CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat dan Cara Menggunakan Kembang Sepatu untuk Rambut - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat dan Cara Menggunakan Kembang Sepatu untuk Rambut

gambar tanaman kembang sepatu
Sumber foto : pixabay/ignartonosbg
Healty99 - Kembang sepatu (Hibiscus) merupakan spesies tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias, mengingat bunganya cantik dan besar serta memiliki macam warna yang menarik.

Dibalik kegunaanya sebagai tanaman hias, tahukah kamu bahwa kembang sepatu memiliki manfaat juga bagi kita yang salah satunya untuk kesehatan rambut kepala loh.

Bahkan penggunaanya sudah sejak lama diterapkan sebagai salah satu cara alami dalam merawat rambut.

Baca juga : Jenis Tanaman Hias Untuk Kuburan

Manfaat Kembang Sepatu Untuk Rambut

1. Menguatkan dan merangsang akar

Pertama bisa membatu menguatkan akar rambut kepala, sehingga pada akhrinya mencegah dari kerontokan saat di tarik.

Cara menggunakanya, haluskan 4 lembar daun dengan cara di tumbuk atau blender, setelah itu tambahkan sedikit gel lidah buaya.

Langkah selanjutnya langsung oleskan seperti memakai hair mask kepala, usahakan balur secara merata dan mengenai ke akar rambut.

Setelah selesai biarkan kurang lebih selama sekitar satu jam, kemudian dengan air hangat dan sampo.

2. Sebagai pelembab alami

Kembang sepatu dapat kamu jadikan sebagai kondisioner alami dalam melembutkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur.

Beberapa kandungan nutrisi di dalam daun seperti asam amino di yakini bisa membantu menyehatkan pori-pori kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut lebih cepat serta lebat.

Cara membuat, siapkan 6 kuntum atau bunga yang sudah mekar lalu tumbuk dan tambahkan sedikit air, setelah selesai kamu tinggal oleskan secara merata pada rambut kepala.

3. Meningkatkan pertumbuhan

Selain sebagai pelembab alami, manfaat bunga kembang sepatu juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut baru dari akar.

Caranya, ambil 6 kuntum bunga lalu haluskan menjadi bubur, setelah itu tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa 2 sendok makan.

Langkah selanjutnya kamu bisa aplikasikan pada rambut kepala secara menyeluruh dari pangkal hingga ke bagian ujung.

4. Mengatasi kering dan kusam

Buat kamu yang memiliki masalah pada rambut kepala seperti kering, pecah-pecah, kusam, patah dan lain sebagainya, mungkin kamu bisa memakai hair mask satu ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara membuatnya pertama-tama siapkan 4 kuntum bunga kembang sepatu (tumbuk halus), tambahkan 2 sendok makan madu, 4 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm minyak kemiri.

Setelah itu oleskan adonan secara merata pada raambut kepala setiap 1 minggu sekali untuk mendapatkan hasil lebih baik.

5. Mengatasi kerontokan

Tanaman kembang sepatu di klaim bisa mencegah kerontokan pada rambut kepala loh. Walau pada dasarnya kerontokan bisa di sebabkan banyak hal seperti stres, faktor usia atau penyakit, namun buat kamu yang ingin mecoba menggunakan khasiatnya juga tidak masalah.

Cara membuatnya, siapkan 2 lembar daun dan 2 kuntuk bunga, 1 ruas jari jahe serta 1 sdm minyak zaitun. Campur semua bahan dan haluskan.

Setelah jadi kamu bisa oleskan secara merata pada rambut sebagai hair mask, diamkan selama kurang lebih 20 menit atau sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat.

6. Mengatasi rambut berminyak

Ra/mbut yang berminyak di sertai dengan mengelupasnya kulit kepala merupakan kondisi yang tidak nyaman, terlebih lagi beberapa kasus bisa menyebabkan gatal dan panas saat menggunakan kerudung.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami permasalahan seperti disebutkan, cobalah untuk memakai hair mask kembang sepatu yang di campur dengan putih telur.

Putih telur diklaim mampu menyerap minyak berlebih yang keluar dari kulit, itulah sebabnya sering kali digunakan untuk mengatasi masalah wajah berminyak dan jerawat.

7. Membantu mengkilapkan

Manfaat kembang sepatu untuk rambut selanjutnya ialah bisa membantu mengkilapkan sehingga tampak lebih hitam, lebat serta terlihat sehat.

Cara menggunakanya kamu bisa memakai 4 lembar daun dan 4 bunga kembang sepatu yang di campurkan dengan minyak zaitu, setelah itu di oleskan pada rambut kepala secara rutin setiap seminggu sekali.

8. Mencegah kerusakan

Tanaman kembang sepatu yang di campurkan dengan lidah buaya bisa membantu menutrisi rambut kepala dari akar hingga ke bagian ujung.

Menggunakan hair mask dengan ke dua bahan tersebut secara rutin setiap seminggu 2 kali, bisa mencegah beragam kerusakan pada raambut seperti pecah-pecah, patah, kusam dan kerontokan.

Cara Menggunakan Kembang Sepatu untuk Rambut

Secara umum tanaman hibucus baik daun dan bunganya dapat digunakan secara langsung sebagai masker rambut. Cukup di tumbuk hingga halus maka itu sudah bisa kamu gunakan dalam merawat kesehatan kulit dan rambut kepala.

Namun, agar mendapatkan hasil yang maksimal dari pekerjaan kamu mungkin bisa menambahkan beberapa bahan lain yang memiliki khasiat lebih, contohnya seperti minyak zaitu, kemiri, lidah buaya, putih telur, yogur dan beberapa bahan lain yang sudah teruji manfaatnya,

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel