CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Semangka [Manfaat, Cara Memberikan & Efek Samping] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Semangka [Manfaat, Cara Memberikan & Efek Samping]

gambar kelinci makan buah semangka
Sumber foto : istock
Healty99 - Semangka merupakan jenis buah berair, manis dan menyegarkan yang sangat cocok dinikmati saat musim panas. Semangka termasuk dalam kategori buah berry, hal ini juga membuatnya menjadi salah satu makanan yang baik untuk sistem pencernaan.

Buah semangka memiliki profil nutrisi yang diantaranya ada karbohidrat, kalsium, magnesium, kalium, vitamin A, B1, B2, B3, C dan yang pasti tinggi akan serat serta air.

Baca juga : Obat Alami Untuk Atasi Scabies Kelinci

Terlepas dari banyak kandungan nutrisi yang ada, lalu bolehkah kelinci memakan buah semangka?

Mungkin kamu ingin membagi sedikit kepada peliharaan kamu dengan tujuan supaya mereka bisa menikmati dan mendapatkan manfaat yang terkandung. Namun apakah itu aman dan boleh?

Kelinci Makan Semangka

Tidak perlu khawatir, kelinci bisa makan buah semangka sebagai salah satu sumber makanan bernutrisi. Bahkan mereka mungkin akan sangat senang menikmati suguhan seperti buah-buahan.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Ketakutan

Terlebih gigi mereka yang manis sangat mudah untuk mengerus bagian kulit yang sedikit lebih keras ketimbang isi dalam buah.

Secara umum kebanyakan kelinci sangat menyukai semangka, meski buah satu ini memiliki beragam nutrisi tetapi tidak dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu sebaiknya tidak memberikan mereka terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak.

Manfaat buah semangka

Semangka sangat cocok dinikmati saat cuaca panas, ini juga berlaku pada kelinnci sebagai makanan mereka dengan tujuan agat tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga tubuh mereka agar tetap sehat.

Baca juga : Cara Agar Kelinci Mengenali Kita

Namun sebenarnya buah satu ini tidak memiliki manfaat khusus bagi peliharaan kamu, mengingat walaupun memiliki beragap nutrisi tetapi kandungan nutrisinya relatif cukup rendah.

Selain itu kandungan gula yang cukup tinggi bisa menjadi penyebab mengapa sebaiknya tidak kamu berikan dalam jumlah yang banyak.

Tetapi untungnya tidak seperti manusia, kelinci bisa dengan mudah makan kulit semangka, ini menjadikannya sumber serat makanan yang sangat baik dan tidak ditemukan pada camilan kellinci lainnya.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Dalam Kedinginan

Semangka terdiri dari sekitar 90% air dan 0,4 gram serat /100g, dalam jumlah yang cukup maka bisa memberikan manfaat dalam melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit serta mecegah dehidrasi.

Cara memberikan

Cukup mudah untuk memberikan buah bundar ini pada peliharaan kamu, secara umum kelinci dapat dengan mudah memakan semangka dalam bentuk utuh. 

Mereka secara perlahan akan mengerogoti buah dari kulit hingga ke bagian dalam menggunakan gigi depan.

Baca juga : Mengapa Kelinci Tidak Mau Maka Dan Minum?

Tetapi ada beberapa point penting yang bisa kamu ketahui, yang pertama bagian kulit lebih baik ketimbang bagian daging buah. 

Ini karena kandungan airnya jauh lebih sedikit, bertekstur padat serta rendah akan gula.

Meski daging buah tidak berbahaya bagi peliharaan kamu dan boleh saja diberikan, tetapi faktanya memang lebih baik memberikan mereka bagian daging kulit yang berwarna putih.

Selain itu hindari mereka dari semangka yang ada bijinya. Biji tidak dapat dicerna dengan baik oleh keliinci, jadi harap kamu membeli semangka tanpa biji atau dengan membersihkan biji terlebih dahulu sebelum dimasukan kedalam kotak makanan peliharaan kamu.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit

Singkatnya, kamu bisa memberikan buah semangka secara utuh pada kelinci, tetapi untuk jenis yang tanpa biji atau jenis semangka biji putih (sedikit muda). 

Jika memang mendapatkan yang berbiji maka sebaiknya kamu potong-potong buah menjadi lebih kecil dan membuang satu persatu bagian biji.

Selanjutnya pastikan juga kamu mencuci bagian kulit semangka sebelum kamu hidangkan kepada mereka, bagian kulit bisa saja terkontaminasi kotoran atau pestisida dari petani sebelumnya.

Porsi dalam sehari

Karena makanan satu ini mengandung banyak sekali air & serat, maka kamu disarankan untuk tidak memberikan asupan makanan dalam jumlah banyak dan setiap hari pada peliharaan kamu.

Baca juga : Cara Mengatasi Kelinci Yang Sedang Lemas & Lesu

Untuk kelinnci berukuran kecil kamu bisa berikan potongan berukuran 1 inci, ini sudah cukup sebagai camilan sesekali. Sementara kelinci yang lebih besar mungkin dapat menikmati 1 cangkir penuh tanpa masalah dengan gula darah.

Tetapi yang pasti semangka hanya sebagai makanan cemilan dan tidak dijadikan makanan pokok mereka. 

Mengingat profil nutrisi yang terkandung tidak cukup melimpah serta tidak banyak memberikan manfaaat bagi peliharaan kamu.

Baca juga : Penyebab Kelinci Tampak Gemetaran

Bahaya dan efek samping

Sebenarnya semangka bukanlah buah yang beracun dan berbahaya bagi kelinci, tetapi karena tingginya kandungan air dan serat pangan membuatnya menjadi salah satu makanan yang tidak boleh di konsumsi setiap hari.

Meski serat dan air memiliki manfaat dalam sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, tetapi faktanya kelebihan serat dan air juga bisa membuat masalah kesehatan di kemudian hari.

Salah satu contohnya ialah meningkatkan resiko diare, sakit perut, kembung, begah, sulit berakitivitas serta membuat malas.

Baca juga : Tanda-Tanda Kelinci Akan Mati

Terlalu banyak meletakan buah dalam wadah makanan mereka juga tidak bagus, mengingat kelinci tidak banyak makan dalam sehari, sehingga sisa buah akan memicu hewan lain seperti lalat untuk hinggap.

Kita tahu bahwa lalat membawa sumber penyakit seperti bakteri dan virus, jika buah dimakan peliharaan kamu maka bisa meningkatkan resiko diare ataupun gangguan pencernaan.

Selain itu biji buah semangka juga tidak bagus untuk kelinci, karena terdapat toksisitas didalamnya. Meski tingkat toksisitasnya sangat rendah namun ada kemungkinan kecil untuk memicu mereka muntah jika terlalu berlebihan terkonsumsi.

Baca juga : Ciri Ciri Kelinci Sedang Kepanasan

Nah, itulah perihal mengenai buah semangka untuk kelinci.

Secara singkat kamu boleh saja memberikan mereka asupan makanan satu ini, tetapi yang pasti tidak untuk jumlah yang banyak dan berlebihan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com sepuar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel