CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Biji, Daun & Daging Labu Kuning [Manfaat, Cara Memberikan serta Efek Samping] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Biji, Daun & Daging Labu Kuning [Manfaat, Cara Memberikan serta Efek Samping]

gambar labu kuning alias waluh pumkin
Sumber foto : pixabay/suju-foto
Healty99 - Labu kuning atau dikenal juga sebagai waluh atau labuh, ini merupakan tanaman dari suku labu-laubuan yang kerap dimanfaatkan bagian buah, biji serta daun muda.

Kita masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan bagian daun labu sebagai sayuran, buah untuk kue dan bahan makanan serta biji sebagai cemilan yang sehat. Namun bagaimana dengan kelinci? adakah manfaat dan bahaya jika memberikan labu pada mereka di kemudian hari.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Stres Dan Ketakutan

Nah buat kamu yang ingin membagikan labu kuning (walu), baik itu daun dan bijinya mungkin bisa membaca artikel kali ini sampai selesai. Karena akan dibahas satu persatu beserta manfaatnya.

Kelinci Makan Daging Labu Kuning

Bolehkah kelinci makan labu kuning? Jawabnya adalah "Ya" dan "Boleh". Labu kuning alias waluh pada dasarnya merupakan makanan kedua terbaik sesudah wortel untuk kelinci.

Bahkan di alam liar labu makanan favorit mereka saat musim dingin tiba selain timun dan sayuran lainnya. Oleh karena itu kamu boleh saja memberikan daging buah labu sebagai makanan tambahan atau variasi cemilan sehat.

Baca juga : Cara Kelinci Mengenali Kamu Sebagai Majikan

Mengingat dalam jumlah cukup, labu kuning bisa memberikan manfaat baik bagi peliharaan kamu.

Manfaat kesehatan

Jika kita lihat, profil nutrisi yang ada pada waluh terdapat kandungan vitamin A, B, F, asam folat, serat pangan, gula, karbohidrat, kalium, magnesium, zat besi dan masih banyak lagi.

Dalam porsi pemberian pakan yang tepat, kandungan tersebut diketahui dapat memberikan efek positif bagi kelinci yang diantaranya ialah melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, menguatkan otot dan tulang, baik untuk kesehatan gigi, menjaga kesehatan mata serta mencegah penyakit kulit.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Merasa Kedinginan

Untuk itu kamu bisa memasukan labu kuning ke dalam daftar makanan mingguan mereka dengan tujuan membantu memenuhi nutrisi sehat.

Cara memberikan

Umumnya kelinci liar akan memakan buah labu dengan cara menggerogoti bagian kulit luar terlebih dahulu, kemudian memakan bagian daging hingga kenyang.

Meskipun kemungkinan kecil mereka memakan bagian kulit, tetapi jika kamu hendak memberikan kelinci labu kuning maka berikan mereka dalam bentuk bersih saja. Alias beberapa potong daging buah labu tanpa kulit dan biji.

Baca juga : Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan Dan Minum

Ini karena kulit labu memiliki tekstur yang keras sehingga memungkinan nantinya kelinci mengalami tersedak, sedangkan untuk biji sama saja sebaiknya dibuang.

Berapa porsi dan takaran dalam sekali makan?

Untuk beberapa jenis ras kelinci berukuran besar, mereka dapat memakan sebanyak 1 - 2 kg makanan dalam sehari dalam bentuk dedaunan, dan ras yang berukuran kecil sekitar 500 gram - 1 kg /hari.

Tetapi labu ini adalah makanan yang mengandung serat pangan yang lunak, mengandung banyak air serta terdapat gula, jadi sangat di sarankan untuk tidak memberikan mereka dalam jumlah banyak.

Baca juga : Ketahui Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit

Paling tidak sekitar 500 gram untuk ras kelinci terbesar dan 200 gram untuk ras terkecil, kemudian ditambah dengan beberapa makanan lain seperti dedaunan ataupun sayuran rendah air.

Berapa kali dalam makan dalam seminggu?

Labu kuning atau waluh pada dasarnya adalah makanan yang sehat karena kandungan nutrisinya, tetapi ini tidak baik juga bila kamu berikan setiap hari dan dalam jumlah yang banyak.

Jadi porsi ukuran yang tepat bagi mereka ialah 2 - 3 kali dalam seminggu untuk sekali makan dengan jumlah banyak di atas tadi.

Baca juga : Tips & Cara Mengatasi Kelinci Yang Lemah Serta Lesu

Bolehkah anak kelinci makan?

Anak kelinnci yang masih kecil dapat memakan labu kuning, tetapi bagian daging yang lunak dan tidak dalam porsi yang banyak.

Makanan ini cukup menyehatkan untuk anak kelinci karena tekstur yang lebut serta memiliki sejumlah nutrisi sehat.

Efek samping & bahaya

Adakah efek samping atau bahaya labu kuning bagi kelinci? Pada dasarnya buah satu ini tidak beracun dan menyebabkan kematian pada peliharaan kamu, bahkan justru kaya manfaat untuk kesehatan.

Baca juga : Ketahui Penyebab Kelinci Tampak Gemeteran

Namun sebaik-baiknya makanan ialah tidak diberikan dalam jumlah yang banyak dan setiap hari. Mengapa? Kelinci juga membutuhkan makanan yang seimbang dan itu di dapat dari banyak makanan lain seperti biji-bijian, buah, sayuran & daun serta pelet.

Selain itu, labu kuning juga mengadung tinggi serat, air dan gula yang mana ini bisa meningkatkan resiko peliharaan kamu mengalami sakit perut, gangguan pencernaan, diare, mencret, obesitas dan ifeksi bakteri.

Untuk itu tipsnya ialah pastikan kamu memberikan kelinci labu kuning dalam porsi yang tepat agar tidak mengancam kesehatan mereka di kemudian hari.

Baca juga : Ketahui Tanda-Tanda Atau Gejala Kelinci Mau Mati

Kelinci Makan Daun Labu

gambar daun labu kuning / waluh
Sumber gambar : pixabay/stealth_sly
Bagian daun sama baiknya dengan buah, bahkan ini sangat disarankan jika kamu menyandikan kedua bagian tersebut dengan separuh dedaunan dan daging buah labu secara bersamaan.

Kamu boleh saja memberikan bagian daun labu kuning sebagai makanan kelinci, tetapi tetap dengan porsi yang susuai kebutuhan. Lagipula dedaunan merupakan makanan utama kelinci, jadi ada beberapa manfaat yang bisa diraih dari memberikan pakan satu ini.

Manfaat daun labu bagi kelinci

Memberikan daun labu kuning sesekali pada keliinci dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Di sisi lain ini juga baik untuk pencernaan, mencegah infeksi usus, mencegah bakteri terkait mencret, menjaga kesehatan otot dan tulang peliharaan kamu.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Mengalami Kepanasan

Untuk itu daun sangat di sarankan dan bisa menjadi salah satu bagian dari makanan utama kelinci di beberapa minggu sekali.

Cara memberikan

Bagian terbaik dan sangat disarankan ialah daun muda atau 3 - 4 helai daun terhitung dari bagian pucuk. Selain itu hindari bagian daun tua dan batang karena memiliki bulu-bulu halus yang bisa membuat kelinci merasa tidak nyaman.

Pastikan juga bahwa tanaman yang akan kamu berikan di cuci terlebih dahulu, tujuanya ialah membersihkan kotoran tanah yang melekat, serangga yang lengket ataupun bekas dari kontaminasi zat beracun seperti pestisida.

Baca juga : Penyebab Kelinci Mencret Dan Cara Mengatasinya

Berapa banyak porsi / takaran dalam sekali makan?

Seperti yang telah di sebutkan di atas tadi dimana 1 - 2 kg untuk ukuran besar dan 500 gram - 1 kg untuk ukuran kecil, maka ini juga berlaku dengan makanan lain seperti halnya daun labu.

Namun akan lebih baik jika kamu memberikan porsi separuh dari yang telah di sebutkan dan mencampurkan dengan beberapa makanan lain. Sebagai contoh kamu bisa hidangkan daun dan daging buah labu secara bersamaan itu jauh lebih baik ketimbang satu bagian saja.

Berapa kali dalam seminggu?

Kamu bisa memberikan daun labu sekitar 3 - 4 kali dalam seminggu untuk sekali makan, entah itu saat pagi atau sore hari.

Baca juga : Ketahui Perbedaan Kelinci Lagi Tidur Dan Pingsan

Apakah anak kelinci boleh makan daun labu?

Bagian daun labu kuning muda cukup aman untuk di makan anak kelinci, namu tetap jangan di paksakan atau memberi mereka dalam jumlah yang banyak.

Efek samping & bahaya

Sejauh ini daun labu waluh tidak membahayakan bagi keliinci dan justru mereka sangat suka, namun ini berbeda jika mereka di pelihara dan tidak dapat memiliki makanan mereka sendiri.

Jadi yang dimaksud ialah kamu jangan terlalu banyak memberikan daun satu jenis sebagai makanan harian kelinci, tetapi pastikan kamu memberikan 2 - 3 jenis dedaunan dalam wadah makanan mereka.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Dirawat Dan Harganya

Tujuan yang pasti ialah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka sekaligus mencegah resiko kemungkinan gangguan kesehatan di kemudian hari.

Kelinci Makan Biji Buah Labu Kuning

gambar biji labu kuning untuk makan hamster
Sumber foto : pixabay/april197707180
Biji adalah bagian kedua yang sebaiknya di hindari setelah kulit saat kamu memberikan pada peliharaan. Mengapa? Biji memiliki tekstur yang keras, bahkan kekerasanya lebih tinggi daripada kulit.

Tekstur makanan yang keras tidak dapat di cerna oleh kelincci, mengingat pencernaan mereka di desain untuk mencerna dedaunan dan buah-buahan.

Meski mungkin mereka tidak mau mengkonsumsi biji dan memisahkan dengan sendirinya, tetapi sebaiknya kamulah yang membuang dan memisahkan biji tersebut dari dalam buah menggunakan pisau atau sendok.

Note : Singkatnya, bagian terbaik dari tanaman labu kuning untuk kelinci ialah daging buah dan daunnya. Dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan ini bisa memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan peliharaan kamu.

Selain itu hindari untuk memberikan daun yang cukup tua karena itu memiliki banyak bulu, serta biji dan kulit buah karena teksturnya yang keras.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel