CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kelinci Makan Kol atau Kubis? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Kelinci Makan Kol atau Kubis?

gambar kol atau kubis hijau
Sumber gambar : pixabay/ulleo
Healty99 - Dedaunan dan sayuran merupakan makanan yang disukai oleh kelinci, akan tetapi apakah semuanya baik untuk mereka seperti halnya kol atau kubis? Membagikan makanan baru ke peliharaan merupakan hal yang menarik, namun penting untuk megetahui apakah makanan tersebut aman dan mereka juga menyukainya.

Selain itu saat ingin menghidangkan makanan baru harap untuk tidak dalam jumlah yang banyak, tujuanya ialah supaya mereka tidak terkejut dan tidak dihadapkan masalah pencernaan dikemudian hari.

Seperti halnya yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai pemberian kol atau kubis untuk kelinci.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Stres Dan Ketakutan

Kelinci Makan Kol / Kubis

Apakah kelinci boleh makan kol & kubis? Jawabnya adalah "YA" hewan satu ini pada dasarnya herbivora dan pencernaan mereka di desain untuk mencernan dedaunan ataupun tumbuh-tumbuhan.

Kelinci sangat menyukai makanan yang renyah dan berair seperti halnya kol atau kubis, bahkan hampir semua bagian tanaman ini dapat kamu berikan. Mulai dari batang, daun, kembang merupakan makanan yang bagus untuk mereka.

Baca juga : Cara Kelinci Mengenali Kamu Sebagai Majikan

Akan tetapi ini tidak menjadikan kol & kubis sebagai makanan kelinci, namun hanya sebagian atau makanan sampingan beberapa hari sekali, mengingat sayuran satu ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Manfaat kesehatan

Kol dan kubis merupakan makanan yang menyehatkan untuk kelinci peliharaan kamu, terutama dalam jumlah yang tepat dan tidak diberikan setiap saat layaknya makanan utama.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Merasa Kedinginan

Setidaknya, kol ataupun kubis mengadung profil nutrisi yang diantaranya terdapat kalsium, besi, potasium, serat makanan, vitamin (B6, C & K), protein, gula (sedikit) serta air.

Dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan sayuran satu ini dapat memberikan manfaat bagi kelinci berupa melancarkan sistem pencernaan, menguatkan tulang & otot, mencegah penyakit kulit serta mengatasi sembelit.

Oleh karena itu kamu bisa memberikan kol / kubis sebagai varian dari makanan harian peliharaan kamu.

Baca juga : Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan Dan Minum

Cara memberikan

Kelinci dapat makan sayuran semampu mereka mau, bahkan jika itu kamu beri satu buat utuh kol mereka akan melahap secara perlahan dan menyisakan untuk dimakan lagi nantinya.

Tetapi faktanya ini tidak baik bagi kesehatan mereka karena kol di konsumsi dalam jumlah banyak, untuk itu penting bagi kamu mengatur porsi makan mereka agar jauh lebih baik.

Cara memberikan kol / kubis untuk kelinci cukup mudah, pertama pastikan kamu mencuci kulit luar kol atau bisa dengan hanya mengupas beberapa lembar. Tujuanya ialah untuk membersihkan kotoran serta menghindari resiko terkonsumsi zat racun berupa pestisida.

Baca juga : Ketahui Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit

Selanjutnya tinggal potong menjadi 4 bagian kol utuh dan hidangkan langsung kedalam wadah makanan mereka. 1 ekor kelinci dewasa ukuran besar, setidaknya mampu menghabiskan 1 - 1,5 kg dedaunan atau sayuran dalam sehari.

Dan untuk yang jenis ras kelinci kecil mungkin separuh dari itu atau sekitar 500 - 800 gram per hari.

Tetapi untuk kol & kubis, sebaiknya di sarankan mengurangi porsi dari jumlah tersebut dimana akan lebih baik kamu berikan 500 gram untuk kelinci dewasa dan 200 gram untuk yang jenis ras kecil, kemudian sisanya dicampurkan dengan beberapa dedaunan lain sebagai tambahan.

Baca juga : Tips & Cara Mengatasi Kelinci Yang Lemah Serta Lesu

Berapa kali porsi yang disarankan dalam seminggu?

Sayuran satu ini juga tidak disarankan untuk di berikan setiap hari, jadi cukup 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk sekali makan.

Meski mungkin ukuran porsi segitu akan membuat mereka merasa kurang, tetapi itu jauh lebih baik ketimbang berlebihan.

Kapan waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk memberikan makan kelinci dengan kol adalah pagi menjelang siang atau sekitar jam 09:30 dan 16:00.

Baca juga : Ketahui Penyebab Kelinci Tampak Gemeteran

Bolehkah anak kelinci makan kol / kubis?

Boleh tetapi tidak dalam jumlah yang banyak, lebih tepatnya ialah hidangkan dalam jumlah kecil sebatas variasi dan pengenalan terhadap makanan baru.

Bahaya & efek samping

Kol & kubis pada dasarnya bukanlah makanan yang beracun untuk kelinci, justru dalam porsi dan takaran yang tepat sayuran ini baik bagi kesehatan mereka, mengingat ada banyak nutrisi yang memang di butuhkan.

Baca juga : Ketahui Tanda-Tanda Atau Gejala Kelinci Mau Mati

Resiko efek samping dan bahaya mungkin bisa terjadi apabila kamu memberikan kelinci kol / kubis dalam jumlah berlebihan serta setiap hari.

Terlalu banyak sayuran satu ini bisa memicu masalah diare, kram dan sakit perut pada peliharaan kamu, bahkan kol & kubis merupakan salah satu makanan yang dapat memicu gas pada sistem pencernaan jika di konsumsi terlalu banyak.

Di sisi lain bahaya bisa saja terjadi jika kol yang kamu berikan ternyata kotor dan terkontaminasi zat racun berbahaya seperti pestisida, tentunya ini tidak baik serta dapat mengancam kesehatan kelinci untuk jangka panjang.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Mengalami Kepanasan

Note : Singkatnya, kol & kubis merupakan makanan yang sehat untuk kelinci jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat di setiap harinya. Selain itu, harap untuk memberikan sayuran dalam kondisi yang bersih dengan di cuci terlebih dahulu.

Meskipun sayuran ini tidak beracun bagi kelinci, kubis mungkin bukan pilihan yang bagus untuk makanan sehari-hari.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel