CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara & Tips Dalam Merawat Java Moss Tanpa CO2 - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara & Tips Dalam Merawat Java Moss Tanpa CO2

gambar java moss dan udang
Sumber foto : istock
Healty99 - Java moss merupakan salah satu tanaman air yang populer dan sering digunakan sebagai hiasan dalam tangki aquascape. Karakteristiknya yang mudah dirawat dan cukup kuat terhadap perubahan air dalam tangki membuat tanaman satu ini banyak menjadi pilihan sebagian orang.

Java moss tampak seperti lumut yang tidak beraturan, tetapi hal tersebutlah yang menjadi ciri khas sekaligus memiliki kelebihan tersendiri.

Baca juga : Akar Dan Batang Tanaman Untuk Aquascape Disekitar Kita

Sebagai contoh tanaman air satu ini cocok dijadikan tanaman karpet, hiasan daun layaknya pohon atau dibuat seperti lumut alami didalam tangki.

Cara Merawat Java Moss Tanpa CO2

Java moss sebenarnya membutuhkan asupan CO2 untuk keberlangsungan hidupnya, meskipun begitu ia tidak membutuhkan asupan CO2 dalam jumlah yang banyak dan diberikan setiap saat.

Bahkan ia termasuk dalam satu jenis tanaman air yang dapat bertahan hidup tanpa harus ditambahkan injek CO2.

Baca juga : 16 Tanaman Air Untuk Aquascape Disekitar Rumah Kita

Oleh karena itu adapun tips agar tanaman java bisa hidup dengan subur tanpa harus kamu berikan asupan CO2, berikut beberapa diantaranya.

1. Memasukan ikan dalam jumlah yang cukup

Ikan dan beberapa hewan kecil lainnya seperti udang pada dasarnya menghasilkan CO2, gas karbon yang dihasilkan tersebut sebenarnya bisa menjadi salah satu asupan buat tanaman java moss di dalam tangki.

Yang harus kamu perlu perhitungkan ialah, jumlah ikan dan hewan lainnya di dalam tangki harus sesuai dengan tanaman yang ada. Sehingga siklus perputaran dari CO2 ke O2 dapat terjadi dengan baik secara seimbang tanpa saling berebutan.

Baca juga : Rekomendasi 18 Tanaman Hias Air Untuk Mempercantik Akuarium

2. Memberikan pupuk cair aquascape

Selain memasukan sejumlah ikan-ikan kecil dengan tujuan simbiosis mutualisme, langkah selanjutnya dalam merawat java moss ialah kamu bisa memberikan pupuk cair khusus untuk aquascape.

Meski java moss tidak membutuhkan dalam jumlah yang banyak, namun tetap saja dengan memberikan pupuk maka tanaman bisa tumbuh dengan baik dan cepat melebar.

3. Pencahayaan

Dengan pencahayaan yang tepat, ini bisa menjadi salah satu cara merawat tanaman air paling penting dilakukan. Karena tingkat dan rentan waktu pencahayaan akan mempengaruhi pertumbuhan java moss didalam akuarium.

Setidaknya berikanlah pencahayaan dengan baik dengan paling lama 10 - 12 jam/hari dan paling minimal 5 - 6 jam/hari.

Sehingga pertumbuhan tanaman dan kehidupan ekosistem didalam tangki dapat berjalan dengan baik.

4. Memangkas java moss

Java moss yang terlalu banyak dan melimpah di akuarium terkadang bisa menjadi permasalahan, terlebih lagi karena ketidakcukupan pasokan CO2 didalam tangki yang dihasilkan ikan.

Sehingga jika dibiarkan tanaman saling berebut asupan CO2 dan membuat pertumbuhan tidak sempurna.

Sejatinya tanaman membutuhkan CO2 untuk melakukan fotositesis, namun akibat kekurangan CO2 ini bisa menyebabkan keterlambatan pertumbuhan, gangguan fotositesis serta pada akhirnya akan mati pucat.

Meski bisa diatasi dengan pemberian injek karbon dioksida, tetapi jika kamu tidak ingin menambahkan CO2 maka pemangkasan adalah jalan yang terbaik untuk dilakukan.

Dengan begitu nantinya java moss bisa mendapatkan asupan CO2 yang di hasilkan ikan ataupun hewan lain di dalam tangki secara cukup.

Nah, itulah tips sekaligus cara merawat java moss tanpa CO2 didalam tangki aquascape yang bisa kamu lakukan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar akuarium.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel