CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips & Cara Menjinakan Burung Perkutut Liar - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips & Cara Menjinakan Burung Perkutut Liar

gambar burung pekutut
Sumber foto : pixabay/TheOtherKev
Healty99 - Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung yang keberadaanya melimpah di Indonesia. Sebagian orang umumnya menangkap dan memperjual belikan perkutut sebagai peliharaan, ini karena mereka memiliki suara yang khas sekaligus mudah untuk dirawat.

Akan tetapi burung yang di tangkap dari alam liar biasanya memiliki sifat alami cukup agrsif, terutama terhadap mahluk baru yang mendekati mereka. Berbeda jika sebelumnya burung di pelihara dari telur, menetas kemudian hingga besar.

Namun kamu tidak perlu khawatir, pasalnya ada beberapa cara dalam menjinakan burung perkutut saat yang bisa kamu coba. Dengan begitu nantinya burung tersebut dapat akrab dan tidak merasa khawatir saat di sentuh.

Menjinakan Burung Perkutut Liar

Pada dasarnya liar dan agresif merupakan sifat alami hewan yang hidup dialam, mereka sebenarnya takut terhadap manusia dan lebih memilih menjauh atau tidak mau di sentuh.

Penyebabnya ialah karena mereka masih belum percaya, tidak nyaman serta takut terhadap mahluk yang lain jenis. Oleh karena itu tugas kamu hanya sederhana, cukup dengan mendapatkan kepercayaan mereka maka mereka akan jinak terhadap kamu.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba terapkan dirumah.

1. Mandikan rutin

Kegiatan rutin yang bisa menjinakan peliharaan dengan tuan ialah perawatan, salah satu bentuknya ialah dengan memandikan mereka secara rutin dan berkala.

Ini bukan tanpa sebab, pasalnya dengan memandikan rutin burung perkutut maka kamu telah melakukan interaksi secara langsung dengan meyentuhnya. Meski mungkin mereka akan berontak & mengeliat, tetapi itu wajar sebagai bentuk pertama kalinya.

Hal yang dapat kamu lakukan ialah perlakukan mereka secara lembut dan tidak kasar, terutama saat membilas ataupun membersikan tubuh dengan air.

Selain itu ada banyak manfaat dari memandikan burung secara rutin selain untuk tujuan menjinakan, contohnya menjaga kebersihan tubuh agar tidak mudah terserang kutu serta terinfeksi berbagai penyakit akibat tubuh yang kotor.

2. Beri makan burung

Berikutnya pastikan kamu memberi burung perkutut dengan makanan kesukaanya. Sebagian orang mungkin ada yang membuat burung agar merasa lapar dengan mengurangi jatah makan mereka, tujuanya ialah supaya burung mau tidak mau harus memakan makanan dari pemberian manusia akibat rasa lapar.

Tetapi cara tersebut sebaiknya dihindari, berilah mereka makanan sesuai dengan porsinya. Makanan burung perkutut terbaik adalah biji-bijian dan serangga, contohnya seperti milet, ketan, gabah dan beberapa serangga kecil lainnya.

Sesekali kamu bisa coba untuk memberikan mereka makanan secara langsung memakai tangan, sehingga burung tersebut menganggap kamu tidak berbahaya bagi mereka.

Namun jika reaksi burung menjauh dan justru merasa tidak nyaman, segera hindari memberikan pakan dengan tangan kamu.

3. Perbanyak interaksi

Perbanyak interaksi yang dimaksud ialah perbanyak komunikasi antara peliharaan dengan tuan. Selain dengan pemberian makan dan memandikan mereka secara rutin, interaksi lainnya ialah dengan memanggil burung dengan suara.

Seperti mengajak berbicara tetapi menyerupai suara mereka, sehingga nantinya burung akan mencari tahu sumber suara tersebut dan tampak lebih tertarik. Cara ini juga sangat di sarankan untuk supaya perkutut gacor dan rajin bunyi.

Sesekali menyentuh dan mengusap tubuh mereka tidak menjadi masalah, namun hindari agar tidak sesering mungkin karena beresiko menyebabkan burung stres serta terganggu.

4. Memberikan lingkungan yang aman

Burung yang liar memiliki insting yang sangat peka terhadap lingkungan sekitar dan predator yang mengincar mereka. Kehidupan mereka yang bebas tentu dapat menghidari sebuah ancaman dengan terbang ketempat lain.

Oleh karena itu saat mereka ditangkap dan dipelihara, besar kemungkinan mereka mengalami stres dan yang pasti merasa kurang nyaman terhadap lingkungan baru karena asing bagi mereka.

Bahkan burung perkutut liar yang di tangkap akan menganggap semua yang mendekati mereka adalah sebuah ancaman, termasuk itu kita manusia dan hewan lain. Akan tetapi ini adalah hal yang wajar sebagai bentuk reaksi menghindar.

Jadi hal yang bisa kamu lakukan ialah memberikan lingkungan yang aman dan nyaman buat mereka. Salah satunya ialah meletakan burung di sangkar tersendiri, jauh dari kebisingan serta jauh dari ancaman predator seperti kucing dan lain sebagainya.

Ini sangat penting dalam upaya menghadapkan hewan terhadap lingkungan baru, karena jika tidak resiko mereka stres menjadi lebih tinggi.

Nah itulah beberapa tips sekaligus cara menjinakan burung perkutut liar yang bisa kamu coba terapkan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar perkutut.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel