CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mudah Hilangkan Bekas Noda Kunyit di Blender Plastik - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mudah Hilangkan Bekas Noda Kunyit di Blender Plastik

gambar blender kotor
Sumber foto : istock
Healty99 - Kunyit memang sering digunakan sebagai bumbu ataupun pewarna pada makanan, caranya ialah dengan menghaluskan kunyit terlebih dahulu lalu kemudian di peras. Walau terlihat mudah tetapi yang menjadi permasalahan ialah warna kuning dari kunyit kerap melekat pada sejumlah peralatan dapur.

Contohnya saat menghaluskan kunyit menggunakan blender, maka lama kelamaan kaca atau plastik pada blender tersebut akan burem menjadi kuning akibat noda kunyit.

Memang hal tersebut tidak menjadi masalah pada mesin blender, tetapi noda kuning kunyit dapat melekat pada blender yang mana justru bisa membuat tampak kotor dan jorok.

Cara Menghilangkan Bekas Kunyit pada Blender Plastik

Namun kamu tidak perlu kahwatir, noda bekas kunyit tersebut pada dasarnya bisa di hilangkan dengan bebagai cara. Penasaran? berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Menggunakan pata gigi

Pertama kamu bisa pakai pasta gigi atau odol. Penggunaan odol dalam menghilangkan sejumlah noda sudah tidak diragukan lagi, contohnya noda kuning pada sepatu, baju, kaca dan lain-lain.

Cara menggunakanya, oles odol atau pasta gigi merek apapun ke blender plastik kamu yang terdapat noda kuning kunyit secara merata. Selanjutnya diamkan sesaat kurang lebih 20 menit atau kamu jemur dibawah terik matahari.

Setelah waktu tiba tinggal kamu bilas menggunakan air hangat sembari di gosok pakai spons cuci piring.

2. Baking soda

Selanjutnya pakai baking soda. Baking soda ini merupakan natrium bikarbonat dengan rumus NaHCO₂ yang kerap digunakan sebagai obat dan makanan. 

Tetapi tahukah kamu sebenarnya baking soda memiliki banyak manfaat loh, contohnya untuk membersihkan sejumlah peralatan.

Kamu mungkin bisa coba untuk pakai baking soda dalam menghilangkan noda kuning kunyit pada blender plastik maupun kaca. Untuk cara penggunaanya, baking soda bubuk di campur dengan sedikit air hingga menjadi bentuk adonan pasta.

Setelah itu di oleskan merata pada bagian blender yang noda kuning. Tunggu kurang lebih 20 menit. Kemudian lanjut dengan bilas menggunakan air hangat sembari di gosok pelan.

3. Jeruk purut dan cuka

Campuran jeruk purut atau jenis jeruk asam lainnya dan cuka makan bersifat korosi lemah, tentu ini bisa menjadi cairan pembersih cukup efektif dalam mengatasi sejumlah kotoran yang melekat pada peralatan rumah tangga.

Buat kamu yang ingin menggunakan cara satu ini, siapkan jeruk (peras) dan cuka 2:1 (lemon:cuka), setelah itu oleskan merata kebagian peralatan dapur kamu yang kotor akibat kunyit.

Tunggu kurang lebih 5 menit setelah itu bilas menggunakan air mengalir sembari di gosok.

4. Abu dan sikat kawat

Abu bakar dan sikat kawat merupakan cara lawas mayarakat Indonesia dalam membersihkan peralatan saat mencuci. Walau terlihat sederhada tetapi pada kenyataan pakai abu dan sikat kawat sangat efektif untuk membersihkan noda membandel.

Cukup dengan menaburkan abu bakar atau abu gosok kemudian di gosok menggunakan sikat kawat cuci piring secara perlahan, maka noda kuning kunyit akan tergerus sedikit demi sedikit.

Setelah noda tampak hilang, kamu bisa bilas peralatan dapur dengan air mengalir hingga bersih.

Nah, itulah beberapa cara umum yang kerap digunakan dalam membersihkan noda kuning kunyit pada blender plastik maupun kaca yang bisa kamu coba.

Tetapi mungkin ada cara lain yang bisa kamu terapkan, oleh karena itu kamu dapat tanyakan pada beberapa orang yang lebih berpengalaman dalam hal mengatasi noda kunyit, contoh seperti tanyakan pada nenek atau orang yang hobi memasak.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel