CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab & Cara Memperbaiki Kompresor Angin Minyak tidak Hidup - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab & Cara Memperbaiki Kompresor Angin Minyak tidak Hidup

gambar kompresor angin minyak
Sumber foto : istock
Healty99 - Kamu memiliki kompresor angin tipe minyak dan sekarang tidak mau hidup? Cek beberapa bagian berikut ini untuk memastikan bahwa sedang tidak terjadi masalah sekaligus cara memperbaikinya.

Kompresor angin tipe minyak atau yang menggunakan mesin robin berbahan bakar bensin memang tidak sepraktis dengan yang tipe listrik, namun dari segi keunggulanya ialah tidak terpaku pada listrik jikalau sedang padam serta dapat digunakan kapan pun.

Namun karena memiliki sejumlah rangkaian komponen seperti karburator, busi dan pengapian, ini terkadang menjadi permasalah mengapa kompresor angin tipe minyak kerap mengalami kendala.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas bagaimana cara memperbaiki sekaligus cara mengatasi kompresor angin minyak bensin yang tidak mau menyala.

Penyebab Kompresor Angin Minyak tidak Hidup

Berikut beberapa letak kerusakan sekaligus bagian-bagian yang harus kamu cek.

1. Busi

Yang pertama ialah busi. Busi adalah bagian pertama yang bisa kamu periksa saat setelah mengengkol mesin untuk beberapa saat namun tidak menyala.

Mesin kompresor angin tipe minyak prinsip kerjanya hampir sama dengan mesin 4 tak pada umumnya yang menggunakan karburator, hal ini memungkinkan ia memiliki sistem pembakaran yang sempurna untuk bekerja dengan semestinya.

Oleh karena itu ada beberapa kondisi yang mengakibatkan mesin tidak menyala, salah satunya ialah banjir dikarenakan bensin terlalu banyak masuk ke ruang bakar dan membasahi bagian busi, kerapatan pada cela busi hingga atau bahkan busi yang sudah tidak layak pakai lagi.

Maka dari itu, cobalah periksa dengan membuka bagian busi terlebih dahulu. Periksa apakah cela busi dalam keadaan normal dan terdapat percikan bunga api.

Selain itu pastikan juga bahwa mesin tidak dalam keadaan di cuk, banjir atau terdapat bensin di dalam mesin dalam jumlah yang tidak wajar setelah di engkol.

2. Periksa bagian pengapian

Berikutnya cek bagian pengapian. Sistem pengapian kompresor angin minyak yang memakai mesin robin terbilang sangat sederhana karena terkait satu komponen utuh, jadi jika bagian tersebut rusak maka sudah dipastikan jelas.

Untuk memeriksanya cukup mudah, cukup letakan kabel coil kompresor yang mengarah ke busi ke bagian masa (body mesin) kemudian saklar dalam posisi ON dan engkol beberapa kali.

Jika terdapat percikan api maka bisa dipastikan normal, namun jika tidak ada bisa dipastikan bagian sistem pengapian sudah rusak. Cara memperbaikinya ialah dengan mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

3. Karburator tidak normal

Meski terlihat sederhana, namun karburator pada mesin robin atau kompresor angin sangat berpengaruh pada performa pengisian.

Bahkan jika itu bagian karburator mulai bermasalah, bukan tidak mungkin mesin akan mudah sekali rewel, susah hidup, sering mati, tidak stabil dan pastinya sering banjir.

4. Kompresi hilang

Jika telah kamu cek busi, pengapian dan karburator dalam keadaan normal namun mesin masih tidak mau menyala. Maka langkah selanjutnya kamu mungkin bisa cek bagian kompresi mesin.

Mesin kompresor angin tipe minyak, baik itu mesin robin memiliki siklus 4 tak yang sama seperti mesin sepeda motor. Ia membutuhkan tekanan atau langkah kompresi di dalam ruang bakar mesin (silinder) untuk membakar campuran bensin dan udara sehingga terjadi ledakan dan membuat mesin menyala.

Namun karena tidak terdapatnya siklus kompresi maka mesin tidak akan terjadi proses ledakan atau pembakaran secara semestinya.

Penyebab utama mengapa mesin robin kompresor angin bisa hilang kompresi ialah akibat adanya kebocoran pada ruang bakar, entah itu di sebabkan karena kotoran kerak karbon yang melekat di payung klep, cela klep terlalu rapat atau terdapat kerusakan pada bagian piston dan silinder sehingga membuat kompresi hilang.

Untuk mengetahui kompresi mesin hilang pada dasarnya cukup mudah, kondisi biasa ditandai dengan lemahnya atau tidak terdapat tekanan saat mengengkol. Bahkan engkolan terasa sangat ringan seperti tidak ada beban.

Cara memperbaiki kompresor angin yang tidak mau hidup karena akibat hilang kompresi ialah kamu bisa periksa bagian cela klep, jika normal maka kamu kamu mungkin kerusakan ada di dalam mesin.

Tidakan untuk memperbaikinya ialah dengan membokar bagian mesin sekaligus untuk melihat letak kerusakan atau penyebab mengapa bisa mengalami hilang kompresi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel