CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengatasi Hidung Gatal Karena Komedo - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Mengatasi Hidung Gatal Karena Komedo

gambar orang lagi menekan hidung komedo dan jerawat
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Hidung terasa gatal karena komedo memang sangat menjengkelkan, terlebih lagi jika di garuk maka rasa gatal tersebut semakin jadi. Lantas mengapa demikian dan bagaimana cara mengatasi malasah tersebut?

Komedo merupakan benjolan atau bintik putih (terkadang hitam), pada permukaan kulit yang disebabkan tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati bercampur dengan minyak.

Produksi minyak kulit yang berlebih diarea sekitar wajah ataupun hidung tentu dapat memicu komedo semakin banyak dan pada akhirnya menjadi jerawat.

Selain itu, karena kulit wajah yang berminyak juga bisa menjadi sarang atau tempat bertumbuhnya bakteri. Ini bisa membuat iritasi, gatal, dan tampak kemerahan.

Nah, akibat sensasi gatal yang tidak tertahankan tersebut, tanpa sadar kamu mengaruknya yang mana hal tersebut hanya akan membuat masalah semakin tambah parah.

Cara Mengatasi Hidung Gatal

Akan tetapi tidak perlu khawatir, pasalnya masalah ini sering terjadi pada usia remaja dan bukan kamu saja yang mengalami.

Jika kamu mempunyai masalah hidung yang terasa gatal akibat komedo, berikut beberapa cara mengatasinya.

1. Cuci dengan sabun muka

Mencuci muka memakai sabun khusus bisa mengatasi masalah tersebut, tujuanya ialah untuk membersihkan minyak berlebih, kotoran dan bakteri yang menempel.

Gunakan sabun muka secara perlahan sembari di usap-usap pelan bagian hidung yang terasa gatal, setelah itu cuci dengan air mengalir dan lap menggunakan handuk.

Namun sebelumnya, pastikan kamu mengetahui jenis kulit kamu sebelum menggunakan sabun muka, karena ada beberapa produk sabun yang mungkin saja tidak cocok.

2. Menggunakan ekstraktor komedo

Ekstraktor komedo merupakan alat pembantu dengan tujuan untuk mengeluarkan komedo dan minyak yang menumpuk di dalam lapisan kulit.

Rutin membersihkan dengan cara satu ini tentu berakibat pada berkurangnya jerawat, penumpukan minyak di bawah lapisan kulit serta mencegah munculnya komedo bintik hitam atau putih.

3. Menggunakan madu dan kayu manis

Berikutnya bisa menggunakan madu dan kayu manis. Cara membuat siapkan dua sendok madu murni dan sedikit bubuk atau serutan kayu manis.

Langkah selanjutnya oles secara merata pada bagian hidung dan tunggu selama 3 sampai 5 menit, setelah itu cuci bersih dengan air hangat dan lap menggunakan handuk.

Madu dan kayu manis diyakini dapat menjadi cara alami untu mengatasi hidung gatal karena komedo.

4. Putih telur

Putih telur dapat menjadi masker wajah yang baik, ini karena telur dapat membantu menutrisi kulit dari luar sekaligus menyerap minyak yang berlebihan pemicu komedo.

Jika kamu ada waktu luang, cobalah untuk rutin menggunakan masker putih telur dalam mengatasi gatal pada hidung.

5. Lemon dan yogurt

Selain putih telur, adapun bentuk masker alami lainnya yang bisa kamu coba. 

Racikan masker lemon, yogurt, madu, dan garam bisa menjadi scrub alami yang bagus bagi kulit.

Tujuanya ialah untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk sehingga dapat mencegah komedo dan jerawat kembali muncul.

Tidak hanya itu saja, lemon, yogurt, madu, dan garam juga bagus untuk kesehatan kulit karena mengandung banyak nutrisi.

Baca juga : Manfaat Masker Yogurt Dan Oatmeal

Nah, itulah beberapa cara mengatasi hidung gatal karena komedo dan minyak berlebihan.

Selamat mencoba.

Note : Jika masalah yang kamu alami tidak kunjung mereda, cobalah untuk tidak menyetuh bagian yang gatal menggunakan tangan secara terus menerus. Atau saran lainnya kamu bisa konsultasi ke dokter spesialis kulit agar bisa di periksa dan di beri penanganan lanjut.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i