CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Perbedaan Tanaman Monstera Deliciosa dan Borsigiana - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Perbedaan Tanaman Monstera Deliciosa dan Borsigiana

gambar monstera tanaman
Sumber foto : pixabay/Nika_Akin
Healty99 - Monstera kini menjadi salah satu tanaman yang keberadaanya kian populer, terlebih karena mempunyai bentuk atau pola daun yang unik. Tanaman hias ini juga sangat bagus jika ditempatkan dalam ruangan dengan tujuan untuk memperidah suasana.

Seiring dengan perkembangan waktu, tanaman hias monstera mulai dikenal secara luas atau dengan istilah naik daun, yang mana hal ini membuat harga jualnya pun menjadi meningkat drastis.

Bagi pecinta tanaman hias atau seorang kolektor yang suka merawat kembang, pun pasti akan rela menukar sebagian uangnya hanya untuk mendapatkan tanaman ini sebagai koleksi.

Saat mulai terkenal, kini ada banyak para pedagang atau penjual di beberapa situs e-commerce alias online shop menjual tanaman hias monstera dengan meletakan varian nama monstera king.

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan itu tergantung dari masing-masing pedagang dan kesepakatan para pembeli. Mungkin saja bisa mahal atau murah, terlebih lagi jenis bentuk, pola dan banyaknya daun pada satu batang.

Bahkan bukan hal mungkin untuk satu unit terkadang dibandrol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bayangkan saja, ada seorang pedagang di situs jual beli online bisa mematok harga hingga Rp 25 juta, untuk tanaman jenis monstera variegata king deliciosa dengan 7 lembar daun.

Monstera King

Sebenarnya apa sih istimewa dan keunggulan dari tanaman hias monstera king sehingga harganya mahal dan banyak dicari? Yuk kita simak.

Jika dilihat dari segi bentuk yang banyak beredar dipasaran, monstera king mempunyai bentuk dan tampilan yang hampir sama dengan jenis deliciosa.

Kamu bisa mencarinya di internet atau google dengan kata kunci "monstera king" alhasil yang keluar pasti kebanyakan adalah gambar dari jenis deliciosa.

Perlu diketahui, diantara beberapa jenis tanaman monstera lainnya seperti adansonii, variegata, dan borsigiana, jenis monstera deliciosa adalah yang memiliki ukuran daun terbesar.

Oleh karena itu bisa jadi karena ukuran daun yang lebar, berlubang dengan menjari di bagian pinggir, serta memiliki rupa menyerupai hati, inilah yang menjadikanya monstera deliciosa disebut sebagai jenis monstera king.

Dengan melekatkan nama "king" pada tanaman satu ini, tentu terlihat lebih spesial dan unggul dari lainnya. Sehingga otomatis harga monstera deliciosa ini bisa melambung mencapai puluhan jutaan rupiah untuk satu pot.

Ciri-Ciri Monstera Deliciosa King Asli

Ketika kamu hendak membeli tanaman monstera deliciosa, sebaiknya untuk lebih berhati-hati. 

Pasalnya ada banyak jenis yang bisa membuat kamu binggung, terutama untuk yang pertama kali atau belum mengerti terhadap tanaman. Hal ini dikarenakan dari segi bentuknya pun agak mirip antara satu sama lain.

Namun tidak perlu terlalu khawatir akan perbedaan, yang perlu kamu perhatikan ialah ketahui bagian ruas batangnya. Monstera deliciosa memiliki ruas batang yang terbilang cukup pendek, sehingga daun yang satu dengan lainnya sedikit rapat.

Selain itu adapun jika antara jarak ruas batang daun deliciosa pastinya lebih dari 10 cm, namun itupun ada kemungkinan bahwa tanaman bukan dari jenis monstera deliciosa atau king asli.

Perhatian selanjutnya ada pada bagian ujung gagang daun monstera deliciosa yang memiliki sejumlah gerigi.

Sementara untuk monstera borsigiana yang sekilas mirip deliciosa, tidak memiliki pola gerigi atau menyerupai deretan duri rapi pada gagang (tangkai) daunnya.

Bagian gagang daun yang tumbuh dari batang tanaman deliciosa memiliki bentuk yang tidak terlalu bulat, dan lebih condong ke pipih.

Banyaknya daun juga bisa dijadikan patokan dalam mengetahui apakah tanaman tersebut memang monstera deliciosa king atau malah jenis lainnya. Caranya kamu cukup dengan memencet bagian gagang atau tangkai daun monstera deliciosa.

Jika terasa lembut, kemungkinan itu bukan tanaman deliciosa asli. Hal ini karena jenis monstera deliciosa asli memiliki gagang atau tangkai daun yang keras dan tidak mudah membekas ketika ditekan.

Perbedaan selanjutnya yang paling nampak antara monstera deliciosa dengan jenis lainnya ialah ada pada tampilan daun.

Daun monstera deliciosa yang masih muda atau kecil, masih belum memiliki banyak lubang, selain itu lubang tersebut belum menjadi daun yang pecah.

Ketika dewasa atau besar maka daun deliciosa tadi akan terbelah-belah atau pecah dan tidak menyisakan lubang daun pada bagian tengah. Sedangkan untuk lebar daun monstera deliciosa bisa mencapai panjang satu meter dalam ukuran dewasa.

Berbanding terbalik dengan jenis daun monstera lain yang hanya sama persis bentuknya dengan deliciosa, dan tidak dapat melebar.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i