CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Perbedaan dan Persamaan Jeruk Purut dengan Jeruk Limau - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Perbedaan dan Persamaan Jeruk Purut dengan Jeruk Limau

gambar buah jeruk limau atau sambal
Sumber foto : pixabay/ignartonosbg
Healty99 - Ada banyak jenis pohon jeruk yang tersebar di Indonesia. Sebagai negara yang beriklim tropis tentu tidak heran jika dihadapkan banyak jenis buah-buahan yang berbeda, mulai dari bentuk, warna, rasa dan ciri khas tersendiri. 

Hal tersebut juga berlaku pada buah jeruk, jika kamu suka dengan buah satu ini lantas jenis jeruk apa yang kamu sukai? Tentunya dengan rasa manis bukan? Akan tetapi pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang macam jenis buah jeruk, melainkan lebih ke ciri khas atau perbedaan antara jeruk purut dan limau.

Lantas, tahukah kamu akan perbedaan dari keduanya?

Jeruk Purut dengan Jeruk Limau

Bagi sebagian orang atau yang kurang mengenal akan macam-macam jeruk mungkin akan sedikit sulit untuk membedakan keduanya, permasalahan bisa menjadi lebih bingung ketika kita di suruh mencari buah tersebut yang pada kenyataan tidak mengenal bentuk maupun ciri khasnya, sehingga ditakutkan salah membeli.

Oleh karena itu buat kamu yang penasaran, simak di bawah ini sampai selesai biar tahu dan tidak salah dalam memilih dari kedua jenis jeruk tersebut.

Jeruk limau

gambar jeruk limau

Jeruk limau atau dikenal juga dengan jeruk sambal merupakan buah jeruk dengan nama ilmiah Citrus ×amblycarpa yang memang sering digunakan sebagai bumbu pada masakan, minuman atau untuk membersihkan peralatan makan saat mencuci. 

Limau memiliki bentuk buah bundar dengan kulit sedikit kasar tetapi tidak sekasar jeruk purut, pada bagian dalam terdapat biji buah besar dengan warna putih, daging buah kuning kehijauan cerah, mengadung banyak air dan bercita rasa asam.

Jeruk purut 

gambar jeruk purut

Sedangkan untuk jenis jeruk purut (Citrus hystrix DC) buahnya lebih sering dipakai untuk tujuan pengobatan tradisional, membersihkan peralatan makanan dan jarang dipakai sebagai bumbu masakan kecuali daunnya.

Jeruk purut memiliki perawakan kasar seperti mengkerut, secara umum semua orang bisa mengenali jenis satu ini hanya dengan melihat permukaan kulit luarnya saja. 

Sedangkan dari segi bentuk, ukuran buah cukup bundar namun sedikit mengkerucut pada bagian tangkai buah, sedikit lebih besar dari jenis limau, kulit berwarna kuning kehijauan, biji pipih kecil dengan warna daging buah hijau cerah serta sudah pasti buah bercita rasa asam.

Persamaan dari segi

Kegunaan : 

Untuk persamaan keduanya lebih ke dari penggunaan, contoh bisa di pakai pengharum karena memiliki aroma atsiri citrus yang kuat.

Permasaan lainnya ialah bisa sama-sama digunakan untuk membersihkan peralatan makan yang kotor dan berminyak, tujuan pengobatan dan perawatan kulit.

Rasa

Keduanya juga memiliki rasa sama-sama asam, hanya saja mungkin akan terasa sensasi sedikit perbedaan karena kandungan minyak atsiri pada buah.

Bentuk : 

Keduanya memiliki bentuk yang cukup berbeda, tetapi saat muda dan telah masak memiliki warna sama-sama kuning kehijauan dan memiliki kandungan air cukup tinggi,

Perbedaan dari segi

Kegunaan :

Jeruk purut jarang dipakai sebagai bumbu pada masakan, melainkan yang lebih sering digunakan ialah bagian daunnya. Berbeda dengan jeruk limau yang memiliki rasa tersendiri sehingga lebih sering di pakai sebagai campuran pada masakan.

Bentuk :

Sedangkan dari segi bentuk sudah pasti sedikit berbeda. Jeruk purut memiliki kulit luar yang kasar dan mengkerut, walaupun limau juga kasar tetapi tidak sekasar jenis jeruk purut.

Limau lebih kecil dari purut dari segi ukuran, bahkan selisih bisa 1/2 besarnya.

Limau lebih bulat dan berbiji besar, sedangkan purut bundar namun ada sedikit kerucut pada bagian pangkal tangkai buah dan memiliki biji lebih kecil serta pipih.

Aroma :

Kedua buah sebenarnya memiliki aroma yang cukup berbeda, terlebih buat kamu yang memiliki hidung sensitif mungkin bisa dengan mudah untuk membedakan antara jeruk purut dan limau.

Limau memiliki aroma lebih lembut dan harum, itulah sebabnya lebih banyak di pakai sebagai campuran pada makanan dan minuman, sedangkan untuk purut sedikit lebih menyengat dan keras.

Nah, itulah sedikit banyak perbedaan dan persamaan dari jeruk limau dengan jeruk purut.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah-buahan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel