CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Kompresor Angin Lambat Ngisi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Kompresor Angin Lambat Ngisi

gambar kompresor angin listrik kecil
Sumber foto : istock
Healty99 - Ada beberapa penyebab kompresor angin lambat mengisi. Kondisi seperti ini dapat terjadi pada semua tipe kompresor angin, baik itu yang listrik maupun menggunakan mesin bensin (robin).

Akan tetapi yang pasti penyebabnya tidak jauh beda, hal ini dikarenakan prinsip kerjanya hampir sama dalam mengisi angin ke dalam tabung.

Nah, buat kamu yang penasaran atau sedang mengalami masalah terhadap kompresor angin kamu yang lambat mengisi, mungkin kamu bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Karena mungkin saja sedikit banyak bisa membantu kamu dalam menemukan masalah sekaligus cara memperbaikinya. 

Penyebab Kompresor Angin Lambat Mengisi

Berikut beberapa spekulasi mengapa kompresor angin kamu bisa lambat ngisi dan bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penuh.

1. Terdapat kebocoran

Pertama bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada beberapa bagian sisi kompresor, entah itu pada bagian tabung, selang pompa ataupun katup klep yang sudah aus.

Sehingga pada akhirnya kompresor tidak mampu menahan tekanan angin dengan baik dan justru membuat angin didalamnya terus keluar seiring berjalan selama pengisian.

2. Kapasitor mulai lemah

Untuk jenis kompresor angin listrik lambat mengisi bisa disebabkan oleh komponen kapasitor yang mulai lemah atau penurunan daya fungsi.

Kapasitor sendiri berfungsi sebagai stater atau pengerak awal supaya mesin bisa berputar, namun akibat kapasitor yang melemah ini juga berpengaruh terhadap putaran mesin yang menjadi lebih lambat.

Tentunya ini akan membuat proses pengisian angin sedikit memakan waktu lebih lama karena putaran mesin yang lambat.

3. Belt kendur

Belt, v-belt atau sabuk, ini komponen yang digunakan pada jenis kompresor angin bensin atau robin karena menggunakan sabuk karet untuk meneruskan putaran kebagian bare / kepala kompresor.

Namun akibat terjadinya kekenduran pada bagian belt, maka putaran dari mesin robin bensin tidak terjadi secara maksimal. 

Hal ini akan membuat tenaga yang diteruskan menjadi percuma dan pemborosan bahan bakar, bahkan pengisian bisa saja tidak berlangsung.

4. Katup bare kompresor lemah

Penyebab kompresor angin lambat mengisi selanjutnya bisa juga di sebabkan oleh bagian katup kepala / bare kompresor yang lemah, aus atau sedikit terbuka sehingga memungkinkan terjadi kebocoran kecil.

Tentu ini bisa berdampak pada proses pengisian yang menjadi lebih lama dan terjadi penurunan tekanan psi pada tabung kompresor kamu.

Oleh karena itu kamu mungkin bisa cek bagian ini jika sudah memastikan semua bagian kompresor dalam ke adaan baik-baik saja.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa kompresor angin kamu lambat mengisi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel