CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menanam Pakcoy di Tanah Dengan Subur dan Lebat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menanam Pakcoy di Tanah Dengan Subur dan Lebat

gambar menanam pakcoy di tanah dan kebun
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Pakcoy atau sawi sendok merupakan tumbuhan dari keluarga sawi-sawian. Sayuran hijau satu ini keberadaanya cukup melimpah, selain karena rasanya yang enak saat di olah menjadi makanan atau lalapan, pakcoy juga sangat mudah di tanam.

Baik pada media polybag dan gelas plastik, pot, karung, hidroponik atau bahkan pada hamparan permukaan tanah sawi sendok bisa tumbuh subur.

Masa tanam pakcoy juga terbilang cepat, yaitu hanya sekitar 30 sampai 45 hari. Itulah sebabnya banyak orang mencoba untuk budidaya sayuran hijau ini di samping rumahnya sebagai bahan makanan tambahan.

Cara Menanam Pakcoy di Tanah

Nah, buat kamu yang ingin mencoba untuk tanam sawi sendok di rumah, mungkin kamu bisa coba baca artikel kali ini sampai selesai.

Di sini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara menanam pakcoy di lahan tanah yang terbuka.

1. Pembersihan lahan

Pertama, sebelum kamu ingin menanam pakcoy pada tanah terbuka, maka kamu harus menyiapkan lahan terlebih dahulu. Adapun prosesnya di mulai dari :

  • Pembersihan gulma

Pembersihkan gulma seperti rumput liar memang harus di lakukan, tujuanya ialah untuk mencegah penularan penyakit dan hama tanaman serta tidak berebut nutrisi nantinya.

  • Penggemburan

Langkah pengemburan dilakukan berikutnya setelah pembersihan gulma.

Caranya ialah cangkul permukaan tanah, balik permukaanya yang bagian bawah di atas. Lakukan berulang hingga tanah menjadi gembur.

  • Tabur pupuk kompos

Setelah di cangkul, kamu bisa menebar sejumlah pupuk kotoran hewan yang sudah di fermentasi, baik itu kotoran ayam, kambing, sapi atau kompos dedaunan.

Tujuanya ialah memperkaya unsur hara di dalam tanah, meningkatkan mikro organisme pengurai serta menjadi sumber nutrisi alami bagi tanaman nantinya.

  • Buat gundukan dan parit

Langkah berikutnya ialah di buat gundukan atau parit. Gundukan tanah di buat memanjang dengan tujuan supaya nanti tidak terjadi genangan air pada tanaaman akibat hujan secara berlebihan.

Di sisi lain dengan adanya gundukan maka kebun kamu akan terlihat lebih rapi dan mempermudah perawatan nantinya.

  • Diberi mulsa plastik

Mulsa plastik bisa kamu berikan, namun tidak diberikan juga tidak masalah. Mulsa plastik pada dasarnya berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah sehingga air nantinya tidak mudah menguap kena panas.

Fungsi lainnya ialah untuk mencegah gulma atau tanaman liar tumbuh yang mana justru bisa mengganggu pertumbuhan sayuran.

2. Penyemaian

Setelah pembersihan dan pembuatan lahan tanah selesai. Maka dalam waktu yang sama kamu juga bisa menyemai bibit pakcoy, dengan begitu nantinya saat lahan selesai kamu langsung bisa tanam.

Berikut langkah penyemaian pakcoy yang bisa kamu lakukan.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Media semai berupa kompos, rockwoll atau cocopeat
  2. Wadah nampan setinggi 7 cm
  3. Bibit 
  4. Air dan spray

Langkah pengerjaan :

  1. Tanah kompos di beri sedikit air sehingga menjadi lebih lembab namun tidak basah, setelah itu masukan kedalam nampan (pastikan nampan bagian bawah terdapat sirkulasi air) dan ratakan.
  2. Buat lubang sedalam satu ruas jari dengan jarak satu sama lain sekitar 5 - 7 cm.
  3. Masukan bibit pakcoy kedalam setiap lubang, satu bibit hanya untuk satu lubang.
  4. Selanjutnya tutup lubang dan siram dengan spray di setiap hari saat pagi dan sore.
  5. Jangan siram terlalu banyak, cukup pastikan media lebab saja.

Cara mencari bibit pakcoy yang bagus

Kamu bisa mencari bibit sawi centong yang bagus dengan membeli pada toko tani yang sudah terjamin dan resmi, sehingga kualitasnya yang di dapat jauh lebih baik.

Selain itu, saat sebelum menyemai ada baiknya biji di rendam terlebih dahulu dengan tujuan untuk merangsang pertumbuhan.

Jika terdapat biji pakcoy yang mengapung di atas permukaan air maka jangan ditanam, gunakan biji yang tenggelam saja karena peluang tanaman tumbuh dan sehat jauh lebih besar.

Kapan benih pakcoy tumbuh?

Biji atau benih pakcoy akan tumbuh saat 4 - 6 hari setelah masa tanam semai.

Kecambah akan mulai menampakan daun dari dalam media, setelah seminggu kemudian atau paling tidak telah tumbuh daun sejati maka kamu bisa pindah ke media lebih besar.

3. Penanaman

Setelah pakcoy berumur 1 minggu lebih atau sekitar 2 minggu dan telah menumbuhkan daun sejati, maka kamu bisa pindahkan ke media lebih besar.

Tanaman sudah cukup kuat di pindah ke tanah agar mendapatkan nutrisi dan tumbuh kembang lebih baik.

Cara penanamanya tidak ada yang spesial. Kamu hanya perlu membuat lubang pada lahan tanah yang telah di gemburkan sedalam 8 cm, kemudian masukan bibit dan tutup kembali akar dengan tanah sekitarnya.

Setelah itu siram dengan air agar tanah menjadi padat kembali.

4. Perawatan

Masa perawatan dilakukan mulai dari tanam hingga panen tiba, dimulai dari memberi penyiraman secara berkala, pembasmian hama penyakit dan tanaman gulma serta termasuk dalam pemberian pupuk tambahan.

  • Penyiraman

Tanaman pakcoy di perlukan penyiraman berkala untuk mendapatkan kelembaban tanah yang tepat. Mereka menyukai tanah yang sedkit basah namun tidak terdapat genangan air.

Oleh karena itu kamu mungkin mengharuskan siram setiap pagi atau sore hari supaya kelembaban tanah terjaga. 

Namun apabila terdapat hujan rutin atau kamu menggunakan mulsa plastik, maka penyiraman bisa di kurangi.

  • Pembasmian hama penyakit

Umumnya, hama dan penyakit yang menyerang tanaman pakcoy ialah ulat daun, ulat grayak, kutu hitam, serta jamur yang menyebabkan busuk daun dan akar.

Oleh karena itu kamu mungkin perlu memeriksa tanaman secara rutin.

Contohnya jika terdapat kutu atau ulat, maka kamu bisa lakukan basmi secara mekanis dengan membuang bagian yang terjangkit kutu dan mengambil ulat yang melekat pada daun. 

Jika tanaman pakcoy busuk daun, batang atau menguning, segera cabut dan pisahkan dari kebun. Tujuanya ialah supaya penyakit tidak menyebar dan menjangkit tanaman lain.

Pembasmian menggunakan obat kimia seperti pestisida dan fungsida juga bisa kamu terapkan, namun apabila kamu menanam pakcoy di tanah dengan tujuan untuk konsumsi sendiri maka disarankan untuk memakai pestisida nabati agar lebih alami.

  • Pembersihan gulma

Bila terdapat gula atau tumbuhan liar di sekitar tanaman, cobalah cabut dan bersihkan sesegera mungkin.

Tumbuhan liar bisa menjadi tempat sarang lompatan hewan atau seranga kecil yang bisa merusak pertumbuhan pakco.

Di sisi lain, gulma yang terlalu banyak juga bisa menyerap nutrisi di dalam tanah.

  • Pupuk tambahan

Pada dasarnya sawi sendok tidak terlalu memerlukan pupuk tambahan secara banyak, terlebih buat kamu hanya menanam di perkarangan rumah dengan lahan tanah yang tidak terlalu lebar.

Namun jika kamu mengharapkan agar tumbuh lebih subur, hijau dan lebat, mungkin saya sarankan kamu untuk menggunakan pupuk kotoran hewan saja.

Mengingat saat masa pembuatan lahan sudah pernah di beri pupuk awal, jadi pemberian pupuk secara berlebihan sebaiknya di hindari.

Akan tetapi ini hanya sebagai saran, terlebih pupuk kohe juga bagus untuk perkembangan tanah dalam masa mendatang bila kamu hendak menanam sayuran kembali.

Apabila kamu ingin menggunakan pupuk kimia seperti NPK dan sejenis juga tidak masalah, namun tetap dalam jumlah yang terbatas.

5. Panen

Setelah semua proses di lewati, pakcoy dapat di panen setelah 30 sampai 45 hari kemudian.

Tidak ada cara spesial dalam memanen, kamu bisa cabut tanaman hingga ke bagian akar lalu pangkas akarnya sedikit.

Nah, itulah cara menanam pakcoy di tanah yang luas.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar budidaya.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel