terlebih dahulu. Jika itu parutan mesin yang besar mungkin kamu bisa melepaskan rangkaian parutan agar mempermudah pekerjaan.

Selanjutnya tuang soda api cair / remover paint sedikit dan ratakan dengan kuas mini (kecil). Usap secara memutar pelan lalu bilas menggunakan air dan sabun hingga bersih.

Jangan dibiarkan soda api terlalu lama pada benda kerja, sekalipun itu pada permukaan logam besi. Jadi segera bilas dengan air mengalir saat setelah noda kunyit hilang pada parutan kamu.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan noda kuning bekas kunyit di parutan yang bisa kamu coba, walau tidak menutup kemungkinan ada cara yang lebih baik dan mudah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel