CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Akarnya Ciplukan Sebagai Obat Herbal - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Akarnya Ciplukan Sebagai Obat Herbal


gambar daun tanaman ciplukan

Healty99 - Manfaat akar ciplukan - Ciiplukan, pastinya kamu sudah mengenal dengan tumbuhan yang satu ini kan? Ciplukan atau biasa disebut dengan buah ceplukan, hartup, yoyoran, cecenetan, daun loto, cecendet dan masih banyak lagi penyebutanya ditiap - tiap daerah.

Ciplukan merupakan tanaman dengan latin Physalis Anqulata yang termasuk kedalam divisi Spermatophyta, kelas Dicotyledonnae dan masih satu keluarga dari Solanaceae.

Diketahui tumbuhan satu ini berasal dari kawasan benua Amerika, yang kemudian menyebar ke beberapa belahan dunia termasuk Indonesia. Atau lebih khususnya tumbuh pada daerah yang beriklim tropis.

Di Indonesia sendiri tumbuhan ini banyak tersebar, namun tidak tumbuh dan berbuah sepanjang waktu sehingga dapat dikatakan ciiplukan termasuk tumbuhan musiman.

Habitat ciplukan sendiri sebenarnya dapat mudah ditemui mulai dari hutan, kebun, pingiran sungai, sawah, tebing, semak belukar dan terkadang hidup di pingiran jalan maupun disekeliling rumah, dengan tinggi batang dapat mencapai 1 meter (untuk habitat liar).

Batangnya mengandung air yang tinggi berwarna hijau, bentuk daun berujung lancip dengan panjang 4-7 cm dan lebar 2-4 cm, serta buah yang dibungkus lapisan seperti kertas, bentuk buah bulat sempurna dengan ukuran sekitar 0.5-1 cm berwarna hijau saat mentah dan kuning saat telah matang.

Untuk pastinya ada beberapa jenis spesies ciplukan, namun semua dapat dibedakan berdasarkan ukuran buah, batang, dan warna buah yang berbeda-beda.

Baca juga :

    Buah cpiplukan termasuk dalam kategori jenis berry - berryan super fruit dikarenakan menyimpan banyak kandungan yang sangat baik bagi tubuh, untuk itu buah matangnya dapat dikonsumsi.

    Biasanya pemanfaatan tanaman satu ini hanya pada bagian buah, itu karena buah ciplukan memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Namun tahukah kamu bahwa pada bagian akarnya juga memiliki khasiat yang luar biasa.

    Manfaat Akar Ciplukan

    Penggunaan manfaat akar ciplukan memang jarang kita temui, hal ini karena mulai tergerus alias tersingkirkan oleh obat obatan instan seperti sekarang.

    Walaupun begitu penggunaanya tetap masih di gunakan oleh beberapa masyarakat yang jauh dari pusat kesehatan sebagai obat herbal.

    Pada bagian akar ciplukan diketahui memeiliki beberapa kandungan seperti saponin, tanin, flavonoid dan beberapa kandungan lainya yang bersifat antioksidan. Disisi lain tanaman satu ini juga memiliki kemampuan dalam melawan mikroba dan mencegah berbagai infeksi luar tubuh.

    Beberapa masyarakat kerap menggunakan akanya sebagai obat dalam mengatasi masalah seperti :

    • Cacingan pada anak
    • Mengatasi infeksi pencernaan
    • Demam
    • Nyeri perut
    • Gatal pada kulit
    • Membersihkan tubuh

    Nah itulah beberapa manfaat akar ciplukan yang bisa kamu ketahui.

    Cara penggolahan untuk membuat ramuan dari akar tanaman ciplukan cukup sederhana, kamu hanya perlu mencari tanaman satu ini di lingkungan sekitar, lalu bersihkan bagian akar menggunakan air mengalir. Kemudian rebus akarnya hingga air berkurang separuh, setelah itu baru di konsumsi.

    Sedangkan untuk penggunaan luar tubuh kamu hanya perlu menumbuk hingga halus, dan kemudian oleskan pada bagian tubuh yang bermasalah.

    Baca juga :

    Manfaat Tumbuhan Liar Siluk

    Walaupun mempunyai khasiat dalam mengobati, namun saya tidak menyarankan kamu untuk menggukan tanpa pengawasan, alias menggunakan secara serampangan tanpa adanya pengetahuan atau dosis dalam pemakaian.

    Terlebih lagi itu untuk di konsumsi secara berkelanjutan atau jangka panjang kedepan. Pasalnya penggunaan secara sembarangan justru kemungkinan bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

    Jadi jika kamu ingin menggunakan khasiat akar ciplukan, baiknya konsultasikan kepada yang ahli kesehatan, terlebih lagi jika kamu mempunyai riwayat kesehatan yang buruk.

    Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman.

    Artikel terkait :

    Buka Komentar

    Iklan Atas Artikel "iklan 5"

    Iklan 3 Tengah Artikel 1

    Iklan 5 Tengah Artikel 2

    Iklan 3 Bawah Artikel