CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penggunaan Micin (Ajinomoto / MSG) untuk Tomat [Manfaat & Dosis Penerapan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penggunaan Micin (Ajinomoto / MSG) untuk Tomat [Manfaat & Dosis Penerapan]

gambar tanaman buah tomat merah
Sumber gambar : pixabay/kie-ker
Healty99 - Bolehkah memberikan micin / ajinomoto (msg) untuk tanaman tomat? Dan jika boleh berapa dosis alias takaran dalam sekali pemberian? Tomat merupakan tanaman yang mudah tumbuh, oleh karena itu ini membuatnya kerap dibudidayakan walau hanya dengan menggunakan pot dirumah.

Memberikan tanaman tomat dengan micin pada dasarnya dapat kamu lakukan, lagipula ada sejumlah nutrisi pada micin yang memang dibutuhkan oleh beberapa tumbuhan. Akan tetapi ini tidak menjadikan bahwa micin bisa kamu jadikan sebagai pupuk.

Nah buat kamu yang penasaran lebih detail, simak dibawah ini selengkapnya sampai selesai.

Micin (MSG) untuk Tomat

Apa itu micin? Micin alias merek dagang ajinomoto adalah mononatrium glutamat, monosodium glutamat, atau natrium/sodium glutamat (MSG). Ini merupakan garam natrium yang memiliki bentuk kristal halus berwarna putih cerah.

Micin umumnya digunakan sebagai penyedap atau penambah rasa dari sebuah masakan dengan menaburkanya secara langsung.

Namun terpelas dari penerapan pada makanan, faktanya micin juga bisa bermanfaat bagi tanaman loh. Termasuk itu jika kamu ingin memberikanya pada beberapa jenis tanaman tomat dirumah.

Setidaknya berikut beberapa manfaat dari memberikan micin (ajinomoto) untuk tomat yang bisa kamu ketahui.

1. Membantu penyerapan air

Garam mineral satu ini memiliki kemampuan untuk mengikat kandungan air pada tumbuhan dan dalam tanah. Kemampuan tersebut mirip seperti garam laut kasar yang kita kenal didapur, itulah mengapa micin bisa mengurangi resiko tanaman dari kekurangan air.

Mineral natrium yang merupakan faktor utama mengapa kondisi tersebut bisa terjadi. Natrium diketahui bisa menyerap sejumlah air dari lingkungan sekitar tanaman, terutama air yang berasal dari dalam tanah.

2. Merangsang tanaman tomat

Micin mengandung unsur nitrogen (N) yang cukup tinggi, unsur satu ini memang pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh tanaman tomat untuk tubuh, terlebih lagi pada saat masa pertumbuhan memasuki fase vegetatif.

Meski penyedap satu ini pada awalnya tidak diperuntukan untuk tanaman, tetapi kandungan nitrogen dalam micin bisa memicu pertumbuhan dari benih hingga bunga.

3. Menyuburkan tanaman

Micin atau ajinomoto dapat membantu menyuburkan tanaman dengan melebatkan daun batang, buah sekaligus warna menjadi lebih tampak segar, bisa dibilang ini berperan sebagai booster.

Bahkan tidak hanya pada tomat saja, kamu bisa menggunakan penyedap satu ini untuk beberapa tanaman lain seperti pakcoy, kacang pajang, seledri dan strawberry.

4. Mencegah serangan penyakit

Tidak hanya nitrogen, nyatanya terdapat juga unsur K (kalium) pada penyedap anjinomoto. Unsur kalium sangat berguna untuk meningkatkan ketahanan fisik tanaman tomat kamu, terutama dari serangan penyakit serta infeksi hama.

Unsur kalium tersebut juga bisa memicu dalam mengatur sekalgus memaksimalkan waktu pembukaan dan penutupan stomata tumbuhan menjadi lebih baik.

Dampaknya ialah sistem metabolisme dan fotosintesis menjadi lebih baik, bahkan berefek pada meningkatkan daya tahan tanaman tomat dari serangan penyakit serta sekaligus memaksimalkan hasil produksi.

5. Pupuk tambahan alternatif

Ajinomoto bisa kamu terapkan sebagai pupuk alternatif atau tambahan sekali-kali, lagipula dengan pemberian secara benar dan sesuai dosis ini bisa memberikan dampak positif terhadap tanaman tomat kamu.

Oleh karena itu memberikan sebanyak 1 atau 2 minggu sekali bisa kamu lakukan.

Akan tetapi yang perlu kamu ketahui ialah sebaiknya untuk tidak memberi micin (msg) sesering mungkin, mengingat kandungan nutrisi yang tertera didalamnya tidak begitu seimbang.

Jadi tipsnya ialah pastikan juga kamu beri pupuk jenis pupuk kotoran hewan atau pupuk kandang fermentasi yang kaya mikro organisme serta unsur hara.

6. Mempercepat buah

Buat kamu yang memiliki tanaman tomat dan tidak berbuah-buah, cobalah untuk berikan micin di sekitar akar. 

Mineral garam satu ini memiliki unsur dasar makro (NPK) dan mikro yang bisa membantu memaksimalkan hasil produksi tanaman.

Pemberian bisa kamu terapkan jika memang telah memberikan pupuk kandang tetapi belum mendapatkan hasil yang dinginkan.

Cara Memberikan & Penerapan

Buat kamu yang ingin memberikan micin alias ajinomoto untuk tanaman tomat, berikut mengenai dosis serta takaran dalam sekali pemberian.

Cara memberikan

Penggunaan micin untuk tomat, baik itu tomat ceri atau tomat besar kamu bisa aplikasikan secara langsung dengan cara menaburkan bubuk micin pada bagian sekitar akar dengan jarak dari tanaman 5 - 10 cm.

Pastikan tidak diberikan terlalu dekat dan tidak pada bagian permukaan daun atau batang karena itu bisa membakar tanaman.

Cara lainnya kamu bisa dengan melarutkan micin terlebih dengan beberapa liter air, kemudian baru disiramkan pada tanaman secara perlahan.

Berapa takaran / dosis dalam sekali pemakaian?

Banyaknya dosis / takran dalam sekali pemberian micin untuk tomat pada dasarnya tergantung dari jumlah polulasi tanaman itu sendiri. Sebagai acuan kamu dapat memberikan sekitar 1 sdt atau 5 gram micin untuk setiap satu pot atau 1 batang tomat.

Alternatifnya kamu bisa melarutkan 5 gram micin dengan satu liter air, kemudian di siramkan pada tomat setiap 1 atau 2 minggu sekali.

Nah, itulah beberapa manfaat ajinomoto alias micin (msg) untuk tanaman tomat yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tomat.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel