CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 5 Cara Mengawetkan Buah Nanas agar Tahan Lama - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

5 Cara Mengawetkan Buah Nanas agar Tahan Lama

gambar buah nanas
Sumber foto : istock
Healty99 - Setiap buah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, termasuk itu daya tahan terhadap pembusukan. Meski memang cepat atau lambat buah akan menjadi busuk, namun pastinya adapula cara untuk mengawetkan agar bisa bertahan lebih lama walau hanya beberapa hari saja.

Hal ini juga berlaku pada buah nanas yang akan kita bahas kali ini. Nanas termasuk buah yang cepat busuk juga, oleh karena itu akan sangat disayangkan jika hanya dibuang dan berakhir pada tempat sampah.

Baca juga : Mengenal Nanas Unik Nanas Medusa

Terlebih lagi nanas merupakan buah yang mengadung banyak sekali vitamin, serat, mineral dan air yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Cara Mengawetkan Nanas

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi tips bagaimana cara mengawetkan buah nanas supaya bisa bertahan sedikit lebih lama dengan beberapa pengolahan.

Baca juga : Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Berikut diantaranya yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Simpan didalam kulkas

Pertama dan yang paling mudah ialah dengan menyimpannya ke dalam kulkas, tetapi tidak sembarangan. Ini karena terkadang nanas yang hanya sekedar disimpan didalam kulkas bisa mengalami keriput dan kering.

Setidaknya ada dua cara untuk menyimpan buah di dalam kulkas agar rasanya tetap enak. Cara pertama ialah dengan mengupas kulit buah lalu membungkusnya dengan plastik secara keseluruhan, serta pastikan bahwa tidak kemasukan udara dan letakan pada pendigin bawah.

Baca juga : Cara Menghilangkan Rasa Aneh Di Lidah Setelah Makan Nanas

Sedangkan untuk yang kedua ialah dengan membekukanya secara langsung pada bagian pendingin atas. Nanas dikupas kemudian dibekukan secara utuh menggunakan sedikit air, jika nantinya ingin dikonsumsi maka kamu harus mencairkan terlebih dahulu.

2. Simpan ditempat sejuk

Jika tidak ada kulkas atau pendingin, cara sederhana yang bisa kamu coba supaya buah nanas agar tidak cepat busuk ialah dengan meletakan buah pada tempat-tempat kering dan sejuk.

Baca juga : Cara Membuat Arak Fermentasi Dari Buah Nanas

Contoh dengan metekakan pada kotak kayu (jangan di lantai karena itu dingin), tempat yang teduh (jangan terlalu lembab atau gelap), kering, sedikit terkena pantulan cahaya dan terhindar dari lalat.

3. Dibuat selai

Jika buah nanas yang kamu miliki jumlahnya terlalu banyak dan ditakutkan busuk dalam waktu dekat, mungkin kamu bisa mengolahnya menjadi selai. Selai sudah pasti dapat bertahan lama karena memiliki pengawet alami karena ada campuran gula.

Selain itu dengan dibuat selai ini juga memudahkan kamu untuk menyantapnya saat sarapan dengan menjadikan isian roti atau toping dalaman kue.

4. Jadikan manisan

Pernah mencoba manisan nanas? Mungkin terdengar asing tetapi ini patut kamu coba, terlebih untuk tujuan mengawetkan buah agar bisa bertahan lama.

Untuk membuat manisan nanas sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan prosesnya tidak jauh berbeda dari kebanyakan manisan lainnya yang hanya menggunakan gula, penyedap dan kayu manis.

5. Dikeringkan

Sama seperti kismis, buah nanas yang telah matang dikupas dan dipotong kecil-kecil lalu kemudian di jemur dibawah terik matahari hingga menyusut. 

Menyusutnya nanas ini dikarenakan berkurangnya kandungan air, tetapi ini mengutungkan karena buah bisa menjadi tahan lama disimpan didalam toples.

Nah, itulah beberapa cara mengawetkan buah nanas agar bisa bertahan cukup lama dan tidak cepat busuk.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel