CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Minum Air Kunyit dan Kencur untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Minum Air Kunyit dan Kencur untuk Kesehatan

gambar manfaat dan cara membuat air kunyit dan kencur
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kunyit dan kencur merupakan tanaman herbal rerimpangan yang banyak manfaat. Di Indonesia penggunaanya kerap dipakai dalam campuran bumbu masakan atau bahan baku pembuatan jamu tradisional.

Kunyit dan kencur memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, kemampuan tersebut didasari akan beberapa kandungan senyawa serta minyak esensial alami.

Baca juga : Ide Makanan Agar Anak Mau Mengkonsumsi Kunyit

Contohnya seperti kunyit yang memiliki kandungan kurkumin, demetoksikurkumin, bisdemetoksikurkumin serta beberapa senyawa lain yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, anti-bakteri dan anti-kanker bagi tubuh.

Hal yang sama juga terjadi pada kencur dimana rimpang satu ini juga mempunyai sejumlah mineral dan minyak esensial berupa sineol, penta dekaan, asam metil kanil, asam anisat, etil ester, asam sinamat, borneol, kamfen, alkaloid, paraeumarin, gom serta etip p-metoksisinamat.

Manfaat Air Kunyit dan Kencur

Banyaknya kandungan senyawa pada kedua tanaman, tentu bila dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah yang tepat akan memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Nah buat kamu yang penasaran, berikut beberapa manfaat tersebut.

1. Mengatasi gangguan pada pencernaan

Ramuan jamu kunyit kencur bisa kamu jadikan alasan untuk mengatasi beberapa gangguan pada sistem pencernaan.

Contohnya seperti untuk mengatasi sakit perut, diare, kram perut, nyeri, mual, kembung, asam lambung naik atau begah serta rasa kurang nyaman lainnya.

Kamu bisa konsumsi berupa air rebusan atau air perasan, namun yang pasti ada bagusnya di minum selagi hangat.

2. Melancarkan haid

Sejak dari dulu bahwa tanaman rimpang seperti jahe, kencur, temulawak, kunyit dan temu-temuan lainnya di percaya bisa melancarkan haid atau saat menstruasi datang.

Khasiat tersebut memang benar adanya loh, semua di dasari oleh sejumlah kandungan senyawa pada tumbuhan yang bisa membantu meredakan nyeri serta bersifat anti-inflamasi dan anti-radang bagi tubuh.

3. Mengatasi peradangan

Manfaat air rebusan kunyit dan kencur selanjutnya ialah bisa mengobati masalah peradangan yang sedang terjadi.

Salah satu contohnya radang tenggorokan, pembengkakan pada bagian tubuh, infeksi serta radang sendi akibat cidera.

4. Meredakan rheumatoid arthritis

Selain bisa melancarkan haid dan nyeri yang berlangsung, nyatanya kunyit kencur juga bisa meredakan serta membantu nyeri sendi terkait masalah rheumatoid arthritis.

Rheumatoid arthritis merupakan sebuah gangguan inflamasi kronis yang memengaruhi pada area persendian, termasuk di area sendi tangan, kaki, lutut dan lain-lain.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Buat kamu yang ingin menjaga tubuh agar tetap fit, bugar dan tidak mudah terserang penyakit, mungkin kamu tidak ada salahnya untuk mencoba minum jamu herbal yang terbuat dari kedua tanaman ini.

Mengingat banyaknya senyawa yang terkandung serta sifat antioksidan, anti-inflamasi dan lain sebagainya, tentu pasti bisa memberikan manfaat lebih bagi yang mengkonsumsinya.

6. Mencegah hipertensi

Air kunyit maupun kencur diketahui bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau dikenal juga degan hipertensi.

Selain itu, menurut sebuah studi penelitian terdahap kencur terdapat kalium, antioksidan, dan senyawa lain yang bersifat diuretik. 

Ekstrak rimpang kencur tersebut diketahui bisa menurunkan tekanan darah tinggi serta sekaligus menjaganya agar tetap stabil.

Di sisi lain kunyit juga memiliki kurkumin yang juga bersifat antioksidan dan anti-flamasi bagi tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat kunyit kencur yang bisa kamu ketahui. 

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak di bawah ini.

Cara Membuat Air Kuncit dan Kencur

Bahan yang di butuhkan :

  1. 150 gram kunyit
  2. 100 gram kencur
  3. 500 ml air
  4. Gula merah secukupnya
  5. Sedikit garam

Langkah membuat :

  1. Kupas ke dua tanaman rimpang tersebut dari kulitnya lalu cuci, setelah itu parut hingga halus.
  2. Beri air, aduk-aduk dan saring (peras) untuk mendapatkan airnya.
  3. Langkah selanjutnya siapkan panci, tuang gula merah dan air perasan tadi. Masak hingga mendidih atau berbuih.
  4. Setelah mendidih matikan kompor, tunggu panas sedikit mereda lalu hidangkan.
  5. Konsumsi selagi hangat agar lebih nikmat.

Note : Perlu kamu ketahui, walau pada dasarnya kencur dan kunyit memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun sebaiknya kamu hindari mengkonsumsi secara berlebihan, terlebih lagi jika kamu meminumnya lebih banyak dari kunsumsi air putih harian.

Di sisi lain, buat kamu yang memiliki riwayat gangguan kesehatan, sedang mengkonsumsi obat-obatan atau ibu hamil dan menyusui, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter kepercayaan kamu untuk meminta saran.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk pengetahuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel