CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 4 Pewarna Merah Alami untuk Makanan dan Minuman - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

4 Pewarna Merah Alami untuk Makanan dan Minuman

gambar tanaman rosella

Healty99 - Di kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan terhadap pewarna makanan merah dengan mengunakan bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sekaligus manfaatnya bagi kesehatan.

Berikut beberapa bahan yang dapat dijadikan acuan untuk menciptakan warna merah alami untuk makanan dan minuman agar lebih menarik.

Warna Merah Alami untuk Makanan & Minuman

1. Rosella

Rosela merupakan spesies tumbuhan bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik ini digunakan untuk penghias halaman rumah dan juga di konsumsi dengan cara diseduh sebagai minuman hangat saat musim dingin maupun minuman dingin di musim panas.

Bunga yang berwarna merah dapat dijadikan pewarna alami. Untuk cara penggunaanya cukup mudah yaitu dengan merebus beberapa tangkai bunga dengan air mendidih.

Setelah itu air rebusanya inilah yang akan di jadikan pewarna merah alami alternatif dengan mencampurkan ke beberapa adonan ataupun bahan biang minuman.

Khasiat bunga rosela antara lain untuk dapat menurunkan asam urat, hipertensi, diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan tubuh, menghambat sel kanker, mencegah Sariawan dan panas dalam serta masih banyak lagi.

2. Bit merah

Bit merah merupakan jenis tanaman yang di manfaatkan bagian umbinya, sama seperti wortel, bengkoang dan ketang yang kita kenal.

Sesuai namanya buah bit merak mempunyai warna umbi yang berwarna merah pekat dengan sedikit unggu. Umbi bit yang berwarna merah keunguan dapat di konsumsi secara langsung sebagai salad dan dicampur dengan sayuran lain, atau juga dapat juga direbus.

Bagian akar dan umbi bit banyak digunakan dalam industri sebagai pewarna merah untuk meningkatkan warna dan rasa di dalam pasta tomat, saus, pencuci mulut, selai, agar-agar, es krim, pemanis, sereal dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang ingin mencari pewarna makanan merah alami, bitbisa menjadi salah satunya. Kamu cukup mengaluskan dengan blender dan di campur sedikit air lalu kemudian memeras air sarinya untuk digunakan.

Dalam sejarah pengunaanya ubi bit merah kerap dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan dan darah.

Selain itu bit merah juga memiliki manfaat lain diantaranya mencegah anemia, sebagai sumber antioksidan alternatif, dapat mengeluarkan racun dan sekaligus melancarkan buang air.

3. Buah naga

Siapa yang tidak tahu dengan buah naga atau pitaya, ini merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga diketahui berasal dari daerah Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Namun sekarang buah naga sudah banyak dibudidayakan di negara negara Asia termasuk Indonesia sendiri.

Nah jenis buah naga yang digunakan sebagai pewarna yaitu yang memiliki daging buah berwarna merah pekat ke unguan. Umumnya daging buah diolah menjadi minuman, es krim, pewarna, sup buah maupun di makan langsung.

Tetapi untuk mengunakanya sebagai pewarna kamu cukup memeras daging buah naga lalu mengambil air sarinya.

Pengunaan buah naga sebagai campuran masakan dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh, karena yang kita ketahui bahwa buah naga mengandung tinggi antioksian yang dapat menangkal radikal bebas.

Beberapa manfaat buah naga ialah bisa melancarkan pencernaan, mencegah kanker, meningkatkan stamina, mencegah kolesterol, menutrisi tubuh, meningkatkan stamina dan masih banyak lagi.

4. Kayu secang

Kayu secang merupakan seruta kayu yang berasal dari pohon dengan nama latin Caesalpinia Sappan. Yaitu jenis tumbuhan yang di manfaatkan bagian kayu dan kulitnya sebagai pewarna makanan, pakaian, dan bahan bangunan.

Kayu secang kering memiliki warna kemerah-merahan, jika kamu ingin mengunakanya sebagai pewarna makanan kamu cukup merebus kayu secang hingga mendidih kemudian gunakan airnya untuk pewarna makanan.

Kayu secang juga termasuk dalam jenis obat-obatan herbal karena khasiat yang di milikinya baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari mengkonsumsi air rebusan kayu secang secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit diabetes, mengatasi masalah peradangan, dan mengandung tinggi Antioksidan.

Nah, itulah 4 pewarna merah alami untuk makanan dan minuman dari tumbuh-tumbuhan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hal-hal menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel