CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Makanan untuk Anak Burung Pipit [Emprit] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Makanan untuk Anak Burung Pipit [Emprit]

gambar burung pipit berkelompok
Sumber foto : istock
Healty99 - Burung pipit alias emprit yang masih kecil sangat rentan dan masih membutuhkan indukan mereka untuk bertahan hidup, terutama dari pemberian makanan secara rutin hingga mereka cukup dewasa.

Namun apa daya terkadang anakan burung pipit kerap jatuh dari atas pohon, baik itu karena cuaca buruk dan angin besar sehingga sarang terpelanting ataupun karena memaksakan diri untuk terbang tetapi belum cukup tenaga.

Mungkin kamu pernah menemukan kondisi seperti yang telah di sebutkan dan justru ingin merawat serta membawa anakan pipit tersebut untuk di pelihara. 

Sebenarnya itu tidak menjadi masalah ketimbang mereka mati lemas karena tidak mendapatkan makanan dari indukan diakibatkan terpisah.

Akan tetapi yang perlu kamu letahui ialah pastikan bahwa kamu tidak mengambil anakan burung secara paksa diatas pohon, serta kondisi dimana indukan mereka tidak sedang mencari anaknya karena kehilangan.

Pakan untuk Anakan Burung Pipit

Nah, buat kamu yang hendak merawat anakan emprit, berikut beberapa rekomendasi makanan yang bagus dan di sarankan.

1. Millet

Pertama kamu bisa berikan millet. Millet yaitu biji-bijian yang memang kerap di peruntukan untuk pakan burung, mengingat emprit merupakan jenis burung pemakan biji-bijian maka pakan ini bisa menjadi salah satunya.

Cara memberikanya ialah ambil sedikit milet, kemudian tumbuk hingga cukup halus lalu beri sedikit air. Selanjutnya tinggal di suapkan secara ke hadapan mereka.

2. Kacang-kacangan

Pakan berikutnya kamu bisa gunakan kacang-kacangan. Contoh seperti kacang hijau, kedelai dan sejenisnya.

Ukuran kacang-kacangan tentu terlalu besar untuk masuk kedalam mulut mereka, maka sangat di sarankan agar kamu menghancurkan terlebih dahulu menjadi bubur supaya mudah di telan.

3. Beras

Jika tidak ada millet dan kacang-kacangan, mungkin kamu bisa berikan beras tetapi tetap harus dihancurkan dan di beri sedikit air seperti yang sudah disebutkan.

4. Jangung

Jagung sangat bagus sebagai makanan untuk anakan burung pipit. Ambil beberapa bulir jagung mentah yang masih berair, kemudian buang kulit arinya lalu suapkan kemulut mereka secara pelan-pelan.

Kamu tidak perlu menambahkan air karena jagung itu sendiri telah memiliki kandungan air di dalamnya.

5. Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan seperti halnya pisang, pepaya, mangga, seri bisa kamu berikan sedikit ke anakan emprit sebagai pakan tambahan buat mereka.

Selain untuk menambah varian nutrisi, ini juga sangan berguna untuk mencegah mereka mengalami dehidrasi akibat kekurangan air.

6. Kuning telur

Selanjutnya ada kuning telur. Kuning telur yang sudah direbus bisa menjadi pakan untuk anakan burung pipit, terlebih ini adalah pakan yang kaya akan protein sehingga bisa membantu pertumbuhan mereka.

Cara memberikanya ialah kuning telur rebus diberi sedikit air lalu di suapkan langsung ke dalam mulut menggunakan pipet kecil.

Nah, itulah beberapa makanan untuk anak burung emprit yang dapat kamu beri. Mereka sejatinya adalah pemakan biji-bijian, jadi berikan makanan utama mereka lebih banyak ketimbang buah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar pipit.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel