CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Rutin Makan Cepokak (Takokak) Ternyata ada Manfaatnya Untuk Mata - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Rutin Makan Cepokak (Takokak) Ternyata ada Manfaatnya Untuk Mata

gambar buah cepokak takokak rimbang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Manfaat cepokak untuk mata memang secara tradisional sudah dipercaya sejak lama, namun apakah khasiat tersebut benar adanya menurut penelitian?

Buat kamu yang tidak tahu, cepokak juga dikenal dengan nama lain berupa takokak, cempokak, rimbang atau terung pipit.

Ini adalah tanaman yang masih satu keluarga terung-terungan, berukuran kecil sekitar 1 cm dan mempunyai rasa yang cukup pahit.

Sedangkan dalam pemanfaatan, buah takokak kerap diolah sebagai sayuran konsumsi dan lalapan pendamping saat makan.

Baca juga : Nama-Nama Buah Beserta Bahasa Inggrisnya

Manfaat Cepokak Untuk Mata

Mungkin kamu pernah mendengar para orang tua jaman dahulu sering mengatakan bahwa makan cempokak baik untuk kesehatan mata, sekaligus mencegah beberapa gangguan pada mata.

Lantas apakah benar demikian? Dan apa pembuktian hal tersebut?

Menurut beberapa penelitian buah takokak memiliki sejumlah kandungan berupa zat besi, mangan, zinc, vitamin A, C, kalsium dan beberapa kandungan lainnya yang bersifat antioksidan.

Hasil pengujian manfaat cepokak untuk mata diketahui memang benar adanya, khasiat tersebut diketahui karena sejumlah kandungan nutrisi pada buah yang dikonsumsi secara teratur.

Sebagai contoh takokak kaya akan kandungan vitamin A dan C yang mana telah terbukti dapat menjaga kesehatan mata dari radikal bebas.

Kemampuan lainnya ialah bisa mencegah kerusakan sel mata dan gangguan penglihatan, serta mengurangi resiko terkena rabun, mata minus, plus maupun silinder.

Kamu bisa coba mengkonsumsi cepokak secara teratur dalam bentuk matang alias dimasak terlebih dahulu, baru setelah itu dikonsumsi.

Note : Walau pada dasarnya cempokak mempunyai manfaat untuk mata dan melindungi dari beberapa gangguan penglihatan, namun kemampuan tersebut tidak bisa kamu jadikan obat atau dalam bentuk untuk mengatasi beberapa penyakit mata.

Manfaat cepokak hanya bisa kamu raih sebagai bentuk pencegahaan dimasa mendatang sekaligus memenuhi sejumlah nutrisi untuk kesehatan mata

Baca terus informasi lainnya dihealty99.com seputar cempokak.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel