CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tanaman Dlingo Bengle [Manfaat & Cara Mengunakan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tanaman Dlingo Bengle [Manfaat & Cara Mengunakan]

gambar dringo bengle
Sumber foto : istock
Healty99 - Dlingo bengle (Acorus calamus) atau dikenal juga dengan nama jerangau, jeringau dan dringo, yaitu tanaman herbal rerimpangan yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional dalam mencegah dan mengobati penyakit.

Tumbuhan satu ini memiliki bentuk khas dimana mirip rumput ilalang, tetapi lebih tinggi, lebar dan berdaun cukup tebal serta beraroma kuat. Dlingo menyukai tanah basah dan lingkungan lembab untuk tubuh dengan subur.

Pemanfaatan dlingo sudah diterapkan oleh orang tua jaman dahulu dalam mengatasi sejumlah penyakit. Baik daun dan rimpangnya diklaim memiliki khasiat untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan, meskipun begitu penggunaanya tidak bisa sembarangan.

Manfaat Dlingo Bengle untuk Tubuh

Berikut beberapa manfaat tanaman dlingo bengle yang bisa kamu ketahui.

1. Meredakan demam

Rimpang dlingo memiliki kandungan minyak esensial yang memiliki kemampuan dalam meredakan rasa nyeri dan peradangan pada otot maupun persendian. Untuk itu tanaman satu ini juga bisa dimanfaatkan dalam mengatasi masalah sakit kepala, asam urat, nyeri otot, radang sendi serta keseleo.

Tidak cukup sampai di situ saja, adanya sifat analgesik dan antipireti pada tanaman juga dapat meredakan panas tubuh terkait demam.

2. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Jeringau diklaim memiliki khasiat dalam meningkatkan sistem metabolime tubuh dengan cara meningkatkan sirkulasi darah sekaligus melancarkanya.

Dan itu efeknya bisa meningkatkan produksi keringat, tetapi ini baik jika tidak berlebihan karena bisa membantu membuang zat-zat berbahaya dan racun di dalam tubuh, membantu mencegah masalah aliran darah serta mendukung penurunan berat badan.

3. Menstabilkan hormon

Menurut penelitian, ekstrak dari minyak atsiri pada dlingo dan kandungan antioksidannya diklaim dapat berperan dalam mengatur produksi hormon didalam tubuh.

Sehingga pada akhrinya bisa sebagai pengaturan dan membantu produksi hormon menjadi lebih baik dan seimbang. Manfaat ini juga berdampak pada suasana hati, libido, serta mood seseorang menjadi lebih stabil.

Namun yang perlu kamu garis bawahi ialah harap tidak mengkonsumsi tanaman secara serampangan dengan tanpa diketahui dosis dan takaran.

4. Mengobati gangguan saraf

Dikutip dari Journal of Scientific and Innovative, tanaman dengan nama ilmiah Acorus calamus ini mengandung alpha-asarone, beta-asarone, dan eugenol. Ketiga senyawa tersebut diketahui memiliki efektifitas dalam mengatur sistem kerja saraf didalam tubuh.

Sehingga diyakini mampu mengatasi beberapa masalah terkait sistem saraf pusat seperti epilesi, kejang-kejang dan autis.

5. Meredakan flu

Selain mengatasi demam, dlingo juga dimanfaatkan dalam mengobati masalah flu yang sedang terjadi, baik pada anak kecil maupun dewasa.

Oleh karena itu kamu mungkin pernah melihat anak kecil maupun bayi ditempelkan bubuk rimpang dlingo pada bagian dahi mereka.

Nah, itulah beberapa manfaat dlingo yang bisa kamu ketahui secara umum. Terlepas dari 5 khasiatnya diatas, tanaman satu ini diketahui juga memiliki kemampuan dalam mengobati asma, maag serta sakit kepala.

Cara Menggunakan / Mengolah

Secara umum ada 2 cara dalam menggunakan tanaman jeringau, akan tetapi paling sering dimanfaatkan ialah untuk luar tubuh dengan cara mengoleskan pada permukaan kulit.

Dikonsumsi

Dlingo diolah menjadi minuman hangat dengan cara diseduh, namun jika repot kamu juga bisa mengkonsumsi dlingo dalam bentuk ekstrak yang bisa didapat di apotek terdekat.

Cara mengolah :

  1. 2 lembar daun (cuci bersih)
  2. 1 rimpang dlingo sebesar kelingking
  3. 1000 ml air bersih
  4. Madu seperlunya

Langkah pengerjaan :

  1. Potong kasar rimpang serta daun yang telah dicuci kemudian masukan kedalam panci dan rebus.
  2. Setelah mendidih angkat lalu saring air rebusanya ke dalam gelas.
  3. Tambahkan madu beberapa sendok sebagai perasa dan siap diminum selagi hangat.

Selesai dan konsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

Untuk luar tubuh

Penggunaan dlingo untuk luar tubuh biasanya dilakukan dengan cara menumbuk bagian daun maupun rimpang, berikut caranya.

Cara mengolah :

  1. 3 lembar daun (cuci)
  2. 1 rimpang sebesar telunjuk (cuci)
  3. 2 sdm beras (rendam 2 jam)
  4. Air secukupnya

Langkah pengerjaan :

  1. Tumbuk halus rimpang dan daun hingga halus.
  2. Tumbuk juga hingga halus beras yang telah direndam.
  3. Campurkan semua bahan menjadi satu dan siap digunakan.

Cara menggunakanya sama seperti memakai lulur kulit, campuran rimpang dan daun dlingo serta beras diaplikasikan pada permukaan tubuh yang dinginkan seperti persendian, dahi (untuk demam) atau bagian otot yang kram.

Note : Sekali lagi perlu digaris bawahi ialah, meski tumbuhan dlingo memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh akan tetapi harap berhati-hati dan tidak berlebihan dalam penggunaan.

Mengapa? Ini karena bagian daun dan rimpang Acorus calamus memiliki kandungan senyawa β-asarone yang bersifat racun bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan jangka panjang.

Selain itu ada juga rumor bahwa tanaman satu ini cukup panas yang mana dalam artian lain memiliki efek samping cukup berbahaya dan juga diklaim bisa memicu kanker. Meskipun begitu ini masih perlu pengujian lebih lanjut, terutama dampak efek samping maupun manfaat yang diberikan pada tubuh.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan ialah tidak mengkonsumsinya secara sembarangan tanpa diketahui takaran ataupun dosis yang tepat.

Note : Informasi yang terkandung pada artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk sebagai saran medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :



Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel