CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Kentang [Manfaat, Bahaya dan Cara Memberikan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Kentang [Manfaat, Bahaya dan Cara Memberikan]

gambar kentang
Sumber foto : pixabay/Couleur
Healty99 - Bolehkah kelinci makan kentang? & jika boleh apakah ini aman? Kentang merupakan umbi-umbian yang bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Kita manusia tidak dapat mencerna kentang yang masih mentah, hal ini dikarenakan terdapat kandungan pati didalamnya.

Namun bagaimana dengan kelinnci, mengingat hampir secara keseluruhan mereka dapat mencernan bahan makanan mentah?

Baca juga : Obat Alami Untuk Atasi Scabies Kelinci

Kelinci Makan Kentang

Secara alami, di alam liar kelinci memang kerap masuk ke kebun untuk mencari makanan. Mereka kerap menggali untuk mendapatkan sejumlah umbi-umbian seperti lobak, wortel dan kentang.

Tetapi biasanya mereka hanya makan jika diperlukan saja dan tidak dalam porsi yang banyak. Selain itu di alam liar mereka juga bisa memilih mana yang baik dan dibutukan oleh mereka sendiri.

Berbeda dengan di dalam kandang yang mana mereka mau tidak mau memakan apapun yang kamu beri karena di dasari rasa lapar.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Ketakutan

Apakah kentang makanan yang sehat

Umbi satu ini diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang diantaranya berupa karbohidrat, mineral (besi, fosfor, magnesium, natrium, kalsium, dan kalium), protein, serta Page 2 9 vitamin terutama vitamin C dan B1.

Beberapa kandungan tersebut diketahui memang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi kelinci peliharaan kamu, tetapi faktanya kandungan tersebut tidak terlalu banyak.

Baca juga : Cara Agar Kelinci Mengenali Kita

Kentang memiliki zat pati dan karbohidrat yang cukup tinggi, meski hewan pengerat satu ini bisa mencerna zat pati tetapi sebenarnya tidak dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu kentang bukanlah makanan yang terbaik dan hindari untuk memberikan mereka sebagai pakan utama.

Bahaya kentang

Bahaya atau tidak bagi peliharaan kamu dapat tergantung dari kentang yang kamu berikan. Mengapa? Kentang memiliki beberapa jenis, contohnya berkulit kecoklatan, kuning, kemerahan, keungguan dan ada pula yang hitam.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Dalam Kedinginan

Hampir secara keseluruhan kentang yang normal sebenarnya bisa disantap kelinci dengan mudah dan tidak menyebabkan masalah yang berarti bagi mereka. Namun tetap saja sebaiknya jangan kamu hadirkan dalam jumlah banyak.

Ini karena kentang memiliki zat pati yang bisa memicu penumpukan gas pada sistem pencernaan. Peliharaan kamu mungkin akan mengalami begah, sakit perut, diare dan prilaku yang tidak biasa dikarenakan merasa kurang nyaman.

Selain itu adapun jenis kentang yang sebaiknya kamu hindari. Jenis tersebut ialah kentang yang memiliki kulit lebih dari satu warna alias dominan belang hijau dan tampak sudah tumbuh tunas.

Baca juga : 

Kulit kentang yang terdapat belang kehijauan menandakan terdapat kandungan solanin cukup tinggi. Solanin sendiri merupakan sejenis zat racun kelompok glikoalkaloid yang dapat memicu mual-mual, sakit perut, rasa terbakar pada mulut, dan muntah.

Kita manusia bisa mengalami keracunan jika mengkonsumsi kentang yang mengandung solanin, dan hal yang sama juga berlaku pada kelinci.

Oleh karena itu hindari kentang yang memiliki kulit bewarna hijau. Selain karena mengadung zat berbahaya yang bisa memicu efek samping bagi kesehatan, nutrisi pada kentang juga tidak banyak manfaat bagi kelinnci.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit

Bagaimana dengan kentang masak (matang)?

Manfaat kentang matang sangat baik untuk manusia, mengingat umbi satu ini bisa menjadi bahan makanan pokok. Namun faktanya ini tidak berlaku pada kelinnci peliharaan loh.

Pencerenaan mereka tidak didesain untuk mencernan makanan yang telah dimatangkan (masak), mengapa? Ini karena keliinci kekurangan enzim pencernaan yang diperlukan untuk memecah makanan yang dimasak.

Baca juga : Cara Mengatasi Kelinci Yang Sedang Lemas & Lesu

Meskipun hampir setiap kelinci akan menghindari apa pun yang sudah dimasak, tetapi kamu harus memastikan untuk tidak pernah menawarkan kentang yang sudah dimasak (atau makanan matang lainnya) kepada mereka.

Cara memberikan

Namun buat kamu yang penasaran dan ingin memberikan kentang mentah pada kelinci. Maka kamu bisa memberikan mereka sebesar sendok makan terlebih dahulu, kemudian tunggu beberapa jam dan lihat reaksi yang terjadi.

Baca juga : 

Jika peliharaan kamu mengalami gelaja yang aneh seperti muntah, gelisah dan lain sebagainya maka sebaiknya di hindari. Tetapi jika tidak ada maka kamu bisa tambah sekitar 1 sendok makan lagi.

Dalam pemberian juga tidak boleh setiap hari, mereka sangat mebutuhkan asupan serat dari dedaunan. Oleh karena itu kentang mungkin hanya bisa di berikan sebagai pakan sampingan atau cemilan.

Note : Singkatnya kelinci pada dasarnya bisa memakan kentang, tetapi tidak dengan dalam jumlah yang banyak. Selain itu hindari memberikan umbi yang memiliki perbuhan kulit luar yang berwarna hijau dan mulai tumbuh tunas, ini dikarenakan umbi sudah memiliki kandungan solanin.

Baca juga : Ciri Ciri Kelinci Yang Lagi Tidur & Pingsan

Selain itu, manfaat kentang untuk kelinci yang tidak terlalu tinggi, inilah yang menjadi penyebab mengapa ada banyak orang yang tidak ingin memberikan kentang ke peliharaan mereka

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel