CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Jambu Biji [Manfaat, Cara Memberikan & Efek Samping] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Jambu Biji [Manfaat, Cara Memberikan & Efek Samping]

gambar jambu biji hijau
Sumber foto : pixabay/new_abdul17
Healty99 - Kelinci merupakan hewan peliharaan yang lucu dan aktif, secara umum mereka adalah herbivora yang hanya memakan dedaunan dan buah-buahan. Namun apakah semua makanan tersebut aman untuk mereka, contohnya seperti yang akan kita bahas kali ini mengenai buah jambu biji.

Apakah kelinci boleh makan jambu biji, mengingat buah satu ini kaya akan kandungan nutrisi baik untuk kesehatan kita. Lantas apakah hal yang sama juga berlaku pada mereka jika memakanya?

Baca juga : Obat Kudis Alami Untuk Kelinci

Kelinci Makan Jambu Biji

Tidak perlu khawatir, kelinci boleh makan segala jenis buah jambu biji dan bahkan ada banyak manfaat bagi mereka. Buah satu ini tidak hanya manis, tetapi juga mengandung banyak serat yang membantu kelinci untuk memperbaiki gigi dan sistem pencernaannya.

Setidaknya jambu biji mengadung profil nutrisi yang diantaranya ada karbohidrat, gula serat makanan, vitamin A, C vitamin B6, besi, vitamin K, seng dan lain-lain.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Ketakutan

Meski jambu kaya manfaat bagi peliharaan kamu, namun ada beberapa poin penting yang harus kamu ketahui. Salah satunya ialah kapasitas porsi makan jambu biji yang di anjurkan, baik dewasa maupun anakan.

Manfaat jambu biji untuk kelinci

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat kelinci dari makan buah jambu biji secara cukup dan tidak berlebihan, salah satunya ialah sebagai berikut.

Baca juga : 

1. Melancarkan pencernaan

Buah jambu kaya akan kandungan serat makanan, ini sangat baik untuk sistem pencernaan peliharaan kamu karena bisa mencegah masalah sembelit dan infeksi pada usus.

2. Menjaga kesehatan gigi, tulang dan otot

Jambu biji baik dalam hal menjaga kesehatan gigi, tulang dan otot supaya tetap kuat. Manfaat ini tentunya sangat penting mengingat kelinci adalah hewan pengerat yang aktif dan suka bergerak.

Baca juga : Mengapa Kelinci Tidak Mau Maka Dan Minum?

3. Meningkatkan daya tahan

Adanya kandungan vitamin C dan sejumlah mineral pada buah yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

Hewan yang kekurangan vitamin C dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kulit seperti kudis, scabies dan sejenisnya.

4. Menjaga kesehatan mata

Selain menjaga kesehatan gigi, jambu nyatanya juga baik untuk mata. Memberikan secara cukup buah pada kelinci dapat memberikan perlindungan kesehatan mata mereka, ini juga membantu mereka untuk melihat saat malam hari.

Baca juga :

Nah, itulah manfaat jambu biji untuk kelinci secara umum yang bisa kamu ketahui, meski sebenarnya masih lagi yang bisa didapat.

Cara memberikan

Sebenarnya tidak ada cara spesial dalam memberikan jambu biji pada hewan pelompat satu ini, bahkan kamu bisa memberikan buah dalam bentuk utuh dengan ada biji dibagian dalamnya.

Sebagai contoh, kamu bisa memberi jambu sebesar ukuran tinju orang dewasa untuk kelinci berukuran besar dan 1/2 buah untuk jenis kelinci yang berukuran kecil.

Baca juga : Cara Mengatasi Kelinci Yang Sedang Lemas & Lesu

Selain itu jadikan jambu sebagai cemilan mereka yang hanya boleh diberikan 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan tidak lebih.

Kelinci makan biji jambu

Tidak perlu takut akan hal ini, kelinci pada dasarnya dapat memakan biji dari jambu secara keseluruhan. Akan tetapi yang perlu kamu ketahui ialah tidak memisahkan antara daging dan buah, karena itu tidak bagus.

Lagipula pencernaan kelinci tidak bisa menetralisir biji, oleh karena itu biarkan bentuk buah secara utuh supaya biji dan daging dapat dikatogorikan makanan yang aman buat mereka.

Baca juga : 

Jambu biji yang berulat

Apa yang terjadi jika kelinci memakan jambu biji yang sudah berulat atau ada belatungnya? Tidak ada masalah, jambu yang tumbuh secara liar biasanya di hinggapi lalat buah untuk media bertelur, sehingga saat buah matang maka akan ada beberapa ekor belatung didalamnya.

Oleh karena itu tidak ada masalah karena pada dasarnya ulat tersebut akan mati begitu masuk pencernaan, namun tetap harus kamu perhatikan dengan jangan memberikan jambu yang sudah busuk menghitam.

Baca juga :

Efek samping dan bahaya

Jambu biji memang memiliki sejumlah manfaat bagi peliharaan kamu, akan tetapi itu jika diberikan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Mengapa? Meski buah yang dikenal dengan nama guava ini bagus untuk sistem pencernaan, tetapi terlalu banyak memakanya bisa menimbulkan efek sebaliknya.

Kelinci dapat memakan buah jambu biji karena itu bagus untuk mereka mengingat kandungan serat dan vitamin, namun terlalu banyak makan jambu justru bisa memicu masalah diare, mencret hingga sakit perut.

Jika sudah begitu tentu mereka akan merasa kurang sehat dan enggan untuk makan ataupun beraktivitas seperti biasa.

Baca juga : Bahaya Kentang Untuk Kelinci

Adapun beberapa hal yang kamu harus hindari saat memberikan jambu biji pada kelinci antara lain ialah jangan berikan mereka buah dalam kondisi benyek (lembut), setengah busuk, sisa bekas hewan lain dan terdapat banyak ulat didalamnya.

Oleh karena itu jika kamu hendak memberikan mereka buah sebagai makanan, maka berikan jambu yang bersih dengan di cuci terlebih dahulu dan matang namun masih bertekstur renyah.

Bagaimana dengan biji?

Kelinci dapat memakan biji dari buah jambu biji itu sendiri, tetapi secara utuh dan tidak terpisah dengan daging buah.

Meski biji tidak membuat kematian, namum pencernaan mereka tidak bisa mencerna biji, untuk itu daging buah bisa mencegah masalah pada sistem pencernaan mereka saat memakan biji.

Bagaimana dengan jus?

Jus adalah bentuk lain dari olahan, jus pada dasarnya tidak mengurangi kandungan buah secara keseluruhan karena tidak terjadi proses pemanasan. Akan tetapi jus memiliki kandungan banyak air, terlebih lagi jika kamu menghaluskanya dengan dilakukan penambahan air.

Meski olahan jus dapat menjaga mereka dari masalah dehidrasi karena adanya kandungan air, namun faktanya kelinci tidak membutuhkan asupan air dari makanan mereka terlalu banyak.

Terlalu banyak air dimakanan kelinci justru hanya akan meningkatkan resiko mereka mengalami masalah pencernaan seperti diare, sakit perut dan infeksi bakteri.

Oleh karena itu bentuk buah utuh selagi segar adalah hidangan yang terbaik dan menyehatkan buat mereka.

Selain itu jus kemungkinan besar juga ada terdapat sejumlah bahan tambahan seperti gula, susu, pemanis atau lainnya, tentu ini tidak baik buat peliharaan kamu karena kelinci tidak membutuhkan gula tambahan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel