CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Fungsi Label Nutrisi Pada Produk Membantu Kamu Dalam Memilih - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Fungsi Label Nutrisi Pada Produk Membantu Kamu Dalam Memilih

gambar buah dan sayur di jual
Sumber gambar : raggio5
Healty99 - Setiap produk yang telah resmi berjualan di pasaran tentu memiliki label nutrisi atau komposisi. Ini biasa tertera pada bagian bungkus atau pelindung makanan tersebut.

Namun tahukah kamu, lebel nutrisi tersebut bukan hanya sekedar tulisan semata untuk dibaca. Akan tetapi juga berguna buat kamu yang memang betul-betul memperhatikan produk makanan.

Contohnya kamu harus menghidari makanan yang tinggi gula, tentu bila melihat kemasan produk tersebut yang menerangkan bahwa makanan tinggi gula. Pastinya kamu bisa mengetahui lebih awal.

Selain itu sbuah meta-analisis baru yang dipimpin oleh Queen Mary University of London telah mengintegrasikan temuan dari 134 studi tentang dampak pada pilihan konsumen dari label nutrisi berkode warna dan peringatan dari bagian depan kemasan makanan.

Hasil analisis menunjukkan bahwa label nutrisi berkode warna mendorong orang untuk melakukan pembelian yang sehat, sementara label peringatan mencegah pelanggan untuk membeli produk yang kurang sehat.

Dengan demikian, kedua strategi pelabelan tampaknya sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

Beberapa negara telah memperkenalkan label wajib di bagian depan produk makanan yang menunjukkan nilai gizinya, atau memperingatkan konsumen tentang beberapa fitur tidak sehat yang mungkin dimiliki produk tersebut.

Para pejabat berharap bahwa strategi pelabelan semacam itu dapat membantu mengurangi beban penyakit yang terkait dengan pola makan yang buruk, dan dengan demikian memiliki dampak penting pada kesehatan masyarakat.

Untuk memperjelas bagaimana empat jenis nutrisi dan label peringatan di depan kemasan memengaruhi pilihan konsumen, Jing Song, seorang mahasiswa doktoral di Queen Mary University, dan tim penelitinya, melakukan meta-analisis jaringan data yang dikumpulkan dari 134 rekan sejawat. -kajian tinjauan yang diterbitkan antara Januari 1990 dan Mei 2021.

Analisis mereka menunjukkan bahwa keempat sistem pelabelan tampaknya memiliki keuntungan signifikan dalam mendorong konsumen untuk membeli produk yang lebih sehat.

“Studi ini menemukan bahwa label berkode warna dan label peringatan semuanya mampu mengarahkan konsumen ke arah perilaku pembelian yang lebih sehat,” jelas penulis penelitian. “Label berkode warna dapat mempromosikan pembelian produk yang lebih sehat, sementara label peringatan mencegah pembelian produk yang kurang sehat.”

Pemahaman yang lebih baik tentang kualitas nutrisi setiap produk tampaknya mempengaruhi konsumen untuk memilih makanan dan minuman dengan tingkat energi, natrium, lemak, dan lemak jenuh yang lebih rendah.

Temuan ini dapat membantu menyempurnakan kebijakan pelabelan makanan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, dan mungkin juga memberikan panduan kepada industri makanan untuk merumuskan kembali beberapa produk mereka yang kurang sehat.

Nah, ituah beberapa fungsi mengenai label atau komposisi yang tertera pada produk (merek) dagang.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Ref :

  • journals.plos.org/plosmedicine/article?id=10.1371/journal.pmed.1003765
  • earth.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i