CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Minum Air Kunyit untuk Atasi Asam Lambung - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Minum Air Kunyit untuk Atasi Asam Lambung

gambar air kunyit
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kunyit sudah digunakan sejak lama sebagai tanaman dengan khasiat luar biasa. Rimpang satu ini kerap di manfaatkan sebagai bumbu pada masakan hingga bahan baku pembuatan obat tradisional.

Kunyit memiliki kandungan utama yang sangat berguna bagi tubuh, senyawa tersebut ialah kurkuminoid (kurkumin) yaitu zat pembentuk warna kuning pada rimpang yang memiliki sifat anti-radang, anti-inflamasi, anti-kanker serta antioksidan bagi tubuh.

Berkat dari sejumlah senyawa tersebut, memungkinkan kunyit bisa meredakan sejumlah peradangan dan nyeri. Bahkan tanaman satu ini diklaim juga bisa menjadi obat dalam meredakan gejala asam lambung sekaligus mengurangi jumlah keasaman cairan di dalam lambung.

Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung

Banyak orang tua pada jaman dahulu mengkonsumsi air kunyit untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan, contohnya seperti diare, sakit perut, nyerim kram, kembung serta gejala asam lambung.

Penggunaan rimpang kunnyit di klaim efektif mengingat sejumlah kandungan di dalamnya ikut andil mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Seperti yang kita ketahui, penyakit asam lambung atau GERD merupakan sebuah kondisi dimana cairan lambung ke bagian kerongkongan, sehingga akibatnya bisa menimbulkan sensasi terbakar dan nyeri di dada.

Naiknya cairan lambung tersebut dikarenakan otot kerongkongan bagian bawah yang mulai melemah. 

Kunyit bisa dijadikan sebagai salah satu obat alami untuk meredakan nyeri pada lambung, sifat anti-inflamasi, anti-radang dan minyak atsirinya diketahui bisa mengurangi rasa perih serta sekaligus melindungi dinding kerongkongan.

3 Cara Meramu Kunyit untuk Asam Lambung

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan tanaman rimpang ini dengan tujuan untuk mengatasi masalah asam lambung. Berikut beberapa cara membuat atau meramu agar bisa dikonsumsi.

1. Dibuat teh

Yang pertama kamu bisa membuat minuman teh, dimana kunyit di iris-iris lalu di rebus dan airnya dikonsumsi.

Cara membuatnya, siapkan 100 gram kunyiit, 400 ml air dan sedikit garam. Kupas kunyit lalu irsi tipis-tipis, selanjutnya masukan semua bahan dan masak hingga mendidih.

Setelah mendidih, saring dan tuang kedalam gelas. Konsumsi selagi hangat agar lebih nikmat.

Berapa kali minum kunyit untuk asam lambung? Kamu bisa minum sebanyak 1 atau dua kali sehari selama satu minggu.

2. Diambil sarinya

Kamu bisa meramu kunyit dengan di ambil sarinya saja, dengan begitu kamu bisa mendapatkan ekstrak lebih kental. Berikut cara pengerjaanya.

Siapkan 250 gram kunyiit (kupas kulitnya) dan 300 ml air. Parut kunyit kemudian beri air, setelah itu peras menggunakan kain atau saringan untuk mengambil sarinya saja.

Setelah sarinya dapat kamu masak diatas kompor hingga mendidih. Selesai, kamu bisa konsumsi setengah gelas di setiap harinya saat pagi hari selama satu minggu.

3. Dikeringkan

Selanjutnya bisa dengan dikeringkan, sehingga kamu bisa mengkonsumsi setiap saat lagi dibutuhkan dan tanpa harus membuat secara rutin.

Untuk membuatnya tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu membersihkan kunyit dari kulitnya dan di cuci dengan air, setelah itu di oven hingga kering. Jika sudah mengering maka tingga di haluskan menggunakan blender.

Cara minum kunyit kering untuk asam lambung tidak jauh beda dengan mengkonsumsi suplemen obat. 

Aturan minumnya kamu bisa 1 kapsul sehari saat pagi hari selama satu minggu atau masalah asam lambung sudah mereda.

Selamat mencoba.

Note : Kunyit memang memiliki kemampuan dalam meredakan asam lambung, bahkan manfaatnya bisa mencegah penyakit kumat kembali. 

Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah, walau tanaman satu ini mempunyai efektivitas dalam meredakan asam lambung yang kumat, harap untuk tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan setiap hari.

Mengkonsumsi air kunyit secara berlebihan justru juga bisa memicu gangguan kesehatan lain terkait metabolisme tubuh, terlebih lagi jika kamu sedang dalam mengkonsumsi obat-obatan dokter, memiliki riwayat penyakit atau ibu hamil.

Oleh karena itu konsumsilah air kunyit secara cukup dan tidak dijadikan alasan khusus untuk diminum setiap hari.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel