CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Perbedaan Kweni dengan Mangga Lainnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Perbedaan Kweni dengan Mangga Lainnya

gambar mangga kuini kweni kuweni
Sumber foto : gastroluster.wordpress
Healty99 - Apa perbedaan kweni dan mangga lainnya? Perlu kamu ketahui mangga merupakan penyebutan umum untuk tumbuhan dari marga Mangifera, dan kweni termasuk dalam salah satunya.

Setidaknya, terdapat sekitar 40 spesies jenis mangga yang tersebar di seluruh dunia, dan 30 di antaranya dapat di temukan sekaligus berasal dari Indonesia.

Kweni juga memiliki banyak sekali penyebutan yang di antaranya kaweni, kawini, bembem, kuweni, kweni, kabeni, beni, bine, pao kabine, pao kaeni, kuwini, weni, mangga kuini, guin, koini, kowini, koine, guawe stinki, sitingki, hitingki dan masih banyak lagi.

Secara sejarah, asal usul mangga kuini masih belum di ketahui pasti. Pasalnya para pakar tidak pernah menemukan mangga kweni tumbuh secara liar di alam, dan lebih meyakini bahwa tumbuhan ini merupakan hasil silangan alami antara mangga dan bacang.

Perbedaan Kweni dengan Mangga

Perbedaan kuini (Mangifera × odorata) dengan jenis mangga lain lebih ke ciri khas. Kuini mempunyai bentuk buah yang lonjong membulat, berkulit halus namun kusam, dan tentunya beraroma harum manis.

Kulit buah berwarna hijau saat masih muda, dan akan berubah seiring bertambahnya waktu menjadi hijau kekuningan lalu berbintik hitam pada saat sudah matang sempurna.

Sedangkan untuk daging buah berwarna kuning cerah hingga kuning jingga, mempunyai rasa manis, berair, serta bertekstur lembut namun berserat.

Perbedaan kweni dengan mangga lainnya sangat mencolok, bahkan dapat di bedakan hanya dengan mencium aromanya saja.

Kueni mempunyai aroma harum manis yang sangat menyengat, bahkan aromanya bisa tercium keseluruh bagian ruangan.

Banyak orang mengatakan mangga kuini mirip dengan mangga bacang, hal tersebut memang benar karena secara persilangan.

Namun dari segi rasa jauh berbeda. Kweni memang sama berserat dengan bacang, namun bentuk bacang lebih bulat sempurna, mempunyai rasa sedikit asam serta aroma khas yang lebih menyegarkan.

Nah, itulah sedikit banyak mengenai perbedaan kweni dengan mangga lainnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah-buahan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i