CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat & Efek Samping dari Mengkonsumsi Biji Nangka - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat & Efek Samping dari Mengkonsumsi Biji Nangka

gambar biji buah nangka
Sumber gambar : pixabay/Carlrubino
Healty99 - Nangka merupakan tanaman tropis yang umumnya dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia. Pastinya kamu pernah makan buah bukan? Rasanya yang manis dan sedikit renyah tentu tidak akan cukup jika hanya memakan satu buah saja.

Terlepas dari rasa buahnya yang enak, tetapi pernahkah kamu mengkonsumsi bagian bijinya? Biji nangka atau masyarakat Jawa menyebutnya beton kerap dikonsumsi sebagai bahan makanan alternatif.

Bahkan faktanya bisa juga diolah menjadi cemilan seperti keripik, tepung atau kudapan manis lainnya. Biji nangka dapat menjadi pengganti nasi putih, singkong atau jagung, mengingat beton memiliki karbohidrat dan zat pati yang terbilang tinggi.

Manfaat dan Efek Samping Biji Nangka

Biji buah nangka biasanya direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, tetapi adapula yang diolah dengan cara di panggang atau dibakar.

Buat kamu yang penasaran dengan rasanya, daging biji nangka memiliki rasa hambar dan terkadang sedikit rasa manis-manis kuku dengan aroma khas nangka.

Namun terlepas dari rasanya yang hambar, tahu kah kamu bahwa ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi beton alias biji nangka.

Manfaat untuk tubuh

Biji nangka memiliki kandungan nutrisi yang diantaranya terdapat karbohidrat, protein dan beberapa mineral serta vitamin berupa riboflavin, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, thiamin dan fosfor.

Dengan kandungan nutrisi tersebut ini dapat membantu memenuhi kebutuhan energi yang cukup besar untuk tubuh. Bahkan tidak cukup sampai disitu saja, adapun beberapa manfaat lain dari mengkonsumsi biji nangka, berikut diantaranya.

1. Membantu pergerakan usus

Serat yang terkandung pada biji nangka memiliki manfaat untuk membantu melancarkan pergerakan usus, sehingga pada akhirnya akan membuat siklus sistem pencernaan sekaligus pembuangan feses menjadi lebih teratur.

Tetapi ini juga harus kamu imbangi dengan memperbanyak minum air putih serta sesekali mengkonsumsi buah-buahan, mengingat biji nangka tinggi zat pati.

2. Mengurangi kolesterol

Makanan yang kaya serat dapat membantu penyerapan lemak berlebih pada usus, dengan begitu pada akhirnya usus tidak memiliki waktu cukup untuk menyerap lemak kedalam tubuh.

Penyerapan lemak yang terkontrol tentu akan berpengaruh pada kesehatan, bahkan bisa menguragi resiko obesitas, masalah kolesterol jahat, serangan jantung dan masalah gangguan aliran darah.

3. Memperkuat tulang, otot dan gigi

Tahukah kamu bahwasanya kandungan vitamin dan mineral seperti magnesium, kalium, fosfor dan zat besi pada biji buah nangka bisa membantu dalam dalam memperkuat tulang, otot dan gigi kamu.

Namun tentunya ini tidak dengan hanya mengkonsumsi biji nangka saja sudah cukup, mengingat kamu juga memerlukan asupan gizi lainnya dari beragam makanan.

4. Membuat cepat kenyang

Buat kamu yang ingin diet atau sedang masa penurunan berat badan, biji nangka mungkin bisa kamu andalkan.

Biji buah nangka mengandung zat pati yang mana merupakan kandungan kabohidrat. Hanya dengan mengkonsumsi beberapa butir biji bisa mebuat kamu cepat kenyang, sehingga dapat mengurangi nafsu makan berlebih.

5. Mencegah infeksi pencernaan

Biji nangka diklaim memiliki kemampuan antimikroba alami, yang mana ini bisa berguna mengatasi gangguan sistem pencernaan terkait infeksi bakteri yang terbawa masuk saat mengkonsumsi makanan.

6. Efektivitas anti-kanker

Beberapa senyawa pada biji nangka ada yang bersifat antioksidan bagi tubuh. Kita tahu bahwa antioksidan sangat dibutuhkan, terutama dalam mencegah radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki kerusakan sel dan masih banyak lagi.

Meskipun begitu pembuktian ini berdasarkan sifat kandungan senyawa yang ada di dalam beton alias biji dari buah nangka tadi.

Efek Samping Bagi Tubuh

Biji nangka memang bisa menjadi sumber makanan alternatif layaknya penganti nasi, jagung atau ubi singkong. Lagipula terdapat juga sejumlah kandungan gizi pada makanan yang bisa membantu kebutuhan tubuh.

Akan tetapi perlu kamu ketahui ialah biji nangka tidak di sarankan untuk kamu konsumsi secara berlebihan setiap hari. Mengingat ada juga kemungkinan resiko atau sisi negatif bagi tubuh untuk kedepanya.

Untuk itu berikut beberapa efek samping atau bahaya yang bisa terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi biji nangka.

1. Tidak banyak nutrisi

Meskipun biji buah nangka memiliki kandungan vitamin dan mineral, tetapi pada kenyataanya itu tidak cukup komplek bagi tubuh sehingga sangat di sarankan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu terdapat kandungan tanin dan trypsin yang merupakan zat sebagai anti-nutrisi, zat tersebut mampu mencegah penyerapan sejumlah nutrisi masuk kedalam tubuh.

2. Keracunan

Biji buah nangka mengandung zat yang dapat menggangu sistem pencernaan jika terlalu banyak di konsumsi, salah satu contohnya ialah sakit perut, kram, diare, mual, pusing dan muntah-mutah.

Namun kandungan zat tersebut sebenarnya dapat dikurangi dengan dilakukan proses pemasakan benar-benar matang.

3. Tidak disarankan dikonsumsi bersamaan obat

Biji nangka sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi saat bersamaan dengan mengkonsumsi obat-obatan karena itu bisa mengganggu penyerapan.

Jadi hindari sesaat biji nangka, baik itu yang rebus, panggang atau yang dibakar.

4. Memicu sembelit

Beton merupakan makanan yang kaya serat, tetapi ia juga kaya kandungan zat pati alias karbohidrat. Selain itu makanan satu ini juga rendah kandungan air.

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsinya dan kurang minum air serta buah-buahan, maka besar kemungkinan feses kamu akan mengeras serta masalah sembelit (susah BAB).

Nah itulah beberapa manfaat & efek samping dari mengkonsumsi biji nangka untuk tubuh yang bisa kamu ketahui.

Note : Informasi yang terkandung didalam artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk saran sebagai medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar makanan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel