CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Hamster tidak Mau Makan dan Minum - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Hamster tidak Mau Makan dan Minum

gambar hamster orange
Suber foto : istockphoto
Healty99 - Memiliki hamster yang aktif, gemuk dan suka makan tentu menjadi kepuasan sebagai pemilik, tetapi faktanya bagimana jika peliharaan kamu mogok makan atau minum.

Hammy merupakan hewan yang gemar makan dan bermain secara aktif, hal yang aneh jika mereka tiba-tiba diam serta terjadi perubahan sifat secara mendadak.

Baca juga : Penyebab Ekor Hamster Basah Dan Cara Mengobatinya

Pasalnya setiap mahluk hidup pasti membutuhkan nutrisi untuk keberlangsungan hidup, karena jika tidak mereka akan mati dalam beberapa hari saja.

Oleh karena itu, sebagai tuan pastikan kamu mengetahui apa yang sedang terjadi pada peliharaan kamu dan langkah apa yang harus kamu ambil.

Hamster tidak Mau Makan dan Minum

Ada beberapa penyebab mengapa hamster peliharaan kamu engan makan dan minum, sekalipun itu kamu berikan dengan makanan yang mereka sukai namun tetap saja tidak dimakan dan hanya di endus mereka.

Baca juga : Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Hamster

Oleh karena itu berikut beberapa indikasi mengapa hammy kamu tidak mau makan dan minum dalam keseharian.

1. Sakit

Segala mahluk hidup yang sakit atau sedang mengalami masalah kesehatan tentu nafsu makan akan berkurang, hal yang sama juga berlaku pada manusia dan hewan lainnya.

Hamster pun sama mereka akan mogok makan, dengan kata lain nafsu makan mereka telah hilang karena sakit yang dialami.

Baca juga : 4 Jenis Pakan Serangga Yang Baik Untuk Hammy

Beberapa penyakit tersebut bisa saja meliputi gangguan pencernaan, diare akut, sembelit, peradangan atau pembengkakan, infeksi dan penyakit dalam.

Untuk mengatasi masalah seperti ini maka ada bagusnya segera kamu periksakan peliharaan ke dokter hewan, sehingga kamu bisa mengetahui apa penyebab dan mengapa bisa terjadi. 

2. Ketakutan dan kecemasan

Penyebab hamster tidak mau makan dan minum selanjutnya bisa dikarenakan mereka takut, cemas atau gugup. Masalah ini biasa terjadi pada hammy yang baru saja dipindahkan dari tempat lain ke tempat baru.

Baca juga : Ciri-Ciri Hamster Sedang Stress

Selain itu, pengaruh lingkungan juga bisa sangat kuat, contohnya kamu meletakan mereka pada tempat penuh dengan keramaian, suara bising atau adanya predator lain seperti kucing dan sejenisnya.

Hamster yang takut cenderung akan bersembunyi saat ada yang mendekatinya, bahkan reaksi takut mereka bisa tidak mau keluar hanya sekedar untuk makan.

Kondisi seperti ini bisa kamu coba dengan meletakan mereka pada tempat yang aman dan sunyi, selain itu berikan banyak makanan di tempat-tempat yang menjadi persembunyian mereka seperti lubang ataupun sarana bermain.

Baca juga : 9 Penyebab Mengapa Induk Hammy Mau Makan Anaknya

3. Ancaman dari hamster lain

Meletakan banyak hammster dalam satu kandang besar terkadang bukan ide yang baik. Mengapa? Tidak semua hammy memiliki sifat yang sama, terlebih meletakan jenis-jenis hamster yang berbeda pada satu tempat.

Mereka mungkin saja sebagian bersifat agresif dan teritorial sehingga enggan untuk berbagi makanan pada teman satu kandang.

Akibatnya hamster lain akan merasa terancam dan terintimidasi, pada akhirnya takut keluar hanya untuk mengambil beberapa potong biji-bijian.

Baca juga : Cara Merawat Anak Hamster Yang Di Tinggal Induk

4. Makanan yang kotor

Penyebab berikutnya bisa dikarenakan makanan mereka kotor, terkontaminasi kotoran mereka sendiri ataupun zat kimia berbahaya dan beracun. 

Hewan sejatinya memiliki penciuman yang tajam dan dapat mengetahui mana makanan yang aman bagi mereka dan berbahaya hanya dari aroma.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa hamster tidak mau makan dan minum dalam beberapa hari.

Baca terus informasi lainnya dihealty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel