CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Daftar Sayuran yang Cocok untuk Kura-Kura - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Daftar Sayuran yang Cocok untuk Kura-Kura

gambar kura kura lagi makan sayuran
Sumber foto : pixabay/dodo71
Healty99 - Secara harfiah kura-kura merupakan hewan omnivora. Meski mungkin beberapa diataranya ada yang herbivora, namun dialam liar kebanyakan mereka dapat memakan apapun. Termasuk itu dedaunan, buah-buahan dan hewan-hewan kecil seperti ikan ataupun serangga.

Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya tidak membahas mengenai makanan kura-kura secara umum, tetapi lebih ke pada jenis sayuran atau dedaunan yang aman dan bagus.

Ini juga bisa menjadi patokan buat kamu mana yang lebih baik sekaligus mengetahui seberapa banyak porsi atau ukuran dalam memberikan pakan.

Sayuran yang Bagus untuk Kura-Kura

Kebanyakan kura-kura entah itu kura-kura brazil atau lainnya lebih menyukai jenis sayuran dan dedaunan yang tidak terlalu keras, mengandung air, tidak berduri serta tajam.

Sebagai contoh berikut beberapa di antaranya :

  1. Selada air
  2. Selada biasa
  3. Sawi
  4. Wortel
  5. Daun kacang
  6. Kangkung
  7. Labu air
  8. Kaktus oputia
  9. Daun pakis
  10. Bunga kembang sepatu
  11. Daun kenikir
  12. Kol & kembang kol
  13. Bayam
  14. Kacang panjang
  15. Buncis
  16. Asparagus
  17. Lobak
  18. Brokoli
  19. Pakcoy
  20. Daun pepaya
  21. Daun talas
  22. Azolla
  23. Genjer
  24. Daun katu

Berapa banyak porsi dalam sekali makan?

Sebenarnya tidak ada acuan pasti berapa banyak dan berapa kali kura-kura makan sayuran dalam sehari. Tetapi hewan satu ini sebenarnya bisa makan 3 sampai 4 kali dalam minggu.

Namun sebagian besar spesies kura-kura yang dipelihara sebaiknya lebih sering diberi makan setiap 2 kali sehari. Terutama saat pagi dan menjelang sore hari, karena itu waktu yang pas buat mereka.

Banyaknya jumlah makan itu tergantung daripana besar dan berat tubuh mereka. Tetapi secara garis besar kura-kura dapat makan sekitar 7 sampai 20 persen dari berat tubuh mereka.

Akan tetapi ini tidak pasti, mengingat kebutuhan setiap ukuran dan jenis bisa berbeda-beda. Oleh karena itu kamu mungkin bisa tanyakan pada dokter hewan untuk mendapatkan porsi yang sesuai dengan umur peliharaan kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan bertempurung ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel